iklan iwb
iklan iwb

Tidak bisa dipungkiri, seluruh pabrikan tanah air menggunakan India sebagai kiblat motorsport. Selain menekan cost R & D, dari segi efiesiensi juga bakal membuat mereka lebih hemat, lawong cetakan blue print tinggal mengkloning. Ketimbang bersusah payah dari nol, lebih baik pergunakan kekuatan network brand. Coba brosis intip Honda Dazzler aka NMP. Atau Yamaha FZ16 alias Byson….dua produk tersebut adalah contoh nyata realita dilapangan. Maka tidak salah jika K18 dikaitkan dengan Honda Hunk India….

Hunk….sebenarnya bukan produk murni racikan Honda. Disana ada tangan Hero yang terlibat dalam proses pengembangan serta riset. Jadi jangan heran jika mzbro bakal melihat label Hero Hunk pada kode produk. Dipersenjatai mesin SOHC 150, Hunk mampu memuntahkan tenaga hingga 14,[email protected], torque 12,[email protected] Sayang, power tersebut harus dikebiri oleh bobot kosong Hunk yang lumayan nampol yakni 146kg…..nyaris seberat Pulsar 180 UG4. Diluar sisi spek mesin….desain Hunk memang patut dijadikan pertimbangan menjadi calon Honda K18. Badan gambot dengan gurat bak banteng nyeruduk, menjadikan Hunk disukai oleh para biker India…..

Calon kedua yang tidak bisa kita kesampingkan adalah Honda Unicorn. Jaran wesi dikeluarkan oleh HMSI mempunyai kubikasi mirip dengan Hunk namun muntahan tenaga lebih kecil. Jika Hunk mampu menyemburkan tenaga hingga 14,4ps, maka Unicorn satu DK dibawahnya yakni kisaran 13,3ps. Perbedaan mendasar mereka adalah sistem suspensi belakang yang menganut monoshock system (Hunk stereo gas Nitro). Kakak dari Unicorn adalah Dazzler yang sudah dirilis sebagai New Megapro ditanah air…..

iklan iwb

Tidak seperti Dazzler, K18 disinyalir tidak mengkloning mentah-mentah desain keduanya. AHM bakal melakukan perombakan guna disesuaikan dengan selera pasar Indonesia. Terutama headlamp yang serasa kurang cocok……terlalu India banget brosis :mrgreen: . Info yang IWB terima, batok lampu K18 mempunyai garis kemiripan dengan K15 aka teralis. Selain itu…foot step boncenger nempel disasis buritan, bukan dicangkokin keporos tengah frame seperti generasi motorsport cruiser lain. Dan tidak lupa, speedometer juga lebih futuristik…

Last….semua hanya prediksi. Namun IMHO…IWB yakin ancer-ancer desain tidak akan jauh dari Hunk ataupun Unicorn. Jadi jangan berharap desain bakal sporty habis sebab AHM memposisikan sikuda besi lebih kearah fungsi dan effisiensi….irit, bertenaga, serta banderol terjangkau. Analisa pribadi mengatakan, jika K15 hanya untuk ngrecokin…maka K18 dipersiapkan sebagai pasukan penggedor eksistensi Yamaha Vixion. Honda Hunk atau Unicorn sebagai basis desain K18?? Gimana menurut brosis semua? Monggo berikan opininya….(Iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!