iklan iwb
iklan iwb

Untuk meraih performa maksimum, banyak mekanik berlomba-lomba menjebol atau membikin los teriakan engine agar putaran mesin lebih panjang tanpa terkungkung limiter. Karena itulah berbagai CDI after market laku keras dipasaran. Tujuan mereka hanya satu yakni menggantikan CDI bawaan pabrikan….

Dalam catatan IWB, mayoritas motorsport SOHC biasanya diberi kelonggaran oleh pabrikan untuk teriak sampai 10RPM. Diatas angka tesebut bakal dijumpai brebet atau tercekik sehingga memaksa biker shifting. Momen perpindahan gigi itulah yang kurang disukai oleh para tuner sebab jika komposisi kurang pas, bakal ada jedah lost power yang bisa mengurangi kans jaran wesi untuk ngacir didepan. Semakin tinggi putaran engine, biasanya juga akan mendongkrak kemampuan  speed.  Makanya jangan heran….CDI unlimiter Suzuki Shogun lawas banyak dicari. Btw…dari beberapa motor SOHC yang IWB catat era sekarang,  mayoritas pabrikan mematok angka 10,000RPM. Namun tidak dengan TVS Apache RTR…

Dari pengetesan yang IWB lakukan, jeritan mesin bisa dipanteng hingga 11,500RPM. Bisa mzbro intip dari lampiran video yang IWB rekam terlampir. Untuk tiap gigi ketika running tes….yang paling membuat tercengang adalah nafas pada gear empat. Yup…..digigi empat, Apache RTR 180 mampu tembus 118km/jam dengan RPM masuk sekitar 11,000. Sayang IWB tidak mampu menggali top speed akibat rute yang kurang mendukung. Berikut posisi kecepatan per gigi yang IWB tes pada sikuda besi….

iklan iwb

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=6-rytED359E]

Gear 1 tembus 43 km/jam

Gear 2 tembus 78 km/jam

Gear 3 tembus 96 km/jam

Gear 4 tembus 118 km/jam

Gear 5 =  Belum diketahui

Last….tidak heran Apache lumayan disegani diIndia. Soal performa…motor ini jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Boleh saja banderol hanya 17 jutaan. Tapi tentang speed…IWB jamin akan merepotkan motor berharga 25 jutaan sekalipun. Tidak percaya? monggo dites saja brosis :mrgreen: ……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!