iklan iwb
iklan iwb

IMG_5024Banyak yang penasaran apa aja sih yang berbeda antara siStreet Fire dibanding kakaknya…CBR150R. Klaim engine yang sama plek membuat semua orang berasumsi bahwa CB150R hanyalah versi downgrade dari CBR150R. Nah…mumpung bertemu dengan pak Edhi yang lagi datang keYogya, beliau akhirnya secara gamblang memberikan presentasi khusus guna memberikan pencerahan similar/unsimilar kedua motorsport. Berikut penjelasannya…..

Body frame

IMG_4985 IMG_4989 Jelas secara kasat mata keduanya menganut tipe sasis berbeda. Jika CBR dibekali tipe Twin tube atau dikenal deltabox, maka CB diamond steel frame/trellis type. Dua-duanya mempunyai keunggulan sebab sifatnya yang rigid. Bahkan untuk CB….sasis disinyalir lebih enteng dibanding CBR150. Tidak heran bobot begitu ringan yakni hanya 122kg

iklan iwb

Desain bodyIMG_4991IMG_4997

Yo wis…ora usah dibahas, ini bonus wae. Lawong rupa fisik emang tidak sama :mrgreen:

Suspensi belakangIMG_4993

Untuk hal ini….CB150R sedikit unggul dibanding CBR150 karena sudah dicangkokin sistem Pro-Link. Keunggulannya bantingan lebih lembut dan daya redam terhadap benturan roda keaspal terkontrol dengan baik. Efeknya….pengendara tidak mudah tergoncang akibat jalanan rusak atau berlubang. Begitu pula handling…..CB150R akan anteng walau pada prakteknya sifairing masih unggul dimata IWB. Bisa jadi akibat kombinasi ban gambot serta  kehandalan sasis deltabox….

PGM FIIMG_4996

CBR150R mempunyai O2 sensor sedang CB150R tidak. Tapi untuk PGM-FI….sinaked merupakan generasi baru (step 4) sementara sifairing step 3. Lho opo bedanya??. Disinyalir sami mawon. Hanya sebutan untuk menunjukkan versi saja….

SaklarIMG_4998

Dua-duanya tidak dibekali pass switch lamp atau lampu tembak. Alasannya motor merupakan AHO sistem…so tidak perlu perangkat tersebut. Secara pribadi IWB memang sedikit kurang setuju sebab dengan adanya pass switch lamp akan mempersingkat atau mempercepat respon ketimbang hanya mengandalkan tombol high beam atau lampu jauh…

Regulator rectiferIMG_5001

Ukuran regulator CB150R lebih mungil. Hal ini dikarenakan sinaked bike dibekali kick starter. Kemudian untuk setingan idle atau langsam…..CBR150R sudah auto menyesuaikan kondisi sedang CB masih manual (awal setingan saja)

Camshaft dan kick starterIMG_5003

CB150 dibekali kick starter sedang CBR150 hanya electric. Selain itu, untuk camsaft serta derajat pengapian dimapping ulang menyesuaikan karakter CB150R yang lebih torqy

Silinder head dan cover crankIMG_5002IMG_5005

Sebagai kompensasi hilangnya O2 sensor, AHM menggantinya dengan SASS (scondary air system suply) yang dipasang pada silinder head CB150R. Untuk komponen ini CBR150R tidak ada. Begitu pula cover crack engine….keduanya sedikit berbeda.

Nah…itulah perbedaan yang bisa digali antar kedua produk. Mungkin hanya ukuran gear yang tidak dimasukkan diatas yakni 15 depan dan 43 belakang (CBR150R) sementara 15 depan dan 45 belakang sang Street Fire. Selebihnya….podo wae. Sudah cukup jelas kira-kira??….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!