iklan iwb

Bro dan sis sekalian….akhir-akhir ini kita disuguhi spyshoot New Vixion yang nongol di media online ataupun Blogsphere. Yang menarik, dari keseluruhan penampakan…..adalah hilangnya kick starter pada engine generasi anyar produk garputala. Kondisi yang lumayan menjadi perhatian adalah…kenapa Yamaha berani memutuskan melengserkan “engkol starter” disaat kompetitor malah memasang untuk sang teralis??…

Keunggulan hilangnya kick starter kitiran mesin memang lebih enteng sebab engine tidak dibebani berbagai komponen penggerak untuk menghidupkan mesin via engkol kaki. Karena itu jangan heran rata-rata motor high performa membuang starter kaki dan digantikan electric starter system only. Nah…mungkin inilah yang sedang dibidik YIMM. Kendati belum ada kepastian apakah “no kick starter ” sudah final, mungkin dilengserkannya kick starter sebagai usaha untuk mendongkrak kemampuan mesin. Yup…tiap jengkal begitu berguna bagi Yamaha. Dan ikhtiar ini tentu saja bukan tanpa alasan. Pabrikan garputala sadar, produk yang akan mereka hadapi nanti tidak bisa dipandang remeh secara performa, basis mesin CBR 150R yang cukup termasyur diblantika roda dua Asia….

Beda Yamaha beda juga dengan Honda. Kalau penampakan menyuguhkan pemandangan motor tanpa kick starter, tapi tidak untuk pabrikan sayap mengepak. Suara yang masuk ke meja IWB….perbedaan mendasar antara engine CBR150 dan “teralis” adalah kick starter. Yup…AHM meracik ulang mesin teralis dengan menambahkan sistem engkol buat kenyamanan dan rasa aman bagi biker penyemplak diatasnya. Strategi yang cukup pintar mengingat rata-rata biker tanah air masih kurang “sreg” jika tunggangan mereka absen kick starter. “Kalo aki soak piye…kalo motor mogok kepriben…kalo dinamo rusak dokrema??” Pertanyaan-pertanyaan yang lazim yang mebuat biker paranoid. Padahal jika kita berkaca pada gen? Pulsar…ketakutan tersebut tidak perlu terlalu didramasir. Namun, nyungsepnya sales Suzuki Thunder versi no kick starter sudah bisa menjadi bukti kuat bahwa mayoritas konsumen masih melakukan resistensi kondisi tersebut…

iklan iwb

So…..perkenankan IWB membuat polling singkat dengan pertanyaan yang cukup sederhana yakni ” mesin kick starter vs. No kick starter…pilih mana??”. IWB minta partisipasi brosis semua dengan mengesampingkan fanatisme merk. Semoga apapun hasil polling nanti bisa dijadikan masukan masing-masing pabrikan untuk melakukan strategi yang tepat. Syukur-syukur benar-benar didengerin…ya nggak bro. Setingan result IWB pasang hidden, dan akan kita buka hasilnya dua hari dari sekarang. Ok….langsung aja brosis….(Iwb)

266 COMMENTS

  1. thunder 125 edisi 2005 gue tanpa kick starter.
    it was fun at first….
    tapi begitu udah mulai ada masalah kelistrikan, matilah awaaak….

  2. menurut saya yamaha tidak BERKACA kejadian motor thunder 125 yang dulu tidak pakai kick starter GAGAL dan revisi dengan pakai kick stater ……….karena masalahnya di AKI kalau mati motor di dorong semua ……

  3. pernah punya mx, pasang aki mf, trus ngidupin pake elektrik habis mampir beli barang trus korslet, ngengkol deh sampe motor itu dijual 1 tahunan.

    kalo gw pribadi sih engkol is a must, kalo dua kali colek elektrik gak idup saya pasti ngengkol, trus apalagi kalo motor abis jatuh, pasti rada susah hidupin pake elektrik,.

  4. pengalaman pakai ninja rr lama lama pegel juga ni kaki pakai kick starter mulu….jadi saya vote ga usah pakai kick starter aja biar kaya cbr series …cek grenngggg

  5. kick starter alias engkol wajib masbro, aq dah pernah pake motor thundie yg gx da engkolnya tiba2 mogok dijalan, distarter gx bs2, hadeuh abis itu kapok masbro naik motor yg gx da kick staternya.

