iklan iwb
iklan iwb

Honda CBR150R……motor ini lumayan kencang untuk ukuran engine kubikasi 150cc. Teriakan atasnya nyaris tanpa lawan. Kalau mzbro jajal langsung…..jeritan mulai dari RPM 7000 bertenaga dan meledak-ledak. Sayang…dalam perjalannya kurang moncer disambut biker. Banderol yang masih terlalu tinggi menjadi pengganjal terbesar penetrasi produk kepasar…

Sejujurya banderol CBR150R masih dalam taraf wajar. Status-nya yang BU mau tidak mau memaksa pabrikan mengkatrol banderol hingga 33jutaan. Yah…biasa bro, pajak adalah biang beratnya produsen untuk menekan harga. Ujung-ujungnya…..pricing strategi mentok pada pajak yang memang tinggi untuk barang built up. Namun IWB yakin…pihak AHM sudah semampu mereka memberikan harga terbaik untuk konsumen. Terbukti kendati status sama-sama BU, CBR150R keluaran AHM masih jauh lebih murah dibandingkan dengan para importir umum (IU) yang mematok angka 42jutaan….

iklan iwb

Honda terlihat tidak ngoyo. Hal ini dikarenakan posisi CBR150R bermain sendiri tanpa lawan. Ada permintaan tinggal impor…dan kalau tidak, no problemo. Toh tidak ada beban psikologis yang diterima karena nihilnya komparasi market dari kompetitor secara head to head. Namun….semua kayakya tidak akan berlangsung lama. Rumor diraciknya Vixion berfairing mau tidak mau kudu disikapi secara serius oleh AHM. Yah…memang mereka sudah ancang-ancang brojolin naked bike dengan basis engine identik. Akan tetapi, sudah rahasia umum…gen naked beda dengan fairing. Disana ada potensial market yang dihuni oleh kelompok yang berbeda. Fairing ya fairing….naked ya naked. Dan jika betul-betul brojol, bisa jadi produk Yamaha menyita perhatian biker penyuka fairing bike…..

Taruhlah Yamaha mampu menekan cost sehingga banderol tidak lebih 28-29jutaan untuk Vixion berfairing. Perbedaan 4-5juta diyakini bisa menggoyahkan iman konsumen. Apalagi jika performa hanya beda tipis….yakin dah biker berbondong-bondong meminang Vixion faired. Masih ngotot ogah men-CKD-kan CBR150R?. IWB pikir tidak!. Strategi bersifat flexibel. Begitu pula terhadap siDOHC engine. Jika posisi terancam…AHM pasti tidak akan tinggal diam. Kemungkinan CBR150R di-CKD tetap terbuka kedepan. Lumayanlah jika bisa memangkas 3 jutaan, Menjadi 30juta misalnya??….

Last…..semua simulasi diatas hanya opini pribadi. Toh eksistensi Vixion faired masih sebatas rumor. Namun…wacana men-CKD-kan spesies CBR150 kayaknya wajib dipikirkan dari sekarang. Ketimbang telat brosis…. musuh sudah attack duluan, biasanya recovery bakal lumayan memakan tenaga. CBR150R CKD?? Gimana menurut sampeyan semua, setuju nggak??…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!