iklan iwb

Bro dan sis sekalian……kemarin per tanggal 28 September 2012, TVS motor India secara resmi merilis motosport 125cc bernama Phoenix 125. Tuntunan kendaraan yang irit namun bertenaga membuat pabrikan berbasis diChennai kudu memutar otak untuk mengamomodasi kebutuhan konsumen. Setelah hampir satu tahun melakukan riset dan pengembangan….lahirlah EcoThrust engine. Yup….kuda besi yang diklaim menjadi the best-in-class fuel efficiency dengan harga yang sangat terjangkau……

TVS Phoenix 125 dibekali mesin yang sama sekali baru. Pihak TVS mengatakan, credo pembuatan Phoenix berpegang pada falsafah irit tapi bertenaga. Sesuatu hal yang selalu berseberangan dan tidak pernah akur. Karena itu, keberhasilan mereka meluncurkan EcoThrust engine….membuat TVS optimis produknya bisa bersaing Bajaj Discover ST dan Honda Shine sebagai saingan utama. Cukup dimaklumi….mereka pede. Ddalam pemakaian normal, TVS meng-klaim Phoenix 125 hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk melibas jarak 67km. Sebuah pilihan tepat ditengah terus melonjaknya harga petrol. Terus gimana dengan power?….

Dengan engine SOHC 125cc, air cooled, Sistem 4 transmisi, manual…..power masih bisa tembus 11ps dengan torque 10NM. Lumayan garang untuk ukuran kubikasi 125cc. Dari segi fitur, TVS juga tidak pelit…tercatat disk brake depan, speedometer digital dengan display sensor aki, trip meter, dan service reminder dibenamkan pada Phoenix 125.? Hhhmm…sama plek dengan Apache atau Tormax disini. Kemudian…..dari segi handling, suspensi juga bisa diatur dengan 5 tingkat kekerasan. Hal ini diperlukan sebab klan kuda besi lebih ditujukan ke arah fungsi. So….tanpa adjustable spring suspension, ngangkut beban berat bakal cukup merepotkan. Mau empuk?? monggo. Ingin keras?…hayo aja :mrgreen:

iklan iwb

Last…dengan banderol Rs. 51,000 atau setara 9 jutaan rupiah….Phoenix 125 memang cukup menjanjikan. Yah…kalau diboyong kesini, mungkin 12 jutaan ya bro (ngarep.com). Sayang desain IMHO masih terlalu konvensional. So….kudu dirombak ulang jika TMCI ingin memasarkan di Indonesia. Kapan?. Halah…..ngawur tenan. Boro-boro mikir dibawa kesini, di India aja Oktober baru diproduksi mzbro hehehe…..(iwb)

 

54 COMMENTS

  1. Wonderful site you have here but I was wanting to know if you knew of any discussion boards that
    cover the same topics discussed in this article? I’d really like to be a part of online community where I can get opinions from other
    experienced people that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know. Bless you!

Comments are closed.