iklan iwb

Pasca mendapatkan celotehan kepala mekanik lewat artikel lalu…IWB coba menganalisa pergerakan kedua musuh bebuyutan…Honda dan Yamaha. Merenung….mengumpulkan puzzle yang bertebaran, akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa nampaknya Yamaha sudah tahu basis engine new motorsport yang digunakan Honda untuk menjungkalkan Vixion adalah CBR 150R…..

IWB yakin…setiap pabrikan mempunyai telik sandi. Dan IWB juga yakin….masing-masing department terkait selalu memantau berita dari media atupun Blogger otomotif untuk sekedar mencari berita, bahan evaluasi serta menggali data yang kemudian dikumpulkan sebagai database untuk melakukan counter back dalam bentuk R & D project. Nah…walau belum confirm bukan tidak mungkin keputusan Yamaha mengkloning kekuatan mesin generasi R15 diakibatkan tuntutan keadaan. Fakta bahwa Honda bakal brojolin motorsport ber-mesin CBR150R merupakan sesuatu yang tidak boleh dianggap remeh. Jika ngotot dengan mengandalkan kekuatan mesin sekarang….jelas engine gen lawas bukan lawan Honda K15* nantinya…..

iklan iwb

Secara fisik engine…sebenarnya kita sudah bisa meraba bahwa gen anyar memang mendapatkan improvisasi. Monggo sampeyan cek gambar hasil komparasi bro overgear serta kiriman bro Gerry Yogya terlampir….terjadi perbedaan outlet manifold. Yup….diduga YIMM sudah mencangkokkan O2 sensor untuk menjamin kesempurnaan emisi gas buang. Salah satu nilai plus yang tidak didapatkan pada Vixy lawas. Ikhtiar YIMM untuk mencangkokkan kekuatan R15 V2 juga semakin kuat jika kiat sudi melirik manuver YIMM atas produk bebek JupiterZ1. Insinyur Jepang sekelas Mr. Takeda saja mampu digotong kesini…apalagi teknisi Jepang India, cingcai brosis…..

Basis engine Honda CBR150 yang bakal brojol dengan rupa anyar berkode K15* dilawan dengan basis engine R15 V2 lewat penjelmaan New Vixion sangat masuk akal. Tiada jalan lain dan memang kudu ditempuh…kalau tidak ingin Vixion terlihat inferior dibanding produk kompetitor. Sayang…sejauh ini motorsport yang biasa kita sebut teralis ini dikekepin habis-habisan takut diendus lawan. Entahlah…apakah AHM betul-betul ingin memberikan kejutan kepada para biker tanah air??. Atau memang produk sendiri masih berupa prototipe tanpa wujud?….tidak ada yang tahu. Mosok IWB harus nyewa helikopter buat terbang mematai-matai sirkuit pribadi AHM diCikarang…kan yo ora mungkin to bro :mrgreen: .

Last….kondisi saat ini terkesan tidak imbang, new Vixy lebih gamblang sementara secara desain Honda teralis belum terdeteksi sama sekali. Semoga kedepan AHM berbaik hati dengan sedikit memberikan clue atau petunjuk transparan sehingga tidak dianggap hanya fatamorgana. Ada komentar brosis??……(iwb)

747 COMMENTS

  1. sementara saya tetap pegang new vixion sbg juara. soale doch itu disinyalir boros. eh hampir sama ajah tuh ma performa r15.

  2. new vixion: mesin pengembangan r15v2 (peningkatan)
    trelis: mesin downgrade cbr 150 (penurunan)

  3. 14. @Jipan23
    monggo mas di intip tuh di sirkuite AHM di cikarang, sapa tau bisa dapt penampakan si teralis……pake tangga mas taruh kameranya pas….xixixiixxixxi

  4. @21. radentono

    Disebelah mana sih circuitnya??? adanya Pabrik ketiga AHM aja di MM2100. mungkin tengah malem kali ya ditest di jalan kawasan Insustri yang lega dan mulus bgt jalanya. atau di daerah Deltamas km 37 tol cikampek secara dsitu sering diadain roadrace or balapan liar, btw klo ada circuit resmi di deltamas pasti mirip sepang, pas pinggir jalan tol cikampek.. hahahahaha

  5. Klo Yamaha kelihatannya udah PeDe dengan New Vixion, sebab masyarakat umum udah tahu kelebihan dan kekurangan Vixion lama. Segala kelabihannya dipertahankan dan sedikit ditingkatkan sedangkan semua kekurangan sudah berusaha ditingkatkan. Konsumen setia cukup banyak.
    Teralis alias K15* ?Pasti menunggu New Vixion rilis, mengintip powernya (ini pasti yg paling utama). Ga lucu khan DOHC powernya kalah sama SOHC, meski cma 0,8 DK

  6. 5. ariev_dunkta – Juli 24, 2012

    new vixion: mesin pengembangan r15v2 (peningkatan)
    trelis: mesin downgrade cbr 150 (penurunan)
    —————————————————————————–
    setuju !!!!!!!!

  7. 25. “ngelindur” – Juli 24, 2012

    YIMM Teteeep SOHC? 😉
    Teknologi MotoGP Getooh? 😛
    Taun Piroooo? 😆
    ———————————————————————————
    kan udah ada CBR 150 DOHC… ya mw gak mw SOHC… gak mungkin pabrikan jepang HTH om…

    🙂

  8. @22.jipan23

    monggo tanya sama mas iwan tuh…kali dianya tau mana sirkuit pribadinya ahm di cikarang, soale aku mbene krungu ene sirkuit peibadine AHM kui bro….:)

  9. Masa Mesin Overstroke (sport rasa bebek/sport wannabe) SOHC di vision dibandingin sama Mesin sport murni Overbore DOHC di CBR ??? …apalagi torsi mesin CBR150 yang ada di teralis di boost tinggi 😀

  10. pantesan motor nya honda rata2 bodi ambrol, lah di test di sirkuit pribadi, pasti aspalnya bagus, otomatis bodi awet, berkebalikan dengan aspal jalanan umum, bodi geter2 semua, sampe stop lamp aja renