iklan iwb

CB150 (5)Bro dan sis sekalian…usai sudah test ride Honda CB150R. Rasa penasaran akan ketangguhan motor yang IWB sudah dengungkan setahun lalu terjawab pada hari Minggu kemarin di Yogyakarta. Sayang rute kurang mendukung untuk ekplorasi top speed. Jalanan sempit disertai rumah-rumah penduduk kiri kanan membuat IWB urung melakukannya. Dan….percaya atau tidak, jalanan yang dipilih lumayan serem buat biker perkotaan macam IWB…..

Berangkat dari Hotel Ambarrukmo Yogyakarta….IWB segera menggunakan helm dan protector lengkap (arm & knees). Mendung gelap pekat sudah menggantung diatas kota gudeg. Tidak sudi digangguin cuaca, semua melapisi kostum jas hujan yang disediakan panitia. Setelah usai….IWB segera ngacir ke motor yang berjejer dihalaman hotel. CB150R warna merah IWB pilih guna menemani ke Parangtritis. Menaruh badan dijok, memperhatikan sejenak dan berikut impressi yang dirasakan…..P1200691

Posisi badan jebule agak nunduk namun tetap nyaman buat biker bertinggi tubuh 170cm. Kaki menapak sempurna tidak masalah. Hanya saja….seat height memang lumayan tinggi dibanding sport 150cc Honda lainnya (dibawah Vixion dikit). Buntut belakang juga lebih nungging dibanding gen Dazzler aka New Megy. Melirik stir….lengkungan stang didesain lebih pendek tidak menjulang seperti NMP ataupun Tiger. Hhhmmm….mirip banget posisi Vixion. IWB berpikir…..kayaknya rider bakal capek nih untuk jarak jauh. Analisa akan kita buktikan nanti sama-sama…

iklan iwb

Yang kedua kekerasan busa jok. CB150R lebih solid rada keras. Padahal seingat IWB…sisi tersebut menjadi nilai plus rata-rata motor Honda yang lentur dan nyaman. Emang sih bukan hal istimewa tapi tetap menjadi perhatian IWB. Terus gimana sensasi nongkrong diatas CB150R??. Tidak terlalu keluar dari pakem motor Honda. Bisa jadi karena desain tank cover yang njendol, shape dimensi tanki yang tidak terlalu besar, serta pernik-pernik common part dari motosport yang sudah dulu eksis. Yang menarik….mounting pada raiser bawah yang dibekali karet pada NMP hadir di-CB150R. Yup…tetap dipertahankan untuk meminimize getaran.CB150 (2)

Mengamati konsol speedo…..pada display kanan, keterangan speed,? jam, temperatur sensor, odometer, fuel bar terlihat jelas disiang hari. Sisi tengah RPM dengan background themes putih membuat mata dengan gampang mengamati pergerakan jarum. Sedang bagian kiri….engine checking, high beam, dan netral indikator. Btw…..Tidak sabar kontak diputar dan….suara lembut dan garing.? karo Megy piye mz??. Sik ngebas Megy anyar kangbro. Yang IWB demen adalah puntiran gas…enteng tenan. Begitu pula kopling…wihhh maknyuzzz empuknya…..sama plek dengan CBR150R. Setelah aba-aba running IWB upshift gear satu….(kombinasi normal..shifting kedepan terus belakang)…

Buka gas….awalnya IWB lumayan mengerutkan dahi. Gen CBR150R yang agak berat diputaran bawah….hilang babar blas. Tidak diragukan karakter berubah total. Sampeyan bisa merasakan…kailan tenaga pada low RPM tidak seperti CBR. Power pick up lebih mumpuni sudah tersalur dari bawah.?Melibas jalanan ring road Yogyakarta…..IWB hanya bisa gigit jari. Hujannya deras banget euy. Motor tidak berani ditekuk-tekuk pecicilan sebab daya cengkram ban terasa turun drastis. Waduh…ciloko tenan kalau kayak gini, kapan ekplorasi engine nih. Konstan dikecepatan 60-75km/jam, IWB bisa merasakan…..raungan mesin masih rileks walau masuk 6000RPM. Mantep!!….CB150 (3)

