iklan iwb
iklan iwb

Kenapa IWB sebut mencicipi? soale cuma sekilas. Lek boso jowone ” sak dulit”. Ibarat masakan hanya “niliki” masakan yang dihidangkan oleh koki. Yup…setelah hanya melihat dan mengamati di-display stage JMCS, pada kesempatan kemarin IWB sukses mencoba impresi nunggang Vixion dipelataran JCC yang dimotori oleh panitia dealer Yamaha disana. Seperti apa kira-kira??…

Desain? wis ora usah dibahas lagi. Artikel lalu telah IWB posting image komplitnya,. Yang pasti….new Vixion memang lebih futuristik serta gagah. Banyak dari pengunjung memuji sisi buntut yang menurut mereka sporty habis. “Mirip Ninja 250 ya bro….keren!” ujar mereka saling berbisik. Hhhmm…arah revisi sudah benar berarti. Ada tapinya nih, dilalah….apa yang mzbro rasakan tentang headlamp juga dikomentari oleh mereka. “Kurang demen ama lampu depan. Agak kaku” serunya lagi. Weleh….kayaknya memang kudu diperhatikan nih Yamaha. Banyak banget yang menilai minus pada bentuk headlamp. Ditakutkan bisa memberikan efek negatif kalau tidak ditindak lanjuti serius. Biker kita rada unik brosis. Hanya karena masalah sepele kadangkala keinginan untuk meminang sebuah kendaraan dibatalkan.  Yah….mungkin revisi untuk generasi kedua yah. Who knows. Ok, kembali ke laptop!….

iklan iwb

Mengenakan helm dari panitia….bokong ditaruh dijok untuk merasakan sensasinya. Wihh…tinggi juga nih posisi. Secara feeling kayaknya ada peningkatan seat height. Menurut testimoni pengunjung yang juga ngetes sebelum IWB, doi bertinggi 168cm juga dipaksa jinjit. Artinya…apa yang dirasakan IWB juga di-amini doi. Yang membedakan lagi adalah sensasi bobot. Kendati IWB belum tahu pasti….versi anyar disinyalir lebih berat. Antep gitu bro. Bisa jadi akibat ukuran ban  & pelk yang makin gambot. Weh….pantesan YIMM membuang kick starter. Selain untuk reduce cost, dry weight juga menjadi konsen mereka. Segelintir part hilang lumayan bisa mengurangi berat, ya nggak……

Bentuk stang juga dirombak. Versi anyar rada nunduk sehingga kesan sporty lebih terasa. Kemudian percaya atau tidak…rasa mewah IWB rasakan ketika duduk ditas jok  new Vixion. Gurat desain yang out of the box khususnya posisi kontak, plus speedometer digital membuatnya terlihat ringkas dan kompak. Yang patut dicatat adalah tangki. Yup…..fuel tank bukanlah sistem kondom seperti Byson. Hanya bagian depan kiri kanan dipasang cover yang membuatnya terlihat kekar. Kunci kontak diputar. Engine checking….greeting “Hi Bro” terbaca didisplay. YIMM menyebutnya sebagai pendekatan humanis. Setelah menyapa pengendara….saklar start ditekan. Sound muffler perasaan sedikit lebih besar dibanding generasi lawas. Langsung upshift….IWB mencoba accelerasi  setelah motor ini dijejalin ban belakang sebesar 120/70-17. Hentakan awal??…..

Ternyata tidak mengecewakan brosis!!. Keraguan siVixy akan boyo tidak terbukti. Berputar ditrek super pendek…..(tiap straight-nya hanya sekitar 5meter), IWB tidak merasakan penurunan kemampuan sikuda besi. Power pick up cukup gampang diraih, dan ketika IWB coba betot sekali sambil selip kopling…ban depan terasa liar ngangkat dari aspal. Weleh…..juozzz.  Kekuatiran gen anyar menghilangkan identitas Vixion sebagai motorsport torqy tidak terbukti. Justru motor dilabelin Lightning ini kini makin superior dari sisi handling. Testing dalam melibas polisi tidur plus cornering ringan bisa dilalui dengan sukses. Smooth…..nyaman persis kayak sikebo Byson. Bedanya new Vixion lebih antep dan powerfull sedang sikebo “light” serta lembut. Goncangan  yang biasa IWB rasakan pada generasi lawas kala melibas jalanan bergelombang, jauh tereduksi di versi anyar. So, impressi awal test ride Vixion Lightning……betul-betul menepis segala keraguan!….

Last….testing masih belum maksimal sebelum kita ekplorasi sampai final gear (kemarin hanya gear 1-2). Sebab ketika ukuran sproket belakang dinaikkan, top speed biasanya dikorbankan. Apakah akan terjadi pada Vixion Lightning??….nah inilah yang kudu digali lebih dalam. Btw….diluar power, perubahan swing arm model full kotak, penggantian pelk 2.5/3.5 inch plus ban tubeless 90/80-17 & 120/70-17 membuat generasi anyar jauh lebih mantep dari segi handling. IWB yakin…mau sampeyan pacu hingga 100km/jam-pun, new Vixy tetap anteng tidak goyang. Semua semakin sempurna setelah dipadu dengan sasis deltabox yang terkenal rigid. Kesimpulan??……mumet tenan mzbro!. Asli menggoda iman. Tapi mending ditampung dulu sebelum test ride dijalanan sesungguhnya. Ada komentar atau pertanyaan brosis??….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!