iklan iwb
iklan iwb

New Vixion (1)Setelah hanya secuil-cuil merilis artikel Vixion Lightning….pada artikel kali ini, IWB akan coba jabarkan dalam impressi komplit. Mulai dari ergonomi riding, handling, respon engine, hingga braking yang sekarang sudah dibekali double disk brake. Paket anyar yang mendapatkan sentuhan disegala sektor khususnya kaki-kaki. Seperti apa??….

Ergonomi Riding & Style

Untuk ergonomi….gen baru rada nunduk namun tetap nyaman untuk bermanuver atau melaju santai. Seat height secara feeling juga sedikit meningkat…..rodo dhuwur kangbro. Dengan tinggi 170cm….telapak kaki tidak bisa menapak sempurna (opo sikilku terlalu pendek ya :mrgreen: ). Yah….kira-kira berbanding tipis dibanding sikebo Byson. Asyiknya….sensasi yang ditawarkan ketika nongkrong diatas new Vixion adalah atmosphere high end. Hal ini dikarenakan kontur tanki, instruments panel speedo desain yang keluar dari pakem yang telah ada. Secara style…IMHO lightning sukses membuat terobosan baru. Monggo mzbro intip kunci kontak & cover pemanis ditanki, cover tank flat design plus bentuk speedo digital yang kompak. Hasilnya??. It works. Kita seperti disodori motor high class modern.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Build quality/kualitas finishingNew Vixion (20)

Inilah kelebihan rata-rata motorsport Yamaha. Soal finishing perkomponen jika IWB perhatikan cukup rapi. Komponen material juga tebal tidak kuatir terjadi vibrasi dimasa datang. Mulai dari shroud, kondom tanki depan, cashing samping….semua terikat kencang. Kecuali mungkin bagian plastic muffler cover/penutup knalpot yang sedikit tipis sehingga lentur ketika ditekan menggunakan tangan. Entahlah….mungkin disengaja supaya kuat menahan tekanan atau memang untuk menekan biaya produksi. IMHO…sisi ini kurang tebal dibanding part lain. Namun overall….ciri khas Yamaha tetap dipertahakan untuk finishing/build quality yang masih diatas rata-rata….

Engine & Perfomance

Rupa sama namun feel beda…itulah yang IWB bisa rasakan. Tarikan bawah mesin generasi anyar terasa lebih nampol. Dalam pengetesan yang IWB lakukan, new Vixon betul-betul dipaksa bekerja berat. Dijalanan ibu kota yang panas serta macet….tidak jarang kuda besi SOHC 4 klep tersebut IWB betot-betot hingga red line untuk menggali kelebihan dan kekurangan gen anyar. Jujur….untuk ukuran mesin 150cc motor ini memang juoz!. Tidak heran penjualan laris manis bak kacang goreng. Power terus ngisi ketika shifting pergigi, accelerasi spontan tanpa perlu buka gas dalam, power pick up superior membuat passing ability IWB beri nilai plus, vibrasi yang rendah pada tiap RPM dan yang terpenting adalah kestabilan performa kendati sudah dipakai geber-geberan…New Vixion (14)

Prediksi ban gambot akan mengebiri kekuatan Vixion ternyata juga tidak terbukti sebab torsi badak sikuda besi cukup terasa pada tiap tendangan RPM. Dalam testing yang IWB lakukan….engine new Vixion galak dari putaran bawah hingga RPM 8500 (kecuali gear 1-4 yang cukup mudah tembus RPM 10.000). Top speed terbaik yang sukses IWB lakukan yakni tembus 125km/jam dengan posisi RPM nongkrong diangka 9800RPM (video menyusul). Prediksi IWB…..secara standart dengan joki lebih kecil serta nunduk full….IWB yakin siLightning akan dengan mudah meraih speed 130km/jam. Great perform jika mengintip ban gambot yang disematkan pada sikuda besi (90/80-17 Front, 120/70-17 Rear)…