  6. ngga masalah tanpa kick starter. toh injeksi, udah pasti dan harus akinya sehat. resiko dari motor pake sistem injeksi ya mesti rutin cek aki dan aki harus sehat.
    sering ngga dipake semingguan lebih tp di starter elektrik masih mak nyosss. tapi ya direkomendasikan tiap hari dipanasin meskipun 5 – 10 menit. supaya aki tetap sehat.

  7. tanpa kickstarter dalam kondisi motor baru beberapa tahun memang gak masalah, tapi gimana kalo motornya sdh tua atau sdh diatas 5 tahunan?
    blm lg yg pake “jorok” kondisi baru 1 – 2 tahun kelistrikan sdh pada tekor.
    mau sering dipake atau engga, buat motor kecil (bagi orang awan) kickstarter itu harus tetap ada.

  8. pengalaman peribasi…
    pernah kunci pikson jadul ane kelupaan.. di posisi on dari sore ampe siang.. sampe lampu netralnya redup.. trus kalo di ulang.. dari on ke off.. suara fuelpump yang biasanya berbunyi ngiiiiiing… bunyinya jadi aneh….
    dipencet elektrik stater.. dah nggak bisa lagi.. (kayaknya batre tekor..)
    untung ada kickstater.. dicoba tiga kali… langsung ces pleng… 🙂

  9. KICK STARTER&BEHEL ADALAH CIRI KHAS MOTOR INDONESIA,SAMPE KAPANPUN 2 PIRANTI TSB HARUS TETAP ADA..SEHARUSNYA

  10. Dulu ada kisah bangga2an merk, Honda bilang noh mesin ku kaga ber asap (ya lah 4 tak) pasti irit. Yamaha sewot lalu bilang biar berasap gue paling kecang, siapa yg bisa lawan.
    Vespa yg kebetulan juga ikut, tak mau kalah lalu ngomong “Punya ku cuma kejatuhan sendal doang mesin nya langsung hidup”.
    Di era injeksi tdk masalah bila tanpa engkol.

  11. oke lah dengan injeksi n ecu modern memang fungsi kick starter tidak diperlukan, tapi ini masalah mindset orang awam yg sementara masih sulit menerima hal tsb.
    butuh sosialisasi extra dari pabrikan tentang injeksi dimotor kecil harian.

  12. kamsudnya butuh sosialisasi kekonsumen awam yg rata2 belum menerima injeksi pada motor harian, tentang injeksi pada motor kecil harian yg tidak lagi memerlukan kick starter, bla bla bla…. dst.

  13. kalo dulu thunder emg era nya belon pas, kalo skrg si sudah pas, mesin injeksi kan gak rawan kerewelan, ane uda pake vixion 5 tahun, pake kick starter bisa diitung jari, itu pun karena iseng2 aja, bukan karena aki soak, so no problemo, asal itu motor sport, kalo bebek n matic konsumennya pasti gak mau tanpa itu

  14. Kalau Saya milih gak pakai Kick starter, wong pio saya dari baru beli sekitar 2006 sampe sekarang dicopot tuch engkol, kuncinya rajin rawat battery, tips rawat battery (Aki) ada tuch di http://www.saft7.com. Alhamdulillah baru sekali ganti battery setelah battery berumur hampir 6 tahun.

  15. kalo sekarang, kan udah ada (m)AHO, jadi kalo kontak belum di off kemungkinan besar (daripada versi jadul) lebih bisa dideteksi.

    kalo ane pribadi ngga menolak maupun mendukung motor minus kick starter. Apa adanya kalo suka ya ambil, ga suka ya ga maksa.

  16. waduh… AKI TEKOR motor injeksi tetep bisa nyala kaleee… ASAL AKI TIDAK MATI LHO…. problem aki tekor yaitu gak bisa menyimpan arus sesuai kapasitasnya….tp msh bisa ngelimit 12volt.. jd kalau mesin berputar dg di engkolpun tegangan sudah siap menyupply kelistrikan ..CUMAN KALAU AKI SOAK GAK BISA STARTER ELECT.. KARENA BUTUH ARUS GUEEDHEE.. cmiiw

