iklan iwb
iklan iwb

Dulu…diera 1990an, Honda menggetarkan blantika roda dua tanah air lewat peluncuran sebuah motor berdesain kekar. Engine 200cc type Kaizen hasil upgrade kubikasi GL series mampu membius seluruh biker era tersebut. Sopo ora kenal dengan tulisan “Super Cruiser” diburitan kiri kanan sikuda besi. Dimasa itu, nama Tiger langsung membumbung tinggi……

Klub-klub bermunculan menjadikan sang macan disegani dari era ke era. Sayang….AHM terhanyut dengan masa keemasan yang diraihnya. Hampir 18 tahun lamanya motor bertenaga 16,4HP tidak mendapatkan sentuhan engine.  Semakin tingginya persaingan dengan munculnya motosport yang lebih advance membuat sang macan pelan-pelan ditinggalkan. Ikhtiar Honda merombak fisik luarpun tidak mampu merayu konsumen. Kenapa? Mayoritas menginginkan perubahan nyata khususnya segi dapur pacu. Mereka mengharapkan revolusi total yang akan membuat taring sang macan kembali tajam. Pertanyaannya…kapan masa itu akan datang??….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Bisikan teralis aka k15…kemudian k18, keduanya gamblang tertulis dibuku agenda IWB. Sayang….dari nama yang beredar, tidak satupun bocoran mengarah ke produk flagship…si Tiger. Gebrakan dan manuver AHM sekarang sedang fokus pada market 150cc. Ladang empuk yang saat ini masih dikuasai oleh Yamaha. Melipir kekiri…kanan, depan, belakang…..hasil tetap nihil.  Indikasi pihak Honda bakal merombak si 200cc dalam waktu dekat tetap negatif. IWB masih ingat…ditahun 2011 silam, si-Jepun sempat mengungkapkan clue berguna bahwa ditahun 2012….project awal yang sedang digarap Honda adalah teralis. Motor yang disebut easy to ride, light serta powerful dikelasnya. Baru setelah semua settle….Tiger mengikuti ditahun berikutnya. Pertanyaannya?….tahun yang disebutkan apakah 2013 atau 2014?? masih misterius……

Namun…analisa pribadi, diperiode itulah sang macan mungkin hadir. IMHO….antara tahun 2013 akhir atau 2014 awal (byuhh…keburu jenggoten nungguinnya :mrgreen: ). Kesimpulan berdasarkan minimnya bocoran sijaran wesi. Yah…moga-moga aja lebih cepat dari waktu yang disebutkan brosis. Tiger dipastikan menjadi big project AHM. Tentu saja sebab mereka tidak akan sudi mengecewakan para biker yang dipayungi club-club besar dibelakangnya. Secara pribadi….IWB berharap perombakan sang macan tidak main-main. Bagaimanapun…..motor 150cc tetap beda dibanding 200cc. So….lengah mengelola segmen tersebut merupakan kesalahan besar yang tidak boleh dibiarkan.

Last.…disana terdapat potensial market yang belum terkelola secara serius. Sebenarnya simpel….jika tidak sudi membuang energi melakukan riset berkepanjangan, comot aja frame dan mesin CBR250R buat sang macan. Jika terlalu besar kubikasinya…tinggal downgrade sedikit menjadi 225cc misalnya?. Kemudian mapping ulang disesuaikan karakternya sebagai gen cruiser, pasti nampol tuh. Toh…secara torque, CBR250R sudah mumpuni. Teralis aja bisa nyomot dari CBR150R, kenapa Tiger tidak?. Ya nggak bro. So…seperti apa harapan sampeyan terhadap sang legendaris? monggo berikan komentarnya dan semoga AHM membaca saran mzbro semua. Ocreeee….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!