iklan iwb
iklan iwb

Brosis sekalian….seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, grup Astra telah berancang-ancang bakal merilis sport mid low level setelah sukses memperkenalkan CB150R pada ajang JMCS minggu lalu. Positioning market yang diduga kuat berada dibawah NMP membuat motor ini mempunyai kans besar menggerogoti pasar sport yang sekarang dipegang oleh Yamaha. Apalagi seperti terawangan wak Haji Taufik, dalam pendaftaran TPT…..harga setelah dikalkulasi secara linear bisa saja hanya menyentuh angka 16jutaan (versi spoke wheel). Banderol yang akan membuat kompetitor pening dan kudu putar otak..

Benchmark market share selama ini berpatokan pada kuantitas atau jumlah produk yang terjual. Tidak pernah sekalipun kalkulasi pangsa pasar melihat sisi profit. Nah….inilah yang sepertinya akan dibidik oleh Honda. Bermain cantik dengan membuat produk murah namun tidak murahan. Kenapa IWB bilang seperti itu?. Jelas K18 tidaklah asal  buat. Berbagai  fitur dijejalkan pada calon jaran wesi yang hingga kini masih dalam proses penggodokan. Kendati positioning termasuk kasta bawah, Honda sepertinya tidak sudi terlalu pelit menyuntikkan segudang kelebihan untuk motor sekelasnya. Advance engine mewarisi generasi Dazzler yang powerfull, pengabut bahan bakar PGM-FI, digital speedometer serta tampilan layaknya street bike tulen. Boleh saja pricing dibawah CB150R. Namun soal desain??…..K18 tidak boleh kalah!

iklan iwb

Semakin  terjangkau harga barang, penetrasi kepasar bakal lebih mudah. Jika hanya mengandalkan tusukan dari CB150R akan membutuhkan waktu serta ekstra effort tidak sedikit. So…jika kita raba, strategi disinyalir mengandalkan kombinasi keduanya. Duet maut untuk menggerogoti dari bawah yang diteruskan hingga atas. Gambarannya, jika konsumen ingin motorsport high tech, powerfull, DOHC engine diangka 23jutaan….AHM menyediakan CB150R. Sementara bagi biker yang baru shifting dari moped atau skutik dan mendambakan sebuah motor laki terjangkau….Honda sudah menyediakan. Disinilah K18 akan berbicara. Segmen makin luas kans kuantitas bertambah terbuka lebar. Praktis, market share akan terdongkrak dengan sendirinya. Brilian…….

Last.…IWB yakin Yamaha sadar betul atas wacana manuver tersebut. Namun aware saja tidak cukup tanpa tindakan real. Pabrikan garputala kudu menyiapkan senjata tambahan. Sebab disadari atau tidak….mereka tidak mempunyai produk sport direntang harga segitu. Paling murah saat ini dihuni oleh Yamaha Byson dengan banderol 20,9juta……lumayan jauh gapnya. Artinya jika ingin tetap mendominasi YIMM dari sekarang harus memikirkan produk tandingan dengan spek SOHC, 2 klep, air cooled, fuel injection, digital speedometer yang nantinya dijual pada angka 17 jutaan. Jika tidak…..berat juga ya bro. Gimana kira-kira, apa ada opini lain??…..(iwb)

Noted : Image Tmcblog

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!