iklan iwb

Brosis sekalian….seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, grup Astra telah berancang-ancang bakal merilis sport mid low level setelah sukses memperkenalkan CB150R pada ajang JMCS minggu lalu. Positioning market yang diduga kuat berada dibawah NMP membuat motor ini mempunyai kans besar menggerogoti pasar sport yang sekarang dipegang oleh Yamaha. Apalagi seperti terawangan wak Haji Taufik, dalam pendaftaran TPT…..harga setelah dikalkulasi secara linear bisa saja hanya menyentuh angka 16jutaan (versi spoke wheel). Banderol yang akan membuat kompetitor pening dan kudu putar otak..

Benchmark market share selama ini berpatokan pada kuantitas atau jumlah produk yang terjual. Tidak pernah sekalipun kalkulasi pangsa pasar melihat sisi profit. Nah….inilah yang sepertinya akan dibidik oleh Honda. Bermain cantik dengan membuat produk murah namun tidak murahan. Kenapa IWB bilang seperti itu?. Jelas K18 tidaklah asal? buat. Berbagai? fitur dijejalkan pada calon jaran wesi yang hingga kini masih dalam proses penggodokan. Kendati positioning termasuk kasta bawah, Honda sepertinya tidak sudi terlalu pelit menyuntikkan segudang kelebihan untuk motor sekelasnya. Advance engine mewarisi generasi Dazzler yang powerfull, pengabut bahan bakar PGM-FI, digital speedometer serta tampilan layaknya street bike tulen. Boleh saja pricing dibawah CB150R. Namun soal desain??…..K18 tidak boleh kalah!

iklan iwb

Semakin? terjangkau harga barang, penetrasi kepasar bakal lebih mudah. Jika hanya mengandalkan tusukan dari CB150R akan membutuhkan waktu serta ekstra effort tidak sedikit. So…jika kita raba, strategi disinyalir mengandalkan kombinasi keduanya. Duet maut untuk menggerogoti dari bawah yang diteruskan hingga atas. Gambarannya, jika konsumen ingin motorsport high tech, powerfull, DOHC engine diangka 23jutaan….AHM menyediakan CB150R. Sementara bagi biker yang baru shifting dari moped atau skutik dan mendambakan sebuah motor laki terjangkau….Honda sudah menyediakan. Disinilah K18 akan berbicara. Segmen makin luas kans kuantitas bertambah terbuka lebar. Praktis, market share akan terdongkrak dengan sendirinya. Brilian…….

Last.…IWB yakin Yamaha sadar betul atas wacana manuver tersebut. Namun aware saja tidak cukup tanpa tindakan real. Pabrikan garputala kudu menyiapkan senjata tambahan. Sebab disadari atau tidak….mereka tidak mempunyai produk sport direntang harga segitu. Paling murah saat ini dihuni oleh Yamaha Byson dengan banderol 20,9juta……lumayan jauh gapnya. Artinya jika ingin tetap mendominasi YIMM dari sekarang harus memikirkan produk tandingan dengan spek SOHC, 2 klep, air cooled, fuel injection, digital speedometer yang nantinya dijual pada angka 17 jutaan. Jika tidak…..berat juga ya bro. Gimana kira-kira, apa ada opini lain??…..(iwb)

Noted : Image Tmcblog

202 COMMENTS

  1. idupkan lagi legenda rx king mazbro…mesin 4 tak,4 klep,sohc,injeksi,karakter liar,double shockbreaker hehe

  2. 6. milky bo – November 12, 2012

    idupkan lagi legenda rx king mazbro?mesin 4 tak,4 klep,sohc,injeksi,karakter liar,double shockbreaker hehe
    —————————————————————————
    setuju gue bro hidupkan lagi rx king !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  3. Yamaha kudu bergerak cepat nich kalo terus mau “semakin di depan”
    Wacana Reborn RX King, OK Banget tuch..

  4. Tumben artikelnya gasik..biasane rodok awan lg mbrojol,
    *Ayo YIMM..Segera bertindak..perbaiki produk2mu yg di pandang masih kurang sempurna..ingat si vixin old udah bgitu booming..masih inginkah si nu vixin di gemari anak2muda??kalo masih ingn,ikuti dan turuti kmauan konsumen..ingat!! Harga jgn mhal2..di sesuaikan lah..

  5. braninya maen keroyokan……. awas lu…. ntar gw bilangin emak gua lu….

    semoga konsumen yg di untung kan….

    tp blm ada yg acak2 kawasaki di ocean blue nya trail/supermoto nih…. biar ada perang harga/produk

  6. absen dulu lah….
    kalo 16 bisa 23-24 nih kang….lha artikel yang 30 an kemaren??
    di tunggu artikel selanjutnya compare vixy vs cb150..