Kondisi wet turing terus terpelihara hingga masuk kedaerah pegunungan (emboh…..daerah mana tuh). Hujan berubah menjadi kering. Niat menggeber hingga mentok gas kembali menggebu-gebu. Namun menunggu 10-15-20 menit…..kesempatan tersebut tidak kunjung datang. Jalan sempit…..dan kiri kanan merupakan rumah penduduk. Waladalah…..doweh lan domblong mendapati fakta susahnya mendapatkan trek yang ideal. Untungnya ritme? speed rombongan turing bertambah seiring rombongan mulai meninggalkan lokasi padat penduduk. Kesabaran akhirnya berbuah manis. Ada celah dimana trek sepi. Dari gear 5…downshift ke gear empat, puntir gas mentok…..DOHC engine teriak!!…

Mesin menjerit….konsentrasi kedepan…..IWB tidak berani ngelirik speedo. Limiter gear 4 terasa tercekik…..langsung oper gigi 5. Pada gigi 5….barulah? sesekali IWB mencuri pandang kekonsol speedometer. Terlihat angka 105, 108, 111 terlewati sempurna (putaran mesin kalau tidak salah sekitar 9500RPM). Melihat kedepan…..weleh, kudu nikung kanan nih. IWB putuskan tutup gas tanpa sempat merasakan final gear serta gigi 5 pun belum tergali optimal. Dan itulah yang bisa IWB raih sebab setelah itu jalanan ala “cilukba” membuat biker perkotaan macam IWB ciut nyali. Menanjak….dan tiba-tiba kudu turun langsung tekuk kanan-kiri. Estimasi pribadi…top speed gear 6 kemungkinan bisa tembus 130km/jam. Mesin CB betul-betul diperkosa habis. Walau climbing ability masih dibawah kompetitor, pegunungan bisa dilibas dengan eces….

Karakter power CB150R sudah ngisi sejak RPM 4000…..dan semakin liar kala masuk RPM 8000. Dibanding CBR150R…..CB menang putaran bawah namun kalah diputaran atas. Yang paling terasa adalah nafas yang tidak sepanjang CBR150. Terus kepriye dengan handling?. Cakep bro!. Menghantam lubang….goncangan keatas tidak terlalu terasa. Ban kecil tidak menjadikan fungsi Pro-Link terkebiri. Motor tetap stabil dipakai naik turun…nekuk kiri-kanan, hard braking…open atau close throttle. Rem juga mumpuni. Perpaduan RDB serta rem depan dua piston bekerja dengan sempurna. Lek sampeyan nanya….bagaimana dibanding NMP ataupun Tiger??.CB150 (4)

Kendati pahit….IWB kudu jujur, soal handling kedua produk Honda tersebut bukan lawan CB150R yang gampang ditekuk serta nurut. Bukti bahwa sasis teralis atau disebut Honda sebagai Trus frame memang revolusi total. Pendekatan pabrikan sayap mengepak untuk menyamai keampuhan handling kompetitor sukses dilakukan oleh mereka. Yang menarik lagi adalah shifting…..enteng dan empuk. IWB jadi teringat TVS Apache 160/180. Motor India ini begitu gampang oper gear. Dijamin walau sistem congkel tanpa ungkit belakang,? ujung sepatu sampeyan nggak bakalan tergerus. Itulah yang IWB rasakan pada sang CB. Dan yang patut digaris bawahi lagi adalah….

