iklan iwb

Bro dan sis sekalian….no sales without safety adalah sebuah kalimat yang cukup mulia. Grup Astra seakan ingin menunjukkan kekhalayak sebagai produsen jangan hanya jualan tanpa memikirkan keamanan berkendara bagi konsumennya. Karena itu, kiprah mereka untuk melakukan edukasi secara berkesinambungan tidak kenal lelah merupakan bentuk komitmen yang patut kita hargai. Berlangsung di sirkuit Speed City Bali tanggal 1-2 Oktober 2012, kompetisi safety riding instructor sukses digelar……..

Memasuki tahun ke-6, kualitas para peserta semakin menunjukkan peningkatan. Benchmark bisa lihat dari rata-rata score yang cukup tinggi. Diikuti oleh 47 instruktur safety riding Honda serta 48 advisor safety riding komunitas pabrikan sayap mengepak…peserta mengikuti ujian coaching skill, braking, narrow plank, slalom pylon, dan slalom course. Semua style yang disebutkan diatas merupakan standar kompetisi riding kelas dunia. Khusus untuk advisor safety riding komunitas, mereka kudu mengikuti tes esai seputar pengetahuan safety riding. Sik-sik, kuwi opo to mzbro maksude narrow plank, slalom pylon dan lain-lain?. tenang, IWB buka contekan dulu :mrgreen: …..

iklan iwb

Ok, bisa IWB jelaskan satu persatu. Braking skill adalah menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek. Kemudian narrow plank adalah uji keseimbangan dalam kecepatan tertentu. Biasanya ekstra alon pol nih mzbro. Syarat tidak boleh keluar trek serta kaki haram turun keaspal plus postur kudu tetap dijaga. Terus…slalom Phylon dan slalom course yakni keterampilan berkendara dan pengendalian stang kemudi dengan posisi berkendara yang benar. Nah…ini nih yang susah. IWB sampe bengong melihat aksi para peserta. Menunggang NMP, mereka diharuskan melibas trek yang sudah diberi garis untuk melakukan adegan slalom. Syaratnya…knalpot atau foot step tidak boleh gasruk aspal. Nyenggol dikit….nilai langsung anjlok. Tidak heran para juri sampe nunging-nungging memperhatikan tiap manuver cornering peserta yang rata-rata pada canggih!….

Motor yang digunakan adalah New Megapro kondisi standart pabrikan. Untuk melakukan slalom, kuda besi diberikan secara acak. Hal ini disengaja agar feeling para rider tidak terpaku dengan satu motor. Maklum brosis….pemenang akan dikirim sebagai duta tanah air mengikuti kompetisi instruktur safety riding Internasional diJepang. Keberhasilan tim Indonesia masuk podium pada pertandingan September kemarin adalah bukti nyata tak terbantahkan kualitas peserta lokal. Yang IWB heran….tuas rem depan jarang disentuh. Ketika IWB coba melakukan interview dengan salah satu pe-slalom, braking depan memang jarang dipakai sebab deselerate yang dihasilkan malah kurang menguntungkan. ” Nggak apa-apa yang penting betot tuas pakai jari empat mz…” ujar mereka. So….rem belakang plus engine brake adalah kunci kemenangan untuk mencetak waktu terbaik. Hhhmm…..mantep euy.

Kampanye safety riding AHM sudah masuk kejantung sekolah sebagai calon intelektual penerus bangsa. Berfokus di 7 wilayah kerja main dealer Astra motor yaitu dari Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Pontianak,? Makasar dan Jayapura dipilih agent terbaik perwakilan masing-masing sekolah. Seleksi adalah hasil pararel dalam ajang kompetisi yang dinamakan Astra Honda Senior High School Safety Riding Activity Competition 2012. Wajah-wajah cerdas yang diharapkan mampu menularkan virus positif tentang penguasaan safety riding, perilaku berkendara yang benar, inovasi, edukasi plus aktif dalam mesosialisasikan safety riding dalam komunitas mereka. Yup….ujung tombak bagian dari Astra Motor Safety Riding Agent untuk merangkul teman-temannya. Karena AHM yakin, komunikasi akan lebih optimal jika yang melakukan pendekatan adalah kawan sendiri, bukan aparat atau lembaga diluar sekolah….

