iklan iwb
iklan iwb

Mantep!!!. Ini nih yang kita sukai. Sehubungan dengan undangan POD garputala untuk nyambangi markas mereka yakni Yamaha Motor Indonesia MFG Part Center yang berlokasi diCibitung, kita Blogger berempat yaitu Eyang Edo, bro Mitra, Bro Hendrix serta IWB disuguhi product knowledge yang sangat berguna. Mulai dari proses packing, distribusi, hingga sistem kerja Part Operation Division yang disingkat POD. Dari keseluruhan presentasi yang dijabarkan, IWB tertarik dengan program Ex-Fast yang saat ini terus digodok serta digalakkan POD. Salah satu bentuk perlindungan konsumen yang patut didukung serta mendapatkan acungan jempol. Seperti apa??….

Pasti tidak banyak yang tahu apa POD. Sebagai divisi bagian PT YIMM, tanggung jawab Part Operation Division tidak bisa dipungkiri menjadi tulang punggung kelangsungan hidup perusahaan. Mereka yang menerima, mengatur, packaging serta distribusi part dari vendor untuk disebar kemain dealer yang berjumlah 47 buah seluruh Indonesia. Dan dari sanalah, suku cadang disebar ketitik-titik poin yang mencapai 1200 3S. Dalam melayani permintaan konsumen tidak jarang pada hari liburpun para karyawan kudu tetap kerja. Jika permintaan bersifat urgent, maka seluruh proses harus selesai kurang dari setengah hari dan masuk dalam high speed picking area. Sebuah extra effort yang cukup melelahkan sebab quality control, inventory, packaging, hingga barang siap dikirim hanya dalam hitungan jam. Semua diatur sesuai target frame. Untuk pulau Jawa 1 hari sementara pulau luar Jawa 4 hari kerja…..

Warehouse Yamaha sendiri dibangun pada tahun 2000 dengan total luas keseluruhan mencapai 50,000M2. Jumlah karyawan yang bekerja disana sekitar 187 orang mulai jam 7.30-04.30. Ketika IWB intip langsung kelokasi….beighhh, cekatan-cekatan mzbro. Wajah-wajah serius nampak menghiasi suasana ware house. Tidak satupun karyawan berbicara atau ngobrol santai. Semua fokus pada pekerjaannya memasukkan suku cadang kedalam kemasan. Ada yang bertugas menyegel, melakukan inventory, procurement, scanning hingga memasukan part yang siap keatas truk-truk ekspedisi. Sebuah pemandangan yang cukup menarik bagi IWB. Lawong seumur-umur baru melihat langsung. Jebule jlimet dan ribet euy :mrgreen: . Dalam melakukan pekerjaannya, mereka tidak boleh melakukan kesalahan. Kalau nggak bisa mumet tenan. Untung order input diatur menggunakan komputer propack system sehingga pekerjaan menjadi cepat dan termonitor sempurna. Terus apa hubungannya dengan judul diatas??…

iklan iwb

Sabar brosis, alon-alon. Minum kopi serta makan pisang goreng dulu :mrgreen: . Oke, kita lanjutkan. Bro Robie, Rizal serta sis Fitri sebagai tim POD Yamaha membeberkan program divisi mereka yang ingin meningkatkan kualitas pelayanan suku cadang agar langsung bisa dirasakan konsumen. Disebut sebagai Ex-Fast singkatan dari…..

EX : Excellent Part Services

Memberikan pelayanan yang terbaik

F : Fixed Price

Harga yang sesuai (tidak boleh melebihi HET atau harga eceran tertinggi)

A : Advance delivery System

Pengiriman yang cepat

S : Stock Always Available

Mudah mendapatkan part yang diinginkan

T : Technology Information

Mudah mendapatkan informasi tentang part berbasis teknoogi digital

Nah…dari penjabaran singkat diatas, POD bertekad melakukan komunikasi serta supervisi terhadap para dealer untuk mencapai Ex-Fast yang sedang digalakkan. Untuk EX, A, dan S……pihak POD sendiri sudah berkomitment memberikan pelayanan one day delivery pada DDS dengan kategori emergency. ” Walaupun harga barang yang dikirim lebih murah dari biaya ekspedisi yang kita keluarkan, part kudu tetap dikirim demi kepuasan konsumen mz..” ujar Pak Robie (POD). Kemudian stock always avalaible….POD mengerti banyak dealer enggan nyetok slow moving part. Untuk menghindari hal tersebut, POD akan membeli kembali dari dealer part yang tidak laku dalam jangka waktu tertentu. Jadi tidak ada yang namanya dealer rugi akibat part mengendap. Terus gimana dengan poin F serta T??….

Untuk T, tidak usah diragukan…..POD sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Monggo sampeyan intip part catalogue Yamaha diwebsite resmi, disana banderol per-item terungkap secara jelas. Sementara untuk poin F atau Fixed Price?? Nahhh…ini yang IWB demen!!. Pihak POD menegaskan, jika sampeyan menemui dealer melakukan upping price menjual part diatas harga eceran tertinggi resmi (untuk cross cek bisa cek diwebsite Yamaha), monggo segera laporkan kecall center di nomer 021-2457-5555 atau email ke [email protected] untuk difollow up. Jika terbukti benar, maka dealer wajib mengembalikan selisih kelebihan uang dari HET kekonsumen. Selain itu, POD akan melakukan teguran internal kedealer nakal. Sebuah upaya yang patut diapreasiasi ditengah persaingan yang maha ketat dewasa ini……

Last….perusahaan besar adalah perusahaan yang peduli terhadap kepuasan konsumen. Karena itu peningkatan pelayanan 3S wajib hukumnya. IWB yakin…tekad POD Yamaha tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kerja keras serta dukungan para dealer terkait. Tapi niscaya dengan konsistensi, mendengar aspirasi konsumen serta upaya berkesinambungan….tidak menutup kemungkinan buah manis yang didapatkan. Semoga saja dengan adanya Ex-Fast, kita sebagai biker sekaligus konsumen semakin dimanjakan. So….Beli sparepart Yamaha diatas harga eceran tertinggi??. Silahkan laporkan brosis!!!….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!