iklan iwb

Brosis sekalian….seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, grup Astra telah berancang-ancang bakal merilis sport mid low level setelah sukses memperkenalkan CB150R pada ajang JMCS minggu lalu. Positioning market yang diduga kuat berada dibawah NMP membuat motor ini mempunyai kans besar menggerogoti pasar sport yang sekarang dipegang oleh Yamaha. Apalagi seperti terawangan wak Haji Taufik, dalam pendaftaran TPT…..harga setelah dikalkulasi secara linear bisa saja hanya menyentuh angka 16jutaan (versi spoke wheel). Banderol yang akan membuat kompetitor pening dan kudu putar otak..

Benchmark market share selama ini berpatokan pada kuantitas atau jumlah produk yang terjual. Tidak pernah sekalipun kalkulasi pangsa pasar melihat sisi profit. Nah….inilah yang sepertinya akan dibidik oleh Honda. Bermain cantik dengan membuat produk murah namun tidak murahan. Kenapa IWB bilang seperti itu?. Jelas K18 tidaklah asal? buat. Berbagai? fitur dijejalkan pada calon jaran wesi yang hingga kini masih dalam proses penggodokan. Kendati positioning termasuk kasta bawah, Honda sepertinya tidak sudi terlalu pelit menyuntikkan segudang kelebihan untuk motor sekelasnya. Advance engine mewarisi generasi Dazzler yang powerfull, pengabut bahan bakar PGM-FI, digital speedometer serta tampilan layaknya street bike tulen. Boleh saja pricing dibawah CB150R. Namun soal desain??…..K18 tidak boleh kalah!

iklan iwb

Semakin? terjangkau harga barang, penetrasi kepasar bakal lebih mudah. Jika hanya mengandalkan tusukan dari CB150R akan membutuhkan waktu serta ekstra effort tidak sedikit. So…jika kita raba, strategi disinyalir mengandalkan kombinasi keduanya. Duet maut untuk menggerogoti dari bawah yang diteruskan hingga atas. Gambarannya, jika konsumen ingin motorsport high tech, powerfull, DOHC engine diangka 23jutaan….AHM menyediakan CB150R. Sementara bagi biker yang baru shifting dari moped atau skutik dan mendambakan sebuah motor laki terjangkau….Honda sudah menyediakan. Disinilah K18 akan berbicara. Segmen makin luas kans kuantitas bertambah terbuka lebar. Praktis, market share akan terdongkrak dengan sendirinya. Brilian…….

Last.…IWB yakin Yamaha sadar betul atas wacana manuver tersebut. Namun aware saja tidak cukup tanpa tindakan real. Pabrikan garputala kudu menyiapkan senjata tambahan. Sebab disadari atau tidak….mereka tidak mempunyai produk sport direntang harga segitu. Paling murah saat ini dihuni oleh Yamaha Byson dengan banderol 20,9juta……lumayan jauh gapnya. Artinya jika ingin tetap mendominasi YIMM dari sekarang harus memikirkan produk tandingan dengan spek SOHC, 2 klep, air cooled, fuel injection, digital speedometer yang nantinya dijual pada angka 17 jutaan. Jika tidak…..berat juga ya bro. Gimana kira-kira, apa ada opini lain??…..(iwb)

Noted : Image Tmcblog

202 COMMENTS

  1. bisa saling bunuh donk produknya la buat sport 150cc 16 jt yamaha membunuh mx mgkin lebih bijak mesin mx dipasangin ke sasis piksen jd tetap 135 cc, radiator, injeksi ambil pnya z1, spido comot byson, monosok body old piksen dibuat lebih slim harga 17-18 jt

  2. Trial’a bulan desember bro..
    Pi yg ane bingung kt’a desain’a jlek bgusn NMP tuh kt orng dlm iia,,pi g tw dah nnti’a ky gmn

  3. Byson bermesin RX-King….
    Jupi MX bermesin blok silinder vixion….
    Vixion bermesin RX-King bore up 150cc…..
    ngebul gpp…yg penting powerpul….
    xixixi

  4. lama lama kayak persaingn perusahaan handphone, harga murah fitur canggih….

    mending ngenteni ninja150 4 tak wae lahh…

  5. Dgn modal bsr gak ada mslh dgn honda buat ngeluarin byk varian, yg ptg nguasain MS, lo kualitas mah tau sendiri dah.,.

  6. maaf nich ya saya baru tau berita ini…
    mo nanya… kalo di foto 1 itu tangki K18 kayaknya udah pakek tutup tangki model rata Yo?

  7. strategi bagus buat AHM …. seperti GL Max dan GL Pro, utk naik gunung dgn beban berat pakai GL Pro dan beban jln datar pakai GL Max, cocok untuk usaha dgn dual shock ….. Kalau yamaha jadi inget RX100 + RX125, RXS (special) 115cc dan RXK (King) 135cc … CMIWW….

