iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…menarik ketika IWB membaca data yang baru saja dirilis Eyang Edo tentang pangsa pasar sport tanah air. Kendati secara kuantitas tidak sebanyak skutik atau bebek, namun segmen ini selalu menjadi topik hangat untuk diperbincangkan mengingat pride yang didapat berbeda dibanding segmen mopped ataupun matic. Dan dari ulasan beliaulah, diperoleh fakta……bahwa dalam 8 bulan terakhir, ternyata pabrikan garputala makin tidak terkejar oleh rival dekatnya, Honda yang cenderung malah semakin turun dibanding periode sebelumnya….

Hanya dalam waktu rentang masa 2008-20012, YIMM berhasil memantapkan posisinya sebagai raja motorsport tanah air dengan menguasai market share 58,96% . Produk yang saat ini menjadi back bone sales Yamaha masih diisi Vixion (70,44%), disusul tempat kedua….sikebo Byson (26,61%) dan Kalajengking Scorpio menyumbang 2,95%. Semua data yang IWB sebutkan diatas adalah komposisi sales periode Januari-Agustus 2012. Jika dikalkukasi secara jumlah maka pabrikan garputala sukses melego motorsport sebanyak 294ribuan unit. Terjadi kenaikan pangsa pasar yang cukup signifikan kalau kita mengintip record 2 tahun kebelakang dimana tahun 2010 nongkrong pada kisaran 50%, periode 2011 sempat melemah menjadi 48,63% dan ditahun 2012…..lumayan mencengangkan sebab baru masuk bulan 9 sudah tembus 58,96%. Terus gimana dengan sang rival dekatnya, Honda??….

iklan iwb

Pabrikan dibawah grup Astra kudu menelan pil pahit. Kendati mereka berkibar di segmen skutik serta moped….motorsport tidak mampu berbuat banyak. Pasukan yang terdiri dari kombinasi CS1 (dimasukan kategori sport), New Megapro (CW & SW) plus silegendaris Tiger tidak bisa membendung laju lawan. Seiring waktu berjalan, market share sport Honda terus mengalami tren penurunan. Bahkan ditahun 2012…..pangsa pasar sport pabrikan sayap mengepak mencatat angka terendah untuk periode delapan bulan dalam rentang 2008-2012. Seperti yang dituturkan Eyang Edo, akhir Agustus kemarin market share menciut hingga menyentuh angka 22,86%. Jauh melorot dibanding tahun 2011 yang masih dikisaran 36,31%. So…..jika dirunut sejak tahun 2008, posisi kini berbalik. AHM kala itu menguasai market share sport sebanyak 43,09% vs. Yamaha 28,93%, ditahun 2012 Honda 22,86% vs. Yamaha 58,96%….

Last..…tidak heran Honda begitu gregetan terhadap Yamaha. Kuatnya dominasi sport seakan mengusik pihak prinsipel Jepang untuk segera melengserkan tahta Vixion. Tanda-tanda bahwa AHM bakal all out sudah terlihat dengan adanya project rahasia yang diendus sebagai teralis serta K18. IMHO….Honda jangan gengsi untuk mempelajari kesuksesan lawan. Mereka kudu gali kelemahan produk racikan grup Astra, dan kenapa konsumen cenderung memilih Yamaha. Jika itu sudah dilakukan…niscaya kesuksesan akan diraih. So….apakah dengan hadirnya kedua jagoan bakal mampu memperbaiki posisi mereka?. Kita tunggu saja brosis. Toh IWB yakin YIMM tidak akan berdiam diri mengingat hanya disegmen itulah mereka bisa mengangkat dagu serta menepuk dada bangga…..(iwb)

Noted : Sumber Edorusyanto.wp.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!