iklan iwb
iklan iwb

Sudah rahasia umum pasar sport tanah air beda dibanding dengan bebek ataupun skutik. Porsi yang kurang dari 30% diblantikan market roda dua membuat banyak produsen rada enggan menggarap dengan serius. Dilalah….YIMM lewat Vixion menepis keraguan banyak kalangan. Sport-pun bisa menjadi lahan gurih jika mereka fokus dan mampu memberikan yang terbaik untuk konsumen. Yup…per-September 2012, penjualan siinjeksi telah menembus 1 juta unit sejak dirilis pada tahun 2007 silam. Sadis euy..

Saat ini Vixion menjadi penyumbang terbesar penjualan motorsport garputala. Sumbangsih mencapai 75%…sebuah angka yang tidak bisa dianggap remeh. Rangka deltabox, injeksi, diasil silinder, 4 klep serta desain yang bisa diterima banyak kalangan membuat Vixy terus mencetak penjualan secara fantastis. Tidak heran grafik penjualan terus meningkat setiap tahunnya. Pertama kali di 2007 terjual 28.260 unit, 104.916 unit di 2008, 195.990 unit di 2009, 215.321 unit di 2010 dan 242.887 unit tahun lalu. Tahun ini diharapkan penjualan V-Ixion akan melebihi di 2011 karena pada sembilan bulan pertama (Januari hingga September) telah terjual 241.668 unit. So jika diakumulatif secara grand total….penjualan Vixy tembus 1.029.042 unit. Weleh…jian laris tenan mzbro!!



Last…bukan hal mudah untuk menjual motorsport hingga tembus 1 juta unit hanya dalam jangka waktu 6 tahun. Mindset konsumen yang masih lekat dengan skutik serta bebek adalah pengganjal terbesar penetrasi pasar. Selain itu faktor pricing juga penghalang tak terbantahkan. Herannya kendati dari tahun ketahun motor injeksi ini terus naik, demand terhadap sikuda besi tidak turun. Bahkan dari data yang terpampang diatas malah cenderung naik. Artinya…segmen sport memang beda dengan bebek yang sensitif terhadap harga. Dan jelas….sales dari mulut kemulut kadangkala lebih efektif diluar iklan. So…apakah pabrikan lain mampu menggeser dominasi Vixion yang terkenal easy to ride, irit, lincah, gampang dimodif dan murah perawatan??. Kita tunggu saja brosis…..(iwb)

Advertisements