    *salam ojek

  8. semakin banyak pilihan,,
    sepertinya sedikit2, AHM menggrooti pasar sport,,

    YIMM terkenal budeg deg deg,,
    ngga bakal fight,,
    paling andelannya si new pikson dah cukup,,,
    (IMHO)

  9. jelas itu, menerapkan strategi yg sama seperti di segmen skutik yg sudah terbukti berhasil 😀
    apakah Y akan berpasrah seperti di segmen skutik?? :mrgreen:

  10. buat produk peralihan dr bebek atau skutik ke sport,gampang susah.tapi secara garis besar ada 2 segmen pasar sport yg bisa dimasuki di angka 16-17 jt an. yaitu yg mengedepankan Speed n power dan mengedepankan Style.tinggal segmen apa yg mau dimasuki,paling mudah biar harga bs terjangkau,segmen Style.model yg keren tanpa embel2 mesin yg terlalu fantastis bs merebut hati banyak pembeli

  11. ini mah bukan yamaha target utamanya, tapi strategi lama untuk menghadang motor laki india. yamaha mah kena target imbas aja, side effect.

    pasukan indihe bakalan nyungsep dah……

  12. honpret sukses bermain di segmen matik keroyokan, sesuai dengan style nya “nyaman”
    tapi tidak akan sukses di segmen bebek keroyokan & sport keroyokan, karna di segmen manual lebih penting style, agresif (bertolak belakang dgn jiwa honpret yg lebih soft)..

    yamaho jangan terpancing bikin model serupa utk ngisi segmen sport pahe, mending diperkuat FZ series (FZ16 & FZ150)

    kalo emang mau ikut memeriahkan segmen sport murah, bikin diferensiasi, segmen motor garuk tanah, harga 18-19jt
    atau
    konsep nya retro modern, bisa ambil basis desain Yamaha CRUX india di padu dgn tech modern, itu jelas lebih tepat sasaran

  13. jika konsumen ingin motorsport high tech, powerfull, DOHC engine diangka 23jutaan?.AHM menyediakan CB150R.
    ============================================
    Mas Iwan disinyalir sudah tau price list CB150R, hehe

  14. sekali lagi, kalo mau dibenturkan dengan K18, yamaho punya basis desain sport murah, banyak SZ, G5, Gladiator, Alba, SS, dll tapi semua nya “nanggung”

    so, YAMAHA CRUX adalah jawaban K18, jelas fungsionalitas yang ditonjolkan, style juga dapat retro lumayan, mau dibilang jelek juga tidak, wong model nya klasik, dibilang bagus juga bagus bagi yg suka model klasik, kalo mau yg asli keren? ambil FZ series, choice is your, :mrgreen:

  15. wah kalo yamaha bikin juga makin banyak pilihan nih…. ttp kalo punya duit pengennya sih naik kelas beli R4 wlpun dipake sesekali saja, lebih nyaman tentunya.. amin semoga.

  16. Gmn ya klu seandai’a honda gl100, cb 125, cb100, cb 125, cg125. Dibuat lg “limited idition” classic.. Body’a ttp seperti itu. Tp Mesin’a pake nmp (fi) yg dibore down cc’a.. Atau templokin aja secara utuh (150). Bkl Laris manis nih kyk’a. Secara tuh mtr ampe skrg masih aja ada yg nyari.

  17. kl liat mulut tankinya, sprtiny ntar tutup tangkinya model datar/ sport kyk punya cbr.., bener g maz iwb???

  18. jos juga strategi AHM main keroyokan
    tapi rentang harga segitu K18 secara ga langsung bunuh market Supra X 125 meski beda segmen,
    Seharusnya harus extra lagi
    Bikin motor basis design old vixi, downgrade spek mesin utk low cost,
    memang berat sih, tapi memang Yamaha jagonya soal design.
    masih banyak konsumen daerah yg hanya berkutat soal design dan harga kok

  19. SOHC 2 Valve…??
    tromol pulak…??

    hahahaha….
    mulut fbh yang kemarin2 mencacimaki SOHC dan tromol disumpal langsung oleh pabrikan yang disembah-nya….
    ibarat kata fbh lagi teriak2 menghina SOHC di blog2, tiba-tiba AHM datang dan menyumpal mulutnya dengan SOHC dan tromol….

    gw penasaran…, apa kata fbh tentang nih motor ya..??

  20. kalo k18 tangkinya bulet sperti gambar diatas mungkin lbih cocok dibikin retro sport..headlamp bulet pake visor diatasnya..deuh pasti mantap apalagi kan ktnya mesin udah injeksi…

  21. cukup 1 jawaban… the doctor jadi BA nya YIMM dan mengiklankan semua produknya YIMM kecuali Z1. dijamin bakalan beda cerita nya secara psikologis dan aktual dengan kehadiran the doctor..

Comments are closed.