Ride and handling

Nah…ini nih yang IWB demen. Perombakan bagian kaki-kaki ternyata berefek lumayan signifikan. Generasi anyar jauh lebih anteng serta pede. Mau sampeyan rebah sampai lutut gesek aspal (asal nyali berani :mrgreen: ), motor nurut aja tanpa ditemui gejala goyang. Karakter sikebo Byson bisa IWB rasakan pada new Vixion. Malahan….dibeberapa sektor seperti high speed cruiser (diatas 100km/jam)….Byson kudu mengaku keunggulan saudaranya. Stang Vixion antep dan anteng. Yup, akibat sasis yang jauh lebih rigid….urusan handling new Vixy kini menyalip sikebo. Bahkan….kalau boleh jujur, new Vixy cukup pantas disejajarkan dengan Ninja ataupun Pulsar. Sebuah langkah maju dan nilai jual tak terbantahkan……

Braking/pengeremanNew Vixion (10)

Sudah menjadi ciri khas Yamaha perangkat rem mereka empuk dan pakem. Apalagi untuk menghentikan laju sikuda besi, YIMM kini membekali produknya dengan double disk brake. Uniknya….karakter rem belakang rada beda dengan rem Yamaha kebanyakan. Terasa kurang pakem brosis. So….yang bekerja berat memang lebih ke porsi kaliper depan dibanding belakang. Namun…secara keseluruhan, terdapat kemajuan dibanding generasi lawas yang hanya mengandalkan tromol……

Kesimpulan

Jelas generasi anyar lebih unggul dibanding pendahulunya. Ketika teknologi tahun 2007 disempurnakan di 2012….maka perombakan new Vixion bukanlah hanya kosmetik belaka (silahkan dibuktikan dengan nyemplak diatasnya untuk merasakan). Berikut kompilasi keunggulan yang bisa IWB rasakan untuk sang Lightning :

1. Passing ability meningkat (torque terdongkrak hingga 14.1NM)

2. Handling diatas rata-rata (revisi swing arm, pelk dan ban)

3. Irit komsumsi bahan bakar (artikel menyusul)

4. Engine sudah close loop atau dibekali 02 sensor (siap menyongsong Euro3)

5. Sensor speed langsung ke engine secara digital….bukan poros roda depan

6. Dibekali passing switch untuk memudahkan shortcut lampu “Beam”

7. Ukuran pelk dan ban termasuk gambot sehingga tidak perlu memodifikasi kembali.

8. Minim vibrasi

9. Power pick up mumpuni

10. Garansi pabrikan 5 tahun untuk blok dan silinder (forged piston dan diasil silinder).

11. Untuk boncengan….tidak terjadi penurunan accelerasi ataupun handling.

New Vixion (16)Tentu saja tidak ada produk yang sempurna. Dimata IWB berikut beberapa catatan kekurangan setelah nyemplak selama seminggu…..

1. Desain rear grip tidak memungkinkan tangan mencengkram sempurna (hanya mengandalkan kekuatan ujung jari). Butuh tenaga lebih untuk menggeser atau mengangkat bokong belakang.

2. Masih ditemui capek dan pegal pada telapak tangan ketika dipakai jarak jauh.

3. Knob “horn” atau tombol klakson terlalu kecil dan tersembunyi.

4. Material mika kaca speedo gampang scratch kalau tidak hati-hati.

Selebihnya…..monggo dilengkapi sendiri setelah sampeyan tes atau memiliki langsung. Tidak diragukan….dengan banderol 22,6juta OTR Jakarta (versi kick starter)….new Vixion memang layak untuk dipertimbangkan. Mesin irit, bertenaga dan handling stabil. Any question??...(iwb)New Vixion (2)New Vixion (4) New Vixion (3) New Vixion (6) New Vixion (7) New Vixion (8) New Vixion (9) New Vixion (11) New Vixion (12) New Vixion (13) New Vixion (15)  New Vixion (18)New Vixion (17)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!