iklan iwb
iklan iwb

Untuk membuat motor kencang itu mudah. Tapi bagaimana pabrikan meracik kuda besi yang ngacir namun tetap irit…itu yang susah. Dan sebagai motorsport yang dilabelin embel-embel TVS racing, kehadiran Apache mengusik IWB untuk melakukan tes komsumsi bahan bakar. Hasilnya….ternyata mirip dengan klaim pabrikan!!

Sebagai catatan, dalam penggunakan keseharian….motor ini tidak pernah IWB gunakan nyantai. Simulasi riding cukup bervariasi. Mulai dari geber….hard braking….melahap jalanan nanjak….gali top speed hingga melaju pada low RPM akibat jalanan macet. Panasnya Jakarta yang menguras keringat pengendara serta temperatur engine dipaksa naik dari normal juga menjadi santapan sehari-hari Apache. Secara overall, kinerja mesin short stroke si-Throttle Response tetap stabil tanpa dijumpai ngedrop….ini nih yang patut dijadikan catatan. Welldone buat insinyur India. Tentu saja, semua belum lengkap jika tidak mengetahui seberapa boros sih Apache. Dan berikut hasil tes yang IWB lakukan….

Sistem top up menjadi andalan testing. BBM Pertamax (dari pabrikan sudah dikasih oktan 92 ) diisi full tank sampai mentok tidak bergeser dipermukaan. Kilometer awal segera IWB jepret dan catat….menunjukkan angka  2214,8km. Seperti biasa Apache dipakai beraktifitas harian (termasuk ekplorasi accelerasi dan top speed)….dua hari setelah itu ngacir balik ke SPBU. Re-fill Pertamax dengan metode sama…..penuh hingga bibir lubang tanki. Menghabiskan 3,299liter…..kembai IWB abadikan. Jarak tempuh terakhir tertera angka 2368,8km. So, kalkulasi mulai dilakukan….

iklan iwb

2366,8 (km) – 2214,8 (km) = 154 (km) / 3,299 (liter) = 46,7km/liter

Hasilnya seliter Pertamax untuk geber riding mencapai 46,7 liter. Woww….irit juga yak. Lebih irit dibanding motor 150cc karbu lain sekalipun. Praktis testing mirip dengan klaim pabrikan yang mencapai 47km/liter. Herannya….hasil diatas IWB raih dalam kondisi motor sering diajak lari sprint. Artinya jika sampeyan gunakan eco riding, IWB yakin motor kubikasi 180cc ini dengan mudah bisa tembus 50km untuk seliter Pertamax. Terus kira-kira gimana jika dijejali Premium? biasanya tidak berbeda jauh. Paling hanya beda 4-5km/liter. Mesin 180cc, daya jelajah hingga 46,7km untuk seliter Pertamax??. Boros nggak menurut sampeyan semua. Monggo berikan opininya….. (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!