Vibrasi!!. Penyakit mayoritas sport Honda yang banyak didera getaran jauh berkurang pada generasi CB150R. Level memang masih sedikit dibawah Byson namun siStreet Fire bisa bejaban dengan Vixion soal minimnya vibrasi. Ini baru revisi serius. :mrgreen: .? Yup…bisa IWB katakan reinkarnasi produk melompat jauh dibanding generasi NMP ataupun Tiger. Handling tajam, power mumpuni, sasis rigid, banderol terjangkau plus berbagai kelebihan yang harus diwaspadai oleh kompetitor. Jian lawan tangguh nih!!. Anyway…kendati ergonomi tidak setegap NMP, prediksi badan akan capek nunggang CB150R buat perjalanan jauh tidak terbukti. Malahan sejam terasa terlalu cepat….

Last….diatas kesempurnaan yang ditunjukkan….material yang masih dibawah kompetitor memang menjadi perhatian IWB. Khususnya casing dalam shroud serta beberapa bagian yang terasa tipis ketika kita melakukan pengecekan. Selain itu…desain tanki njendol juga mengurangi rasa sporty sikuda besi. Begitu pula pemilihan ban ukuran belakang 100/17 lumayan membuat handling cornering kurang maksimal. Namun…apapun itu, CB150R memang patut dijadikan pertimbangan bagi mzbro yang suka betot gas. Mesin kencang, sasis rigid dan revolusi total yang ditawarkan AHM bukanlah main-main. DOHC 150 4 katup power 17ps, pendingin radiator, sasis teralis banderol 22,350…..siapa bisa nolak??….(iwb)

Video CB150R (Blogger Yogyakarta sedang persiapan turing kembali ke Ambarrukmo)

Spesifikasi Honda CB150R

  • Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 148 mm
  • Berat kosong : 129 kg
  • Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
  • Ukuran ban depan : 80/90 ? 17M/C 44P (Tubeless)
  • Ukuran ban belakang : 100/80 ? 17M/C 52P (Tubeless)
  • Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
  • Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
  • Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
  • Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 149,48 cm?
  • Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
  • Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
  • Kopling Otomatis : –
  • Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
  • Pola Pengoperan Gigi : 1 ? N ? 2 ? 3 ? 4 ? 5 ? 6
  • Starter : Pedal & Elektrik
  • Aki : MF 12 V ? 5 Ah
  • Busi : –
  • Sistem Pengapian : Full Transistorized

338 COMMENTS

  1. Wih cb150r = new vixion podo. Hebat yach ahm mensiasati motor ini. Semua serasa sami mawon. xixi

  2. itu yg bilang trus frame ga seenak delta box udah pernah bawa motor dgn trus frame? terlihat bacotnya berkoar2 wkwkwkwk

  3. handling, cakep bro! cakep doank? meragukan LOL 😆

    jok keras, built up product dibawah kompetitor, nothing special kecuali embel2 DOHC, LOL 😆

    selamat menikmati motor dengan tampang biasa aja, fitur biasa aja, mesin? meragukan, downgrade gt lho LOL

  4. lama-lama gw pikir nih CB150 jualan nama superioritas “DOHC” tapi mendesain karakternya kaya SOHC (bagus putaran bawah). jadi sebenernya di sini cocoknya SOHC memang xixixixi.

  5. si jaos konsumen biasa, emg ketaker otaknya yg biasa…

    soal jalur dan hujan pake dibawa2 segala.. panitia honda mungkin ada yg pawang hujan kali, makanya bisa turunin hujan. jalur yg dipakai juga katanya “sengaja” biar performa mesin gak ketauan..
    mending lu usul aja sm panitia honda biar test ride di tol jagorawi..

    plis deh, motor tuh bukan cuma soal mesin kali, byk faktor yg dinilai.. harap maklum konsumen biasa yg punya otak biasa, sehingga punya komen yg biasa juga..

  6. dohc tralis boros 36 km/lt, kompresi 11:1 percuma diisi pertamax tidak ada perubahan tenaga karena timing pengapian dimundurkan dari 60 derajat sblm tma menjadi 69 derajat sblm tma.

