iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian….no sales without safety adalah sebuah kalimat yang cukup mulia. Grup Astra seakan ingin menunjukkan kekhalayak sebagai produsen jangan hanya jualan tanpa memikirkan keamanan berkendara bagi konsumennya. Karena itu, kiprah mereka untuk melakukan edukasi secara berkesinambungan tidak kenal lelah merupakan bentuk komitmen yang patut kita hargai. Berlangsung di sirkuit Speed City Bali tanggal 1-2 Oktober 2012, kompetisi safety riding instructor sukses digelar……..

Memasuki tahun ke-6, kualitas para peserta semakin menunjukkan peningkatan. Benchmark bisa lihat dari rata-rata score yang cukup tinggi. Diikuti oleh 47 instruktur safety riding Honda serta 48 advisor safety riding komunitas pabrikan sayap mengepak…peserta mengikuti ujian coaching skill, braking, narrow plank, slalom pylon, dan slalom course. Semua style yang disebutkan diatas merupakan standar kompetisi riding kelas dunia. Khusus untuk advisor safety riding komunitas, mereka kudu mengikuti tes esai seputar pengetahuan safety riding. Sik-sik, kuwi opo to mzbro maksude narrow plank, slalom pylon dan lain-lain?. tenang, IWB buka contekan dulu :mrgreen: …..

iklan iwb

Ok, bisa IWB jelaskan satu persatu. Braking skill adalah menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek. Kemudian narrow plank adalah uji keseimbangan dalam kecepatan tertentu. Biasanya ekstra alon pol nih mzbro. Syarat tidak boleh keluar trek serta kaki haram turun keaspal plus postur kudu tetap dijaga. Terus…slalom Phylon dan slalom course yakni keterampilan berkendara dan pengendalian stang kemudi dengan posisi berkendara yang benar. Nah…ini nih yang susah. IWB sampe bengong melihat aksi para peserta. Menunggang NMP, mereka diharuskan melibas trek yang sudah diberi garis untuk melakukan adegan slalom. Syaratnya…knalpot atau foot step tidak boleh gasruk aspal. Nyenggol dikit….nilai langsung anjlok. Tidak heran para juri sampe nunging-nungging memperhatikan tiap manuver cornering peserta yang rata-rata pada canggih!….

Motor yang digunakan adalah New Megapro kondisi standart pabrikan. Untuk melakukan slalom, kuda besi diberikan secara acak. Hal ini disengaja agar feeling para rider tidak terpaku dengan satu motor. Maklum brosis….pemenang akan dikirim sebagai duta tanah air mengikuti kompetisi instruktur safety riding Internasional diJepang. Keberhasilan tim Indonesia masuk podium pada pertandingan September kemarin adalah bukti nyata tak terbantahkan kualitas peserta lokal. Yang IWB heran….tuas rem depan jarang disentuh. Ketika IWB coba melakukan interview dengan salah satu pe-slalom, braking depan memang jarang dipakai sebab deselerate yang dihasilkan malah kurang menguntungkan. ” Nggak apa-apa yang penting betot tuas pakai jari empat mz…” ujar mereka. So….rem belakang plus engine brake adalah kunci kemenangan untuk mencetak waktu terbaik. Hhhmm…..mantep euy.

Kampanye safety riding AHM sudah masuk kejantung sekolah sebagai calon intelektual penerus bangsa. Berfokus di 7 wilayah kerja main dealer Astra motor yaitu dari Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Palembang, Pontianak,  Makasar dan Jayapura dipilih agent terbaik perwakilan masing-masing sekolah. Seleksi adalah hasil pararel dalam ajang kompetisi yang dinamakan Astra Honda Senior High School Safety Riding Activity Competition 2012. Wajah-wajah cerdas yang diharapkan mampu menularkan virus positif tentang penguasaan safety riding, perilaku berkendara yang benar, inovasi, edukasi plus aktif dalam mesosialisasikan safety riding dalam komunitas mereka. Yup….ujung tombak bagian dari Astra Motor Safety Riding Agent untuk merangkul teman-temannya. Karena AHM yakin, komunikasi akan lebih optimal jika yang melakukan pendekatan adalah kawan sendiri, bukan aparat atau lembaga diluar sekolah….

Last.…pada saat event, AHM juga melantik para siswa terpilih menjadi Astra Motor Safety Riding Agent yang dihadiri oleh Dirlantas, Dishub, dan Diknas propinsi Bali disaksikan pejabat grup Astra. Yup…kepedulian nyata  keselamatan berkendara yang bisa dijadikan contoh pabrikan lain. Semoga ATPM lain berlomba-lomba meningkatkan safety awareness diluar market share yang selalu menjadi topik utama dan tujuan produsen. No sales without safety…..mantep euy. (iwb)

Daftar para pemenang Astra Honda Safety Riding Instructor Competition 2012:

Kategori Anggota Klub:

1. Yoseph Klaudius L.D asal Denpasar
2. Resi Satria Wibowo asal Palembang
3. Ziki Zulkarnaen asal Jakarta

Kategori Instruktur

1. Ahmad Anugrah dari Palembang
2. Juwito dari Mataram
3. Karniady Ersad Iskandar dari Mataram

Kategori Main Dealer

1. Astra Motor Mataram
2. Wahana Makmur Sejati
3. Astra Motor Semarang

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!