iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian….akhir-akhir ini kita disuguhi spyshoot New Vixion yang nongol di media online ataupun Blogsphere. Yang menarik, dari keseluruhan penampakan…..adalah hilangnya kick starter pada engine generasi anyar produk garputala. Kondisi yang lumayan menjadi perhatian adalah…kenapa Yamaha berani memutuskan melengserkan “engkol starter” disaat kompetitor malah memasang untuk sang teralis??…

Keunggulan hilangnya kick starter kitiran mesin memang lebih enteng sebab engine tidak dibebani berbagai komponen penggerak untuk menghidupkan mesin via engkol kaki. Karena itu jangan heran rata-rata motor high performa membuang starter kaki dan digantikan electric starter system only. Nah…mungkin inilah yang sedang dibidik YIMM. Kendati belum ada kepastian apakah “no kick starter ” sudah final, mungkin dilengserkannya kick starter sebagai usaha untuk mendongkrak kemampuan mesin. Yup…tiap jengkal begitu berguna bagi Yamaha. Dan ikhtiar ini tentu saja bukan tanpa alasan. Pabrikan garputala sadar, produk yang akan mereka hadapi nanti tidak bisa dipandang remeh secara performa, basis mesin CBR 150R yang cukup termasyur diblantika roda dua Asia….

Beda Yamaha beda juga dengan Honda. Kalau penampakan menyuguhkan pemandangan motor tanpa kick starter, tapi tidak untuk pabrikan sayap mengepak. Suara yang masuk ke meja IWB….perbedaan mendasar antara engine CBR150 dan “teralis” adalah kick starter. Yup…AHM meracik ulang mesin teralis dengan menambahkan sistem engkol buat kenyamanan dan rasa aman bagi biker penyemplak diatasnya. Strategi yang cukup pintar mengingat rata-rata biker tanah air masih kurang “sreg” jika tunggangan mereka absen kick starter. “Kalo aki soak piye…kalo motor mogok kepriben…kalo dinamo rusak dokrema??” Pertanyaan-pertanyaan yang lazim yang mebuat biker paranoid. Padahal jika kita berkaca pada gen  Pulsar…ketakutan tersebut tidak perlu terlalu didramasir. Namun, nyungsepnya sales Suzuki Thunder versi no kick starter sudah bisa menjadi bukti kuat bahwa mayoritas konsumen masih melakukan resistensi kondisi tersebut…

iklan iwb

So…..perkenankan IWB membuat polling singkat dengan pertanyaan yang cukup sederhana yakni ” mesin kick starter vs. No kick starter…pilih mana??”. IWB minta partisipasi brosis semua dengan mengesampingkan fanatisme merk. Semoga apapun hasil polling nanti bisa dijadikan masukan masing-masing pabrikan untuk melakukan strategi yang tepat. Syukur-syukur benar-benar didengerin…ya nggak bro. Setingan result IWB pasang hidden, dan akan kita buka hasilnya dua hari dari sekarang. Ok….langsung aja brosis….(Iwb)

[polldaddy poll=6461914]

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!