iklan iwb

Bro dan sis sekalian…banyak permintaan masuk kemeja IWB agar menampilkan foto rupa sikuda besi racikan TVS dari berbagai sisi. Karena itu…sebelum kita membahas perkara engine, pada kali ini IWB mencoba untuk memberikan beberapa angle jepretan amatir pribadi guna menjawab rasa keingin tahuan mzbro semua. Cekidot…..

Apache RTR 180 2012….secara garis besar tetap sama dengan generasi lawas. Hanya beberapa ubahan fisik seperti desain lampu, shroud, cover engine, foot step serta buritan yang membuatnya makin garang. Sistem kelistrikan juga masih menganut AC….jadi lampu tidak akan menyala kecuali mesin dihidupkan. Namun tidak untuk lampu senja yang berbentuk bak alis dan mata? melotot. Yup…kontak dipuntir ON, maka sialis langsung bersinar terang. Keren……

iklan iwb

TVS melabur tabung suspensi depan Apache RTR 180 dengan warna gold metalic. Kemudian beberapa part casing berwarna hitam yang diberada didashboard speedometer, ujung tanki, side cover serta rear fender diracik dengan kontur bak karbon. Hasilnya….ciamik tenan. Nuansa racing? sangat terasa dilekuk-lekuk tubuhnya yang agresif. Melirik kebagian panel stang….Apache dibekali switch ON-Off. Yang unik….kendati pada posisi Off…lampu utama tetap nyala tapi porsi tidak maksimal alias masih redup…dan baru bersinar maksimal ketika tuas digeser keposisi ON. Hhhmm…nyleneh juga nih.? Jadi kalau pak polisi nyetop sampeyan….dipastikan tetap aman. Lawong kendati redup yang nyala tetap bohlam utama :mrgreen: …..

Untuk switch lampu sein, perbedaan mencolok dibanding produk Bajaj (kecuali Pulsar NS) adalah cara pengoperasian. Yakni geser untuk berbelok dan tekan untuk mengembalikan….persis motor Jepang. Tidak lupa engine kill plus pass button menjadi pelengkap standart Apache. Melanjutkan kebagian tanki…Apache sudah dibekali tutup bensin desain rata seperti motorsport lain. Tapi bukan model nyantol kayak Ninja series….melainkan push and release…CBR style mzbro. Ekplorasi kebagian Jok. Pada seri 2012….TVS memberikan nuansa baru yakni perkawinan dua corak dalam satu seat. Lek boso kerennya dual tone style. Efeknya…..membuatnya lebih modern dan sedap dipandang mata. Kinerja jok juga cukup mumpuni. Penampang yang luas serta busa empuk menjadi jaminan kenyamanan berkendara bagi biker diatasnya. Terus gimana dengan sisi ergonomi riding??…

TVS mengambil jalan tengah. Artinya badan tidak tegak juga tidak terlalu nunduk. Bagi IWB yang sudah nyemplak selama hampir satu minggu….posisi ini ternyata cukup mengasyikkan. Tinggal geser bokong dan kaki kebelakang kalau ingin kencang atau kembali pada posisi default jika ingin santai. Oh iya…..untuk membuka casing samping kita bisa menggunakan kunci motor tanpa harus menggunakan obeng. Jadi jika sampeyan ingin mengecek aki atau membersihkan kotoran tidak perlu susah-susah mengambil tool kit. Simpel dan sederhana. Berturut-turut bisa IWB sebutkan satu persatu kelebihan Apache yaitu suspensi Nitro gas (merk Gabriele), RDB (karakter empuk dan pakem), tuas perseneling desain sport murni dan banyak lagi lainnya yang bisa sampeyan intip pada gambar terlampir dibawah…..

Last…dari keseluruhan fakta visual yang terpampang didepan mata adalah bagusnya finishing serta kualitas material yang dicangkokkan pada siApache untuk ukuran motor India. Menurut opini pribadi….pernish cat nyaris sejajar dengan produk Jepang. Artinya untuk urusan tersebut….IWB harus jujur katakan bahwa Bajaj satu grade dibawah TVS. Yang kedua adalah material….paten dan solid khas produk Bollywood. Mulai panel stang hingga tanki. Kalau sampeyan ketok….tebal dan kokoh. IWB jadi teringat motor-motor Jepang lansiran 1990an yang tidak bersuara ketika dipukul pakai jari. Sekarang?? lumayan jauh bedanya…..