  7. 304. jaos_konsumen biasa – Desember 19, 2012

    udah la terima fakta???bhw secara hasil test si cocotbacot KALAH telak dari si NEW vixion????

    tuh di warung sebelah, soal irit aja kalian para penyembah berhala hnd aka fbh pada speechles
    soal topspeed di otomtf media aja kalian udah pada berbalik badan sambil mewek cemen berkoar2 ?KAMI UDAH GAK PERCAYA WARTAWAN?bla bla bla?

    soal design???.aja GAK ada semangat beriklan ?itu design terbaik dari hnd?

    soal fitur?..gak ada koar2 samasekali, tau di situ buanyak cacat eh kekurangan fatal dari yg seharusnya dimiliki mtr sprot

    soal mesin???..dohc downgrade aja masih keukeuh dibacot sama dgn si cbr150????orang cerdas tau itu gak bakal sama, yg gampangnya soal KUALITAS aja UDAH PASTI BEDA JAUH??.itu cuma tipuan jualan???.

    nasib?.nasib???masih mau mimpi juara sprot? sama kawak aja K.O?.pdhl itu pabrikan yg jauh lebih kecil dari ymh.

    *hahahahahahah….btw saya konsumen biasa yaa..

  8. 60. thole – Desember 19, 2012

    handling, cakep bro! cakep doank? meragukan LOL 😆

    jok keras, built up product dibawah kompetitor, nothing special kecuali embel2 DOHC, LOL 😆

    selamat menikmati motor dengan tampang biasa aja, fitur biasa aja, mesin? meragukan, downgrade gt lho LOL
    ============================================

    “mulanya biasa sajaaaaaaaaaaa”

    lagu siapa yach????????

  9. @jaos
    kasian banget lu, sampe sgitunya ngetik sbanyak itu cuma buat ngejelek-jelekin n ngebanggain suatu produk,,.

  10. Wahai sales2 yamahmud,jnganlah engkau begitu takut dngan khdiran CB150R,prcyalah bhwa dia adlah musuh yg nyata bgimu…dan jngan pula kwatir,krn sesembahanmu tlah mnyiapkan rncna B jikalau KOYO PETIR gugur dlm prtmpuran mlawan KONDE API…yaitu jualan Genset tralis without kick starter! Wahahahaha…

  11. @ 29. hardiasbantuly
    O iya..sering kebolak-balik wkwkwk
    @ 30. kangParcking
    Iya Tiger lawas…
    @ 50. kucinggarong
    Nggak kang. Pokoknya dari berangkat sampai ketujuan bar fuel belum turun (jarak sekitar 60km)
    @ 54. darban
    Belum tahu kalau itu…
    @ 58. bead revoist
    hehehe
    @ 61. flint
    Biasa nunngang byson terasa bro
    @ 62. karadi
    Sama-sama bro

  12. konsumen, sales galau,

    wajarlah

    mesti tambah rajin nyalesnya , biar pemasukan tetap, minimal ngak berkurang

  13. Biasa aja… Nunggu jagoan dr Kawasaki dan Suzuki muncul… Baru menentukan pilihan… Biar tdk nyesel…

  14. om om,cb150 sama NMP-tiger wlpun sama* buatan sayap buntung tapi beda GEN,NMP-tiger gen GL,cb udah gen cbr,1 gen lah sama domba garut & sonic 😀 pasti beda lah rasa nya 😀 IMHO-CMIIW

  15. eh ia om gmana minat ganti kebo sama si konde 😀 kata petinggi ahm loh yg ngomong,jika iwb udah liat si konde,disinyalir kebo nya bakal d jual 😆

  16. biasa para fb maho pada kebakaran hutan!!!
    motor jeritan atas nampol bilangnya mau ngebut dimana???

    ban kecil untungnya belokan pendek dilibas, kalo ban lebar jangan harap mau kencang bisa ngelibas belokan pendek, apalagi nikung tajem!!!

    sebentar lagi old vixi tinggal nama di deler, sedang sebentar lagi si sinchan mau nerusin yang gak jelas mampu nerusin adeknya!!!

    sinchan keren dari mananya???
    kompare saja sama NMP!!!
    palingan buntut doank yang dilihat, dilihat seluruhnya??? ketahuan deh!!!

