iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..kekuatan pabrikan sayap mengepak adalah dana yang melimpah. Sebagai produsen roda dua bagian dari grup Astra, kita tidak bisa pungkiri fakta tersebut. Coba mzbro analisa….bagaimana manuver jepit menjepit atau ilmu keroyokan dengan sukses merontokkan dominasi Yamaha di segmen skutik. Duit seperti tiada habisnya digelontorkan untuk memenuhi ambisi menguasai pangsa pasar. Hasilnya??…sukses!.  Market share skutik Yamaha melorot. Posisi Mio sebagai penyumbang terbesar sales YIMM dipaksa turun tahta. Sebuah produk yang kala itu begitu terlihat superior tidak mampu digoyang lawan, ternyata runtuh juga…

Keberhasilan strategi skutik nampaknya akan diaplikasi juga ke segmen motorsport. Tidak tanggung-tanggung brosis, sudah dua produk yang kini tinggal menunggu kelahiran…..K18 serta K15. Seperti yang IWB bahas sebelumnya pertanggal 30 Agustus silam (klik disini), kode K18 merupakan varian lain dari New Megapro. Positioning motosport diduga kuat dibawah NMP. Hal ini bisa kita analisa dari shockbraker yang menganut stereo shock. Dan dilalah…..sounding awal menjadi makin tajam setelah wak haji kemarin menelurkan artikel secara komprehensif (klik disini) memperkuat artikel IWB yang lalu. Artinya??….

Strategi Honda jelas…ingin menjepit motosport Yamaha. Dengan mengisi market yang saat ini hanya diisi pabrikan India (rentang 16-17juta) maka kans Honda menusuk rival utama sangat besar. Low segmen adalah pasar yang empuk untuk quantity. Dan Honda sangat sadar akan hal itu. Patut diingat…brand grup Astra menjadi power yang bisa meruntuhkan iman biker khususnya didaerah. Sederhana mzbro…..ketika lawan hanya mempunyai produk dengan kisaran banderol 20-25 jutaan, sayap mengepak dapat memberikan opsi lebih fleksibel kepada konsumen yakni rentang 16-25jutaan. Hhhmm….opo ora serem kuwi?!….

iklan iwb

Last.…Honda kedepan  bakal mempunyai 4 produk dalam line up motosport dibawah 30jutaan yaitu K18, K15, NMP dan Honda Tiger. Sementara Yamaha masih setia dengan Byson, Vixy lawas (kemungkinan masih dipertahankan), New Vixion serta ScorpioZ. Pertarungan kali ini terkesan imbang. Hanya saja….pabrikan garputala kudu waspada mulai dari sekarang karena market sport entry level sedang dibidik lawan. Apakah new Vixion masih bisa kokoh dipuncak piramida setelah lawan menghujani dengan produk anyar?. Ujian terberat baru akan terlihat tahun depan. Kita tunggu saja duel keduanya…….(iwb)

www.respirojakarta.com

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!