Sayang…dari sekian kelebihan visual, dual shock system masih terasa mengganjal dan membuat tampang turun. Padahal jika TVS sudi meracik menjadi monoshok style…pasti? makin juozzz. Yang kedua adalah stoplamp. Facelift depan tidak diikuti perombakan lampu belakang sehingga terkesan agak wagu. Jika saja sang desainer berani meracik ulang lebih menyipit, IWB yakin LED light menjadi outstanding mempesona. Yup…hanya pendapat pribadi :mrgreen: . Btw…kedepan kita akan bahas tentang mesin…apakah segarang seperti slogannya…”the beast” ?? tunggu next artikel brosis…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

175 COMMENTS

  1. Ukuran Karbunya berapa, mas? Trus tuas kopling jika dibandingkan dengan produk jepang lebih keras atau sebaliknya? Saya suka bentuk motor yg sederhana tapi kelihatan mewah seperti TVS ini

  2. manteb ,,,.,. lebih tebal

    kharis27.wordpress.com/2012/08/13/new-vixion-berfairing-bakalan-ada-gak-sih-desain-fairingnya-nyomot-dari-siapa-r15-v2-r125-atau-desain-baru-yang-di-sesuaikan/

  3. Ngiler juga nih ??? .. Btw, katanya udh seminggu dijajal , koq masih bersih lan kinclong yo Mas ? Pasti sering dicuci nih :mrgreen:

  4. baca tentang tangki nya mengingat kan ane pada punya tetangga sebelah… si tangki bocor..
    ini mas iwb nya nyindir nyindir punya sebelah ya mas..
    ntar di bilang blogger ternakan lagi ama tetangga .

    lempar bensin campur avtur dulu dah…:-P
    kaboooorrrr

  5. hmmm, tangkinya memang TEBELLLLLLLLLLLLLLLLLL bgt, g kayak si megison 🙁
    pertamax7.wordpress.com/2012/08/15/new-vixion-bakalan-5-speed-atau-6-speed-sih/

  6. nyari om tigong dulu dah.. kayak nya masih molor tuh pak pns nya. wkwkwk illeran pada keluar tuh pak PNS.. ngorok amat sih tidur nya..

    lempar tabung lpg biar kena kepala pak tigong. wkwkwkw
    kaboorrr

  7. Anadai pakai sistem Monoshock.
    Desainnya mungkin bisa lebih mantap …

    nofgipiston.wordpress.com/2012/08/13/aneka-gambar-modif-ninja-250-versi-lama-biar-gak-kalah-desain-dari-yang-baru/

    • @ TKDNM
      Belum ada bro…ditunggu yah
      @ Dwitri
      Ukuran karbu belum ngecek bro. Ntar deh saya intip. Kalo kopling…ajib tenan entengnya
      @ Idadzzz
      Sama-sama mz
      @ endo
      Belum dicuci sejak dipakai. Emang awet kinclong nggak ada hujan..
      @ skyrider
      Harga 17jutaan mz. Kalo value…kayaknya 11:12. Tapi secara spek performa tinggi Apache bro…

  8. BELUM INJEKSI, BELUM MONOSHOCK, TAPI BUILT QUALITYNYA EMANG JOSSSSS, KELIATAN DARI SILINDER BLOK DAN CRANKCASE YANG KLIATAN ALUSSS……MERK 2x JEPANG HARUS NIRU BUILT QUALITYNYA NEH 🙂

  9. 34. culun
    wah sekarang managing directornya di pegang orang jepang langsung ya..
    mudah2an bisa ada perubahan signifikan di suzuki.
    tapi kenapa target MS dlm 5 tahun cmn 20 persen? pdhal dulu suzuki bisa sampai 35-45 %

  10. @dunds
    Ya kaya nya 🙂
    moga aja thn depan sizuki mampu berbuat banyak,masa sizuki yg ane liat d jalanan cuma satria FU aja :mrgreen:

  11. Tuntas-tas!!!!!

    Berarti ada kesamaan dengan kesimpulan yang saya buat, kalau TVS sekarang ga jauh beda ma honda. Kalau soal pemasaran, teknologi, kualitas mirip honda jaman dulu yach!!!

    Pelan-pelan namun pastu imej irit akan melekat juva pada TVS 😀

  12. Kalo menurut selera gua yang kurang untuk model, lampu belakangnya, akan lebih baik jika menggunakan monoshock dan gua merasa lampu depannya agak janggal untuk posisinya jika dilihat dari samping agak tinggi dan terlalu kedepan.

  13. 30. Mbelgedhess – Agustus 15, 2012

    BELUM INJEKSI, BELUM MONOSHOCK, TAPI BUILT QUALITYNYA EMANG JOSSSSS, KELIATAN DARI SILINDER BLOK DAN CRANKCASE YANG KLIATAN ALUSSS??MERK 2x JEPANG HARUS NIRU BUILT QUALITYNYA NEH 🙂
    ———————————————————————————–
    ada om suzuki,… kalo pabrikan sebelah kalo gak bocor kekx gak apdol…
    kalo bocor tuh tengki nah baru deh… apalg kalo udah coak rangka beuh…

    😆

    @culun

    sizuki lagi konsen di R4… R2 nya lg di buang…

  14. “Menurut opini pribadi?.pernish cat nyaris sejajar dengan produk Jepang. Artinya untuk urusan tersebut?.IWB harus jujur katakan bahwa Bajaj satu grade dibawah TVS”

    Biar Adil bandingkan juga mesinnya antara Bajaj dan TVS, karena mas IWB terkesan meninggikan satu sisi saja , saya rasa itu ngga adil buat Bajaj. CMIIW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here