iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…sudah lazim motor baru bakal lebih fresh dan up todate dibanding gen lawas. Revisi diberbagai sektor mulai dari desain hingga teknologi membuat generasi lama terkesan underdog. Tapi jangan salah…barang lawas belum tentu inferior soal kualitas. Seperti fakta yang kita jumpai pada komparasi Ninja250R FI melawan karbu berikut ini….

First impression Ninja 250FI? Wihhh…dijamin tepuk jidat kalau sampeyan liat secara langsung. Lekuk bodynya digarap dengan teliti serta presisi berusaha menunjukkan kelasnya sebagai motor kelas premium. Mulai dari depan, samping hingga belakang nyaris tanpa cela. Pada versi anyar, sipararel engine mempunyai tabung suspensi lebih berkontur khususnya untuk pengikat cakram depan. Begitu pula fairing….tarikan-tarikan tegas membuatnya makin terlihat ganteng. Uniknya…kerudung kini makin terbuka. Bisa ditemui ventilasi udara kanan kiri serta cover crankcase yang agak maju kedepan membuat bulatan engine terlihat jelas. Yup….cooling sistem makin maksimal dibanding versi karbu. Belum lagi buntut, ban, pelk, serta knalpot….merupakan hasil karya seni brilian dari desainer Kawasaki. Sebagai informasi…kendati tanki termasuk gambot, Kawi tetap membekali material plate tulen bukan sistem kondom. Begitu pula knalpot… cover merupakan kaleng, bukan plastik ataupun ABS. Yup…tidak heran bobot sifairing lumayan nampol untuk ukuran 250cc bike. Apakah ini artinya versi anyar menang mutlak dibanding gen lawas??….

iklan iwb

Eit, tunggu…alon-alon jangan grusa-grusu. Dilihat dari sisi mana   dulu?. Teknologi?…jelas kalah. Tenaga? Diatas kertas sedikit unggul. Desain?…wis ora usah ditanya soal itu siapapun bakal mengiyakan. Terus….apa dong??. Material brosis. Secara kasat mata tidak kelihatan…namun jika sampeyan meraba dengan tangan…mengetuk serta memperhatikan…ternyata ada beberapa poin yang dikurangi. Seperti dituturkan bro Pilotgaruda via Youtube,  yang paling kentara adalah pelk. Untuk karbu…Ninja masih dibekali Enkei sedang versi injeksi berganti Chemco. Begitu pula trim atau penyekat antara batas fairing dan body…kini makin tipis serta terkesan fragile. Jauh jika dibandingkan dengan Ninja lawas yang tebal dan solid. Kemudian tutup sproket depan pada crankcase engine. Pada versi injeksi, pihak Kawasaki mengganti dengan bahan semacam resin tebal. Hal ini beda dengan varian karbu yang dibekali metal kokoh. Tipisnya material juga dijumpai pada spatbor, cover chain serta beberapa area yang bisa sampeyan intip divideo terlampir…..

Tentu saja gen anyar banyak kelebihannya. Diluar fitur desain dan teknologi, pada paket pembelian….Kawasaki juga memberikan kunci setelan shock untuk mengatur kekerasan suspensi. Namun fakta bahwa beberapa part terjadi penurunan kualitas menjadikan Ninja lawas tetap mempunyai value tinggi. So buat penunggang Ninin Karbu…jangan berkecil hati sebab tunggangan sampeyan ternyata tidak kalah dalam hal material. Dan tindakan Kawasaki adalah salah satu tindakan umum untuk menekan cost produksi agar konsumen mendapatkan harga yang kompetitif. Namun…jangan salah, setipis-tipisnya Ninja material pabrikan genk ijo tetap diatas rata-rata. Dipakai tahunan jarang ada getar atau goyang. Last….monggo intip video ulasan dari bro Pilotgaruda dibawah untuk menjadi acuan brosis semua sebelum memutuskan ganti dengan Ninja 250 FI. Semoga berguna…..(iwb)

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=rXdE_2p6pCU&feature=plcp]

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!