iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian….industri otomotif India terus melakukan ekspansi pasar. Setelah sebelumnya kita sering mendengar nama Bajaj dan TVS sebagai produsen kendaraan roda dua, kini yang terbaru adalah Tata Motors. Yup….perusahaan otomotif roda empat dari negeri Bollywood pertanggal 11 September 2012 telah memproklamirkan kedatangan mereka keIndonesia. Dengan slogan “Inspired by people”, mereka yakin akan mampu memberikan yang terbaik untuk konsumen tanah air. Dan pada tanggal itulah, sejarah babak baru telah diukir oleh Tata Motor…

Sampeyan pasti bingung dan membatin…” iki mz Iwan lagi ngimpi po piye koq bahas mobil ?? ” . lha aku dewe yo bingung….Blogger motor kok diundang pabrikan roda empat :mrgreen: ??. Tapi karena penasaran dan ada waktu luang, IWB akhirnya meluncur juga kelokasi. Disana bertemu bro SL, sang senior Blogger kita. Ya udah…akhirnya IWB tenggelam dalam komunitas media yang cukup asing bagi IWB. Jian ora kenal wajahe blas :mrgreen: . Ok…kembali ketopik. Pasti sampeyan penasaran….opo Tata Motor ki? apakah perusahaan abal-abal. Apakah mereka pemain baru yang hanya mencoba mengadu nasib keIndonesia?. IWB akan coba review sekilas tentang sejarah si Tata…..

Tata Motors awalnya adalah perusahaan perdagangan umum. Didirikan oleh Jamsetji Nusserwanji pada tahun 1868. Seiring perjalanan waktu, mereka masuk dalam industri Tekstil dengan label The Central India Spinning, Weaving & manufacturing. Bisnis terus berkembang hingga pada tahun 1902 mereka merambah dunia perhotelan dan menjadi bagian dari kelompok usaha untuk mendirikan Taj Mahal Palace & Tower yang resmi dibuka pada tahun 1903. Tidak puas sampai disitu, Tata terus melakukan ekspansi bidang usaha dengan mendirikan The Tata Iron & Steel Company yang berpusat di Jamshedur ditahun 1907…..sebuah pabrik besi dan baja pertama India (mulai produksi tahun 1912). Dibidang pendidikan Grup Tata juga tidak mau ketinggalan.  Mereka membangun The Indian Institute of Science yang didedikasikan menjadi pusat kemajuan pendidikan yang berlokasi diBengaluru India (1911)…..

iklan iwb

Ditahun 1912, Tata Steel telah menetapkan waktu kerja 8 jam perhari jauh sebelum undang-undang menetapkannya bahkan bila dibandingkan bangsa barat sekalipun. Karena itulah….bisnis terus berkembang. Perusahaan yang sehat membuat kelompok usaha Tata tidak kesulitan menancapkan cakarnya sehingga sekali lagi mereka berhasil melebarkan jaringan bisnis masuk dalam produk kebutuhan sehari-hari. Dinamakan The Tata Oils Mills Company….ditahun 1917, perusahaan menghasilkan sabun, deterjen dan minyak goreng untuk masyarakat India.  Ketajaman terus dilanjutkan hingga ditahun 1932 barulah Tata melirik bidang transportasi lewat Tata Airlines yang merupakan divisi dari Tata Sons yang bergerak dalam sektor industri penerbangan. Selang 8 tahun setelah itu, bidang kesehatan juga dibidik. Tata Chemical Resmi didirikan ditahun 1939. Dan…..masa itu datang. Yup, cikal bakal Tata Motor mulai lahir…..

Ditahun 1945, didirikanlah Tata Engineering & Locomotif. Pada masa kemerdekaan dinegara kita tersebut, Tata sudah mampu memproduksi locomotif serta produk otomotif lain. Untuk memproduksi kendaraan komersial kualitas dunia…..ditahun 1954 mereka memutuskan bekerja sama dengan Daimler Benz Jerman. Dari sanalah alih teknologi dilakukan secara perlahan. Lebih dari 7,5 juta kendaraan 4 whells sudah dibuat sejak masa itu. Basis manufacture tersebar diempat tempat salah satunya Pune India (pabrikan Bajaj juga disana brosis). Barulah ditahun 2003, secara resmi perusahaan otomotif diganti dengan nama Tata Motors. Berturut-turut Tata grup terus mengembangkan bisnisnya dalam bidang kosmetik (1952) serta software bernama Tata Consultancy Services (TCS) yang didirikan tahun 1968…..

