iklan iwb
iklan iwb

Kawasaki….tanpa banyak ba bi bu membikin gebrakan meluncurkan generasi Ninja 250R FI. Perubahan yang membuat seluruh biker tertegun. Desain agresif serba menyudut menjadikan gen anyar jauh melompat dari perkiraan. Tidak mengagetkan jika motor ini menjadi topik utama serta bahan perbincangan baik dimedia, ataupun Blogger. Tidak satupun mengingkari bahwa Kawasaki telah melakukan pekerjaaannya dengan sempurna……

Desain digarap langsung oleh Keishi Fukumoto. Menjabat sebagai senior manager styling & design concept yang tergabung dalam R & D Division, Fukumoto mengatakan….fairing depan tetap mempertahankan “Family face” Ninja. Doi terlibat untuk meracik bagian shock braker depan, knalpot,  foot step, pelk, dan stoplamp.Tarikan tegas serba menyudut serta dimensi diukur sedemikian rupa disesuikan dengan postur tubuh Asia, Eropa ataupun Amerika. Semuanya digarap secara presisi sehingga bakal nyaman dipakai lintas negara. Desain seakan tanpa nyawa tanpa dibarengi revisi engine. Nah…disinilah kelebihan versi 2013!

Seperti yang dituturkan oleh Kunihiro Tanaka (Chief Engineer Kawasaki) dalam video officially Kawi….engine berubah total dengan peningkatan disegala sisi. Kawasaki Ninja 250R FI begitu mantap dipacu sehingga tetap smooth hingga mencapai limiter. Kelemahan motor pada umumnya….pada saat dekat limiter, pengendara harus merasakan untuk ganti gigi. Inilah yang dibidik oleh Tanaka. Dan…sejak awal mereka tidak mengalami keraguan untuk membuatnya “harus begini”. Hasil akhir….gen anyar memang lebih bertenaga dibanding gen lawas.

iklan iwb

Fakta tentang Ninja 250R FI :

1. Desain lebih tajam mengambil nyawa ZX series. Diklaim makin aerodinamis serta membantu cooling sistem secara maksimal karena hawa panas dialirkan kebawah.

2. Ban dan pelk berubah. Ukuran karet bundar kini depan 110/70–17 M/C dan yang belakang pakai 140/70–17 M/C.

3. Terdapar tombol pass untuk menyalip pada panel stang.

4. Fitur ABS (antilock Brake System) membuat pengereman lebih aman.

5. Fuel Injection dengan dua katup throttle body (Keihin)

6. Tenaga meningkat menjadi 32 PS pada 11.000 rpm serta torsi 21 Nm

7. Engine menggunakan silinder blok dan piston tipe casting aluminium (plating sleeveless) seperti yang dipakai supersport bike Kawasaki. Pada gen anyar kini juga dibekali balancer untuk mengurangi vibrasi.

8. Frame direvisi ulang Lebih rigid. Kawasaki mengatakan mounting dibeberapa tempat juga ditambah untuk mereduksi getaran.

Dengan dirilisnya versi FI, dipastikan versi karbu disuntik mati. Yang membanggakan, Kawasaki Japan memutuskan Indonesia sebagai negara pertama tempat peluncuran. Alasannya…karena 40% penjualan global pararel engine ternyata disumbang dari sini. Hhhmm….mantep euy.

Yup….Ninja 250R FI saat ini sedang menjadi buah bibir. Desain apik serta perombakan mesin diyakini bakal memantapkan posisinya sebagai raja dikelas 250cc. Menurut opini pribadi…sudah seharusnya Honda merespon manuver genk ijo sesegera mungkin sebab tidak bisa diingkari…dengan munculnya baby ZX membuat gaung CBR250R semakin tenggelam. Last…berikut opsi color sininin yang resmi dikeluarkan oleh Kawasaki Jepang. Mana yang sampeyan suka??…..(iwb)

Color Ninja 250R FI 2013

Lime Green

Lime Green/Ebony (Special Edition)

Ebony

Ebony/Metallic Moondust Gray

Passion Red

Passion Red / Stardust White (Special Edition)

Pearl Stardust White

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!