iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian……tweet pic dikirim oleh bro “sepeda motor” sebuah penampakan kuda besi berwarna putih. Sebagai Blogger yang pernah nyicipin langsung Apache, jelas IWB langsung tahu bahwa potongan image merupakan gen RTR. Berwarna putih tapi…..tunggu dulu, ada yang beda disana. Emblemnya bro….bukanlah stiker yang biasa ditempelkan. Melainkan model timbul nongol dari tanki. Yup…..tidak salah lagi, inilah Apache 180 RTR versi ABS….

Dalam penggalan kalimat yang dituturkan doi …..terdapat kata-kata ” sudah siap dipamerkan bro”. Sebuah sinyal yang sebenarnya sinkron dengan bocoran dari internal TVS bahwa setelah rilis Apache 160/180 2013, maka versi ABS juga bakal menyusul secepatnya. So…kabar gembira bagi yang mendambakan teknologi canggih dengan harga terjangkau. Maklum bro….untuk mendapatkan fitur antilock brake system setidaknya kita kudu merogoh dana hingga 46-56 jutaan. Saat ini hanya bisa kita jumpai pada Ninja 250 FI serta CBR250R. Angka yang terlalu berat bagi sebagian besar biker tanah air….

ABS sendiri awalnya adalah teknologi mahal yang dicangkokkan pada roda pesawat terbang. Seiring berjalannya jaman, maka lambat laun diaplikasikan untuk kendaraan roda empat serta roda dua. Khusus motor, ABS hanya bisa dijumpai pada big cc bike hingga Honda membuat gebrakan menyuntik C-ABS pada CBR250. Tidak lama Kawasaki mengikuti lewat Ninja 250 FI. ABS sendiri dipercaya mampu meminimize resiko kecelakaan sebab sensor secara pintar akan mendeteksi jika terjadi lock atau ngunci kala panic brake. Kaliper melepas dan mencengkram piringan secara simultan dengan kecepatan mencapai 25 kali perdetik. So mau licin atau jalanan berpasir….ABS dipercaya menjadi solusi jitu menghindari roda ngesot akibat braking…..

iklan iwb

Last….agresifitas TVS patut diacungin jempol. Keputusan TMCI memboyong Apache ABS menjadi bukti keseriusan mereka untuk menghadirkan produk berkualitas. Yah…memang belum resmi brosis. Tapi berdasarkan sinyal yang tertangkap radar, Apache 180 ABS tidak lama lagi. Sayang banderol belum teraba. Lawong nanya sama mbak Mieke/TVS malah dijawab gurauan ” pantesnya berapa mz?”….jiahhhh, kalau kita mah pengennya semurah mungkin, ya nggak bro :mrgreen: …..(Iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!