Seiring berjalannya jaman, teknologi serta tuntutan kualitas, pada tahun 2005 Tata Motors melakukan aliansi strategis dengan Fiat Italia. Berdirilah sebuah industri patungan dengan label  Fiat Group Mobil Pvt. LTD yang memproduksi mobil FIAT dan Tata serta power train Fiat. Kini berbagai kendaraan sukses mereka telurkan dan produk Tata sudah dieksport ke kawasan Eropa. Mulai dari mobil kecil….bus penumpang, kendaraan mini truck daya angkut 0,5 Ton sampai heavy duty truck 49 Ton. Atas kepercayaan serta kualitas yang ditawarkan….produk Tata berhasil menjadi produsen Bus terbesar ke-3 serta truk nomer empat dunia. Prestasi makin cemerlang setelah Jaguar Inggris dan Daewoo Korea diakuisi oleh Tata Grup. Sekarang R & D resources nyaris ada ditiap negara tempat tiap produk dipasarkan. Pemasaran produk telah mencapai Eropa, Afrika, Timur-Tengah, Asia Selatan serta Amerika Selatan. Strategi bisnis akhirnya mulai melirik Asia Tenggara. Setelah melakukan survei mendalam selama dua tahun…..dari beberapa kandidat, akhirnya Indonesialah yang dipilih guna menjadi basis perakitan kawasan Asia. Mantap!!!…..

Dari history diatas, jelas Tata Motor bukanlah perusahaan kemarin sore yang hanya ingin mencoba peruntungan diIndonesia. Segalanya sudah dipersiapkan dengan matang. Diwakili pak Biswadev Sengupta sebagai Presdir Tata Motors Indonesia, dia mengungkapkan…..berdasarkan riset yang mereka lakukan, kondisi operasional dan kebutuhan konsumen Indonesia mirip dengan India sehingga peluang Tata Motors sangat besar. Filosofi perusahaan yang meracik mobil berkualitas dengan mengedepankan fuel efficiency serta ramah lingkungan diyakini akan menyita perhatian konsumen tanah air. Melambungnya harga bensin (wacana pencabutan subsidi bensin juga disebut) maka Tata adalah pilihan tepat (kabarnya irit bro). Proklamasi kedatangan Tata grup juga diikuti persiapan pembukaan 15 main diler dengan target 60 diler 3S serta 100 bengkel dan lebih dari 300 suku cadang. Yang membanggakan, Indonesia direncanakan menjadi basis manufacture yang akan melayani eksport negara-negara Asia Tenggara. Sebuah langkah yang patut diapresiasi…….

Last…produk Tata akan resmi nongol pada pameran Internasional Motor Show ke-20 tanggal 20 September nanti. Bisikannya…Nano mungkin menjadi salah satu produk yang hadir disini dalam waktu dekat. Ketika ditanya…..apakah mereka tidak keder dengan dominasi Jepang yang menguasai 90% pasar Indonesia?. Pak Sengupta menjawab diplomatis bahwa mereka tidak akan berkompetisi dengan pabrikan Nippon yang sudah mendarah daging dikonsumen Indonesia. Namun Tata akan mencoba memberikan sesuatu yang beda. Sesuai slogan Tata Motors….Inspired by People. So…penasaran dengan Tata Motors?. Monggo datang aja ke IMS Hall C brosis. Disana bakal dipamerkan beberapa produk andalan perusahaan otomotif Tata. Biar rasa penasaran tuntas-tas. Tata motor? India makin galak euy :mrgreen: …...(iwb)

iklan iwb
Previous articleWalah….top speed siApache jebule bisa direkam!!
Next articleHonda K18……..indikator RPM dimana ya??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!