  17. CC besar multi silinder kayanya berat kalo pake kick… belum lg kompresi tinggi motor2 sekarang. toh kalo yg dipermasalahkan adalah aki, bukannya ada service rutin dan standar pengecekan motor. kalo alasannya aki mati tiba2, itu nasib… sama aja kita bilang kalo busi mati gimana… kalo roda mendadak lepas gimana… hehehehe…

  18. kalo ane sih.. tergantung motornya…
    kalo motornya tiger… mau ada kickstater atau nggak…. tetep males liatnya… :mrgreen:

  19. motorsport 1000 cc keatas kalo dibekali kick starter,ngengkolnya kaki nyampe speleng baru idup
    Wong saya aja ngidupin scorpio yang cc nya 225 pake kick starter aja nyampe keringetan!

  20. hahaha… di unit baru, batang engkolnya dipaketin 1 pack dgn toolkit taruh di bagasi 😀

    terserah deh mau dipake atau nggak sama yg beli

  21. @76. speedfreakerblog
    Setuju, salah satu alasan saya copot kick starter di pio saya ya itu, trus belum lagi kalo dipinjem temen pakai kick starter trus lupa ngelipatt pijakan kaki aduh cacad jadinya pijakan kaki

  22. aye dukung tanpa kick starter!!! di sini mendorong konsumen untuk lebih cerdas n telaten dalam merawat mongtornya terutama pada sektor kelistrikan!!! mongtor ntuh pacar nyang bahkan lebih sering kita bawa daripada pacar beneran!!! jadi mesti disayangin sebagaimana menyayangi pacar!!! :mrgreen:

  23. lagipun masih ada alternatif kalau aki soak!!! dorong kenceng dikit!!! masukin gear 1!!! brum nyala!!! 😆

  24. Udah jelas perlua bgt tuh “tendangan pemulai” = kick starter spy pas aki soak orang.y ga ikutan soak gara2 gada kick starter….monggo…

  25. kalaupun nantinya memang ga ada kick stater,, yimm harus bisa menjelaskan keunggulanya, bagaimana bila kalau aki tekor?

    chozinahmad.wordpress.com/2012/08/10/yimm-penyebab-utama-aljlognya-penjualan-yamaha-global/

  26. kalo dah injek yo nda usah, toh kalo aki soak yo nda bener pengapiannya.. contohnya vartek125 sepertinya mubajir deh pake engkol.. wong udan ga pake dinamo starter elektriknya

  27. 85. Nichoz Ahmad – Agustus 14, 2012
    kalaupun nantinya memang ga ada kick stater,, yimm harus bisa menjelaskan keunggulanya, bagaimana bila kalau aki tekor?

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    dorong motor kenceng dikit!!! masukin gear 1!!! brum dijamin nyala!!! :mrgreen:

  28. tergantung org yg punya
    klw org yg rajin ngrawat kendaraan pasti g masalah dg no kick starter
    tapi klw org nya jorok pada kendaraan atw yg penting jalan pasti ribeut

  29. secara pribadi gpp dgn ga ada kick starter,,,,masalahnya adalah YIMM harus melawan mindset konsumen indo dan biker yg awam dgn motor,,,,apalagi yg susah untuk di ajak cerdas !!!!!!

  30. 79. Andrie D MzPoetra – Agustus 14, 2012
    aki soak itu = modar babar blas kan?setahu saya gitu. . . .

    no kick starter,tapi dikasih voltmeter di speedo,biar bisa mantau tegangan aki sendiri(ngarep)
    ==================================================
    seharusnya gto mbak klo YIMM peka,,,jadi meniadakan kick starter tp jga memberi solusi agar mempermudah bagi user,,,

    *jadi inget spisot yg di dashboard piksen anyar di tutupi lakban item,,,

  31. 92. bukan FB – Agustus 14, 2012
    @bianglala

    mangkanya lebih prefer beli hand*ng* yach!!! susah cari konsumen cerdas!!!
    ====================================================
    tunggu aja om ryan edisi ke dua,,, 😀

  32. 97. bianglala – Agustus 14, 2012

    tunggu aja om ryan edisi ke dua,,, 😀

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    amit2 dech Ryan aka Anti sales aka Reno nyang ngaku S1(SD/Sederajat)!!! 😡

  33. gak pake jg gpp,
    kalo aki soak tinggal di underbone nyalainnya kayak motor road race aja,

    😀

Comments are closed.