Last.…pada saat event, AHM juga melantik para siswa terpilih menjadi Astra Motor Safety Riding Agent yang dihadiri oleh Dirlantas, Dishub, dan Diknas propinsi Bali disaksikan pejabat grup Astra. Yup…kepedulian nyata? keselamatan berkendara yang bisa dijadikan contoh pabrikan lain. Semoga ATPM lain berlomba-lomba meningkatkan safety awareness diluar market share yang selalu menjadi topik utama dan tujuan produsen. No sales without safety…..mantep euy. (iwb)

Daftar para pemenang Astra Honda Safety Riding Instructor Competition 2012:

Kategori Anggota Klub:

1. Yoseph Klaudius L.D asal Denpasar
2. Resi Satria Wibowo asal Palembang
3. Ziki Zulkarnaen asal Jakarta

Kategori Instruktur

1. Ahmad Anugrah dari Palembang
2. Juwito dari Mataram
3. Karniady Ersad Iskandar dari Mataram

Kategori Main Dealer

1. Astra Motor Mataram
2. Wahana Makmur Sejati
3. Astra Motor Semarang

89 COMMENTS

  1. keren banget uiii ….coba d adain 1 bulan sekali tapi d kota2 yg berbeda,,,,pasti seru dan bnyak yg minat bwat ber safety dalam berkendara ,,,asikkk…..tetap jaya ya honda…..

  2. bukannya riding model kayak d atas malah tingkat kesulitannya tinggi?
    soalnya d jalanan juga kyaknya orang jarang yg punya keseimbangan kyk d atas.
    jadi mau nularin ke masyarakat luas pke cara kyk d atas??susah,yg ada malah ntar banyak alay yg kemampuan zig zagnya semakin luwes.

    kalau gak memungkinkan memakai teknik zig zag yang biasa ya udah gak perlu nyalip secara zig zag kyk d atas.iya kalau yg d lewatin gak kaget,kalau kaget??apa gak malah nabrak tuh

    yg namanya safety riding ya membuat diri sendiri aman tanpa mengorbankan pengendara lain.kalau teknik kyk d atas bukan safety riding,tp lebih ke arah free style

  3. Jadi inget pendapat bro Benny,ini Lomba Safety Riding atau Lomba ketrampilan berkendara??

    bennythegreat.wordpress.com/2011/10/06/safety-riding-kok-diperlombakan-oleh-atpm-ane-jadi-bingung/

    baca aja ini,saya yakin membentuk instructor yang handal kyk d atas percuma aja kalau d ajarkan ke masyarakat luas,emang semua orang punya skill dan bakat yang hampir sama kyk di atas?

  4. 53. Rollerman – Oktober 3, 2012

    Jadi inget pendapat bro Benny,ini Lomba Safety Riding atau Lomba ketrampilan berkendara??

    bennythegreat.wordpress.com/2011/10/06/safety-riding-kok-diperlombakan-oleh-atpm-ane-jadi-bingung/

    baca aja ini,saya yakin membentuk instructor yang handal kyk d atas percuma aja kalau d ajarkan ke masyarakat luas,emang semua orang punya skill dan bakat yang hampir sama kyk di atas?

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    betul banget!!! mangkanya aye sentil juga tadi di atas, emangnye safety riding ntuh kelok2 miring 45 derajat??? bukannye itu tingkah alay menerobos gerombolan roda 4??? 🙄

  5. @rollerman

    kalo ente ikut langsung dr mulai teori, attitude, diskusi ampe praktek ente pasti tau beda latihan safety riding m ketrampilan riding …..
    riding skill masuk salah satu point safety riding jg bro … (lihat evaluasi eksekusi) … gimana eksekusi bisa matang klo skillnya kurang, gimana mau evaluasi klo kerjaannya BC mulu, pikiran kotor penuh kebencian … wkkkkkkwkw …

  6. “Kalau ane boleh mendefinisikan frase ?safety riding? sebenarnya simple saja, yaitu sebuah ikhtiar dalam mengendarai motor dengan melibatkan pemahaman terhadap Rules, Skill dan Attitude sehingga sampai dengan selamat di tujuan.” ngutip dari blog beruang bennythegreat.wordpress.com/2011/10/06/safety-riding-kok-diperlombakan-oleh-atpm-ane-jadi-bingung/.
    Disitu disebutkan “pemahaman terhadap Rules, Skill dan Attitude” dan lihat apa yg kompetisikan oleh Honda antara lain “braking skill”, “slalom skill” dll. So, silahkan kasih kesimpulan sendiri.

  7. Seperti halnya jika kita belajar beladiri, jika kita menguasai ilmu beladiri, apakah juga akan sembarangan dipakai untuk berkelahi dijalan. Orang yg bisa beladiri akan cenderung menghindari konfrontasi, krn diajarkan untuk rendah hati. Sama juga dengan safety riding, salah satu point nya adalah untuk menguji skill rider, mengendalikan kendaraan. Jika dijalan umum, ya tetap mematuhi aturan yang ada (itu juga termasuk materi yang dilombakan). Ketika rider dapat mengendalikan kendaraan yang ditumpanginya, maka akan terhindar atau dapat menghindari keadaan darurat dijalan…..CMIIW. Sedangkan spion knp tidak dipasang (bukan berarti tidak safety), krn agar tidak mengganggu konsentrasi rider. Spion secara fungsi digunakan untuk melihat kendaraan dibelakang, sama halnya dng balap, apakah ada yg menggunakan spion? dan apakah bisa disebut jika balap itu tidak safety? bahkan di kelas motoGP juga tidak ada spionnya.