  7. Menurut ane yamehe gak perlu ikutan honde, cukup jaga / tingkatkan kualitas produk serta layanan aftersalesnya saja, sempurnakan produk yang sudah ada, gak perlu ribet dengan produk baru.
    Beberapa jenis produk berkualitas tinggi lebih baik daripada banyak produk tapi kualitasnya kurang baik. Kualitas, desain, harga serta 3S, itulah yang ane (mungkin juga calon konsumen lain) pertimbangkan saat menentukan pilihan produk yang akan dibeli. Jangan hanya mengejar MS tapi malah mengesampingkan hal lainnya.
    Jangan terlalu mengikuti permainan honda yang memang punya banyak sumber daya.

    Koreksi untuk yamaha :
    Koreksi harga, penyakit velg matic yang suka peyang segera obati, beri rdb pada sport / moped, desain ikuti kemauan pasar, tambah fitur, beriklanlah secara santun.

  8. pagi mas iwb,tahun depan insya alloh kami akan meng upgrade tiger & cs1,memakai engine cbr

    -hanya itu info yg saya terima,semoga berguna & keep brotherhood 🙂

  9. bwt Honda mudah mencari pilihan jenis mesin cos dah dari dlu maen motosport dg mesin 4tak jdi mudah mengaplikasi ke pasar sekarang n bkin motor murah!… jdi inget type GL yg dulu jdi inceran mpe skrang kya GL100 n Gl125 n CB100 type CG jga msih bnyak yg nyari. klo AHM bner2 bkin motor murah konsumen jdi banyak pilihan slain motor indihe yg dikenal murah, kyanya bwt ngelawan motor indihe ni Gan!… ditunggu ah desainnya klo mang mke mesin NMP masalah power ga diragukan tinggal bodynya ni gimana?

  10. Klop dengan bocoran info yg diperoleh bro p2r minggu kemarin !! Lanjuutttt

    proud2rideblog.com/2012/11/06/mimpi-biker-indonesia-menjadi-alasan-utama-honda-masuk-ke-motor-sport-versi-murah/

  11. wah-wah honde vs yamahut ,saling menjatuh kan ,yah tak apalah toh akhir nya Konsumen lah yg d manjakan ,hajar truss

  12. strategi keroyokan

    buktinya mio jadi melempem

    trus yamaha kluarin vixion fairing/r15 <<< UDAH TELAT

    honda cbr150 di rakit di indo <<< makin jadi raja

    memang kedepannya kita sudah tau siapa pemenang jualan motor di indonesia zzzzz

    yamaha budeg denger suara konsumen,

  13. setuju dgn bc mania @25……..MS biar la milik si honprett, fokus aja dgn target sendiri….tau diri aja kalo modal kalah kuat, lagipula sprot sampah (kecuali cbr150r) kalo dikasi merk honprett pasti ada yg beli……dan…..jgn lupa bikin makin berkualitas sprotnya….kan gak bakal bangkrut2 jg, yang penting untung dan selalu eksis di MOTOGP………..toh jg palingan si fbhonprett yg disuruh kerja makin keras buat nge BC , berdoa makin keras dan jualan makin keras jg.

    enakkan selalu bisa provokasi si honprett…..

    komen saya ini lahir dari ketulusan seorang konsumen biasa yg tau barang berkualitas.

  14. please, buat ymh, kau kalo bikin iklan tolong lebih provokatif ke honprett…….itu udah bagus bikin gambaran si fbhonprett macam tuyul allien2 kecil berwarna hijau di iklan2 kau………hahahahah……….kerjanya mau nyontek aja itu si tuyul allien ijo……..

  15. sebentar lagi si honprett bakal bikin iklan provokatif, krn komen2 saya ini………tengok la.hahahahah

  16. Ayoooo Yamaha jangan mau kalah, Honda mencari celah dengan dual shock nya, soalnya masih banyak konsumen indonesi di daerah perkebunan yang menginginkan motor sebagai kuda beban.

  17. taun dpn adlh taun kbangkitan sport honda coz klo honda dah fkus cpt ato lambat kompetitor bkl nyungsep!!!!!!
    Salam Satu Hati sbg pemenang!!!!!

  18. IMHO, belum tentu moncer juga.
    dengan harga range antara 16-20jt terasa nanggung, justru strategi yg menurut ane tepat adalah membenturkan baik secara tampilan maupun harga. konsumen diajak bimbang memilih dengan berbagai macam fitur dengan range harga 20jt ke atas.
    kalo tujuannya mengarah ke usaha orang kecil justru sudah terjadi migrasi besar-besaran ke motor matik.
    tipikal orang indonesia kan kalo kantong agak tebel malu pake barang murah. 20jt ke bawah kelasnya bebek dan matik.

  19. ingat HONDA,, KLO bs desainnya lumayan dikit lah dibuat..
    ini kan segment semprot..
    desain plus harga paling utama..

    jgn kyk supra helmin, kayak badot.. sampai kpn pun gk bs ngalahin supra x..

Comments are closed.