  17. Upper-cut telak…..bravo dah AHM….gue udah kira kalau kalian diam bukan berarti tidak bertindak apa-apa…..kalian jagonya strategi.

    Gw liat di beberapa blog, yang sangat dendam itu cuma si 3 orang ini yaitu Jaos,Thole,sama Qwerty. Bagi gw terserah apa elu mau bilang produk CB ini. Ini yang gw tunggu-tunggu…dulu pabrikan besar YMH selalu memperolok HND kalau motornya lemot-lemot….jiannn sekarang berbalik…..HND juga bisa produk sama kayak pabrikan yang tukang BC yang kalian sanjung itu…..silahkan bela mati-matian pabrikan yang elu puja-puja itu….entah apa isi otak kalian…org yang biasanya komentar negatif,otaknya juga negatif,dan jalan hidupnya negatif,kalian nggak pernah hidup bahagia yahhh….atau kalian berasal dari keluarga broken-home??.

  18. 88. SYM – Desember 19, 2012

    Upper-cut telak?..bravo dah AHM?.gue udah kira kalau kalian diam bukan berarti tidak bertindak apa-apa?..kalian jagonya strategi.

    Gw liat di beberapa blog, yang sangat dendam itu cuma si 3 orang ini yaitu Jaos,Thole,sama Qwerty. Bagi gw terserah apa elu mau bilang produk CB ini. Ini yang gw tunggu-tunggu?dulu pabrikan besar YMH selalu memperolok HND kalau motornya lemot-lemot?.jiannn sekarang berbalik?..HND juga bisa produk sama kayak pabrikan yang tukang BC yang kalian sanjung itu?..silahkan bela mati-matian pabrikan yang elu puja-puja itu?.entah apa isi otak kalian?org yang biasanya komentar negatif,otaknya juga negatif,dan jalan hidupnya negatif,kalian nggak pernah hidup bahagia yahhh?.atau kalian berasal dari keluarga broken-home??.
    —————————————————————————————
    sabar bro kita yg lebih dewasa jangan lelah menasihatkan para bocah2 itu yg isi kepala nya di ragukan,

    colek jaos thole qwerty

  19. dohc gk bisa dibandingkan sohc
    6000rpm masi cekikian aja bagi dohc yg sanggup maen ke 11500rpm, bagi sohc mah 6000rpm dah mulai getar 😀

    disinyalir harga murah, mesin powerful, value dapet, model merakyat bakal bikin vixion sinchan jadi bahan bully di jalan dan model kacangan di dealer menunggu pembeli 😀

  20. @ xone

    bukan lawan berat bro tapi gak kelawan itu wkwkwkkwkw
    mau masukan R15 ?wkkw mana berani udah ada CBR150
    strategi honda itu maka nya yg di masukan CBR150 duluan

  21. Nunggu hasil test ride kompetitor mas….!!!!

    Sebagai referensi…

    Hbs tu bongkar celengan,,,meskipun sang bojo belum meng AMINi….

    .??Ū=D???:D?>:O:'(:&?=))???=D/????
    ??? ??? ??? =)) ??? ??? ???

  22. Wow…woowww..wwoww… akhirnya bisa di nikmati juga.. setelah 1 tahun menjadi misteri..kita lihat pengalaman dari yg sudah inden..karena katanya sampe 2500 yg inden.. ayoo Honda bangkit pimpin pasar sport..

  23. maz mau tanya nih,

    kalo honda cb150r yang udah abis di test ride, kira2 mau dijual lagi apa di musium kan maz??

    loh kalo di jual abis test ride, jd bukan barang new lagi dunk, jd barang second hand ? 😀

    thanks maz..

  24. motor kencang ramah lingkungan harga segmen!!!
    value lebih tampilan oke!!!

    ketemu sinchan bilang “cewek duluan ya”

Comments are closed.