Bro dan sis sekalian….rumor Yamaha sedang mengembangkan mesin 250cc sangat kuat. Bahkan dari beberapa bisikan yang berkembang….prototype mesin sudah ada ditanah air. Sebuah info yang lumayan aneh mengingat India merupakan pasar  pertama yang disinyalir menjadi tempat berpijaknya sikuda besi. Hal ini selaras dengan artikel dari Bikeadvice mengungkapkan kepastian hadirnya fairing bike dari pabrikan garputala ditahun 2014-2015…..

Dalam ulasan singkatnya mereka mengungkapkan Yamaha masih dalam tahap mengembangkan motor 250cc yang diduga kuat mengambil basis konsep desain dari sang kakak….YZF R6. Yah…lebih kurang kayak bentuk YZF-R15 V2.0 namun dengan operasi minor kosmetik untuk menyesuaikan kubikasi yang makin besar. Diharapkan semua bakal rampung pada tahun 2014-2015. Dilalah…cerita di India ternyata ada korelasi dengan tanah air. Berdasarkan info pengunjung warung, saat ini di Cikarang sudah ada mesin prototype Yamaha 250cc. Yang membikin penasaran…testimoni mereka mengungkapkan, engine sedang intens dites dalam ruang tertutup. Dari merekalah diperoleh keyakinan…..mengamati output muffler sound, calon generasi engine 250cc pabrikan garputala merupakan tipe dua silinder……

Tidak puas informasi satu arah…IWB coba iseng bertanya pada teman kenalan yang bekerja di Yamaha. Edannya….jawaban mengiyakan datang dari doi. Berkat doi pula IWB mendapatkan pencerahan bahwa engine 250cc disinyalir bakal diproduksi disini. Kasarnya….Indonesia ditunjuk pabrikan Iwata sebagai basis produksi next produk 250c. Alasannya simpel….kualitas serta kehalusan produksi lokal diatas negara India. Sebuah kabar membanggakan tentunya. Btw….apakah ini artinya Indonesia hanya merakit engine diluar desain?. Bisa jadi. Desain mungkin saja tetap India, sedang mesin dari sini. Entahlah….

Last...saat ini Yamaha hanya mempunyai Fazer 250 untuk produk kubikasi seperempat liter. Namun engine yang masih SOHC single silinder serta spek yang lumayan jauh dibanding Honda serta Kawasaki membuat pabrikan tersebut terkesan ketinggalan. Apalagi Suzuki baru-baru ini juga sukses merilis GW250. So….Yamaha 250cc?. Gimana bro, kira-kira yakin nggak nih motor brojol dan engine diproduksi disini?. DOHC pararel engine design layaknya YZF-R6?. Semoga bukan hanya rumor tidak berwujud. So kita tunggu saja…. (iwb)

Advertisements