iklan iwb
iklan iwb

Rasa penasaran kita terjawab setelah YIMM secara resmi mengumumkan Byson 2013 facelift semalam. Byson baru ini tersedia dalam empat warna, tiga warna sebelumnya sudah ada yakni Deep Red Metallic, Black Metallic X, White Metallic 6. Dan yang teranyar Vivid Purplish Blue Cocktail 5. Praktis, gold color dihilangkan dari line up…..

Kalau sampeyan ingat, warna emas pernah digunakan Lorenzo ketika datang ketanah air untuk naik stage dalam acara khusus yang di lakukan Yamaha setahun silam. Kini, warna tersebut tidak masuk daftar dan digantikan dengan warna baru yang mereka sebut  Vivid Purplish Blue Cocktail 5. IWB sendiri kurang ngeh, apa perbedaan biru versi 2013 dibanding biru sebelumnya. Akan tetapi jika mengamati dari gambar yang terpampang…..blue yang disodorkan tidak jauh dari generasi  Byson lawas. Kecuali dual color hitam yang semakin mempertegas nuansa angker…..

YIMM menempelkan grafis berbentuk tengkorak kepala banteng pada tanki sikebo. Mereka mengusung tema “Invincible War Machine” dan layaknya seperti superhero police robot yang menggambarkan kesan futuristik untuk karakter bodi motor. Grafis ini membuat Byson terlihat lebih garang dan fokus ke bagian tangki tengkoraknya, sehingga pengendaranya pun bisa “show off” jadi pusat perhatian. Perubahan lainnya yang mempertegas kesan lelaki ada pada bagian cashing kiri kanan. Sebelumnya berwarna silver, sekarang warna hitam. Begitu juga kuping headlamp serta kondom knalpot…..legam brosis!

iklan iwb

Tidak ada perubahan harga untuk versi fecelift yakni tetap 20,9 juta rupiah on the road Jakarta dan sekitarnya. Spesifikasi mesin juga tidak berubah dengan tipe mesin 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara dan berkapasitas 153 cc. Mampu menghasilkan tenaga 10,1 kW pada 7.500 rpm dan torsi puncak 13,6 Nm di 6.000 rpm. Dalam data yang terekam, sejak pertama kali dirilis tahun 2010, sales sikebo dari tahun ketahun terus menunjukkan peningkatan. Jika 2010 (September-Desember 2010) terjual 23.265 unit, maka ditahun 2011 merangkak menjadi 53.704 unit dan dari Januari hingga Juli 2012 terjual 69.176 unit…..

Tidak diragukan, livery baru memang membuat gen Byson makin garang. Kesan angker semakin terekspos jelas dari lekuk tubuhnya yang gambot. Namun sebagai konsumen, IWB tetap berharap….Yamaha sudi membuat gebrakan signifikan guna meracik ulang dapur pacu ataupun perangkat rem menjadi double disk misalnya. Pasti keren tuh :mrgreen: . Apakah keduanya akan dirilis ketika versi injeksi diluncurkan?. Bisa jadi. Toh seperti yang pernah pak Eko Prabowo (YIMM) ungkapkan, bahwa mereka punya strategi sendiri…..

Sesuatu bakal dikeluarkan secara bertahap menyesuaikan kondisi pasar. Artinya jika tensi peperangan sudah dalam tahap “danger” barulah mungkin mereka keluarkan ajian pamungkas untuk menekuk lawan (hadewww….dan kayak Saur Sepuh euy :mrgreen: ). Btw…monggo intip official image Yamaha Byson new color dan jangan lupa berikan komentarnya….(iwb)

Noted : Klik gambar untuk memperbesar

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!