    Saya pernah mengikuti kompetisi safety drive untuk mobil, hampir serupa dng materi yg dilombakan dng motor, tidak hanya skill yang dilombakan, ada juga materi teori mengenai pengetahuan tentang mobil. Bahkan untuk drift dan slalom juga ada, namun apakah kemampuan kita tsb juga mau dipamerkan dijalan umum?

    Semakin orang cerdas, semakin rendah hatilah dia.
    Orang bodoh akan cenderung memamerkan kemampuannya yang dangkal untuk menutupi kebodohannya…..
    Jadi apakah anda akan menjadi orang cerdas, atau orang bodoh dijalan raya?

    Stop Talk, Just Action…..
    Salam Brotherhood

  8. @abe norickid
    jika komen2 komentar kayak ente blog ini bakalan kondusif dan byk ilmu
    bukan komentar orang2 sok smart yg songong walaupun aselinya bodoh

  9. 57. abe norickid – Oktober 3, 2012

    Seperti halnya jika kita belajar beladiri, jika kita menguasai ilmu beladiri, apakah juga akan sembarangan dipakai untuk berkelahi dijalan. Orang yg bisa beladiri akan cenderung menghindari konfrontasi, krn diajarkan untuk rendah hati. Sama juga dengan safety riding, salah satu point nya adalah untuk menguji skill rider, mengendalikan kendaraan. Jika dijalan umum, ya tetap mematuhi aturan yang ada (itu juga termasuk materi yang dilombakan). Ketika rider dapat mengendalikan kendaraan yang ditumpanginya, maka akan terhindar atau dapat menghindari keadaan darurat dijalan?..CMIIW. Sedangkan spion knp tidak dipasang (bukan berarti tidak safety), krn agar tidak mengganggu konsentrasi rider. Spion secara fungsi digunakan untuk melihat kendaraan dibelakang, sama halnya dng balap, apakah ada yg menggunakan spion? dan apakah bisa disebut jika balap itu tidak safety? bahkan di kelas motoGP juga tidak ada spionnya.

    Saya pernah mengikuti kompetisi safety drive untuk mobil, hampir serupa dng materi yg dilombakan dng motor, tidak hanya skill yang dilombakan, ada juga materi teori mengenai pengetahuan tentang mobil. Bahkan untuk drift dan slalom juga ada, namun apakah kemampuan kita tsb juga mau dipamerkan dijalan umum?

    Semakin orang cerdas, semakin rendah hatilah dia.
    Orang bodoh akan cenderung memamerkan kemampuannya yang dangkal untuk menutupi kebodohannya?..
    Jadi apakah anda akan menjadi orang cerdas, atau orang bodoh dijalan raya?

    Stop Talk, Just Action?..
    Salam Brotherhood
    ——————————————————
    manteb coment nya bro..

  10. apa? spion mengganggu konsentrasi? masa sih, ini safety riding bro bukan safety stunt, kalo di safety riding aja merasa terganggu pake spion ntar bisa kebawa ke kehidupan nyata yg mengangap spion gak penting.
    waktu ujian SIM aja di satlantaas unit testnya pake spion bahkan ada beberapa motor test ride terbaru sponsor pabrikan sudah ber AHO walau sebagian juga motor jadul, itu baru namanya komplit.
    kalo saat lomba safety riding aja copot spion dimana letak safetynya? jangan disamain ama balapan karna ini bukan balapan tapi lomba safety riding yg peruntukannya untuk di jalanan

  11. atau AHM sengaja menggiring opini, masa sih safety riding dilombakan, kalo pake acara kaya gitu mending ganti aja acaranya jadi RIDING SKILL COMPETITION, dan hindari penyesatan publik macam gini.
    safety riding itu diajarkan bukan dilombakan.
    kalo ada LOMBA safety riding adakah lomba safety flying? safety swimming? safety running dll yg juga dilombakan? saya kira tidak ada.

  12. yaaaa namanya juga usaha….tujuannya mungkin baik cuma penyampaian en titel acaranya bikin salah paham antara safety riding en riding skill

  13. Sekarang dah jamannya DEFENSIVE RIDING/DRIVING…RIDE/DRIVE with HEART…a.k.a. berkendara dengan hati..

  14. joko – Oktober 4, 2012
    apa? spion mengganggu konsentrasi? masa sih, ini safety riding bro bukan safety stunt, kalo di safety riding aja merasa terganggu pake spion ntar bisa kebawa ke kehidupan nyata yg mengangap spion gak penting.
    waktu ujian SIM aja di satlantaas unit testnya pake spion bahkan ada beberapa motor test ride terbaru sponsor pabrikan sudah ber AHO walau sebagian juga motor jadul, itu baru namanya komplit.
    kalo saat lomba safety riding aja copot spion dimana letak safetynya? jangan disamain ama balapan karna ini bukan balapan tapi lomba safety riding yg peruntukannya untuk di jalanan

    ————————————————————————
    tambah lagi orang yg cenderung memamerkan kemampuannya yang dangkal untuk menutupi kebodohannya?..

  15. 62. joko – Oktober 4, 2012

    atau AHM sengaja menggiring opini, masa sih safety riding dilombakan, kalo pake acara kaya gitu mending ganti aja acaranya jadi RIDING SKILL COMPETITION, dan hindari penyesatan publik macam gini.
    safety riding itu diajarkan bukan dilombakan.
    kalo ada LOMBA safety riding adakah lomba safety flying? safety swimming? safety running dll yg juga dilombakan? saya kira tidak ada.

    …………………………………………………………………………………………..

    stuju bro pendapat sampean,
    klo istilah safety ryding haruslah serba safety, maupun kendaraannya maupun juga bikernya,

    akan tetapi klo judule competisi skill ryder ya monggo ora nopo2
    mau ngga make lampu sekalian ngga masalah,, agar tidak menganggu kebebasan berskill ryding,,
    😉

  16. terbukti kalo nmp emang nyaman dikendarai. Terserah orang mau blg apa. Yg penting saya beli dari uang saya sendiri. Gk kaya para sales yg bisanya nge-bc doanx.

  17. kompetisi safety riding di jepun jg gak pake spion,juara satu tuh tim AHM,nih AHM dah mulai ,kapan Yamaha?????????????,paling kalo adapun spion juga dilepas,??hahahaha tunggu BC dari fbnya apa juga protes?kalo iya “otaknya gak dangkal lagi tapi “CETEK”

  18. motor batangan mang enak kalo di ajak miring2 gitu,jadi inget waktu pake gl max,juga ampek gitu,tapi pake spion lampu nyala siang hari,helm full face,tapi boncengan lho…hehehe….,kalo naek bebek agak susah ngendaliin, semua motor laki mang paling nak di ajak rebah, jadi bukan NMP aja….lagian kan yg ngadakan HONDA ya gak mungkin pake motor byson,atau ninja hehehe…….

  19. New Mega Pro.. Mantap aja sih.. tim Safety Riding Bangkabelitung tetep semangat.. latihan terus jadi tahun depan bisa jadi juaranya.. semangattt

  20. “73. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – Oktober 4, 2012
    ini skill riding bukan safety riding, seinget gw nonton BMW Course di Afrika sono, diajarin cara nya berkendara, nyalip, ngangkat moge, melewati jembatan, polisi tidur, nikung etc?

    gak kek gini deh? kekx ini cenderung kearah skill riding?”

    ^ setuju om..lebih ke arah skill..kalo safety kayaknya nggak seoffensif ini..

  21. Liputannya Kereeen Mantabz.. makasi mas Bro.. Event Honda Keren juga yach, Pabrikan lain blm ada ya sepertinya…

  22. balapan formula 1 itu pake spion kayaknya. spion tetap tidak boleh dilepas jika dikaitkan dengan istilah ‘safety’. apapun alasannya terutama di jalan umum

    jika dikaitkan dengan roda 2, coba lihat deh gimana miringnya tuh motogp kalo belok. jelas spion mengganggu. namun untuk motor yang umum apakah bisa diterapkan dengan cara yang sama..??

    saya masih gak nyambung tentang alasan mencopot spion

  23. spion tu dipakai saat nyalip,balik arah,belok kanan kiri,kalo deven ride kayak gitu ngerem ya gak perlu spion macm ngerem dll karna gak ada pengendara laen saat pelatihan.kalo saat comentary riding pake mtor standr

  24. @Roy

    nah jika judulnya ‘skill riding’, saya setuju. tapi kalo judulnya ‘safety riding’, saya pribadi rasanya masih kurang sreg hehehhe

    btw thx…

  25. wuidihh penting ne..smoga honda semakin gencar mengkampanyekan safety riding…gud job, salut!

  26. pake ke’coak’ aja gak patah2 apalagi klo gak pake yaaaak…..????
    *klo sikebo masuk angin koq bisa patah tulang lehernya yaaak????
    tanyaken apa !!!

  27. wah keren ya bro, semoga para instruktur yang andal ini bisa menularkan ilmunya kepada kita-kita yang awam ini tentang giamana cara berkendara sepeda motor yang aman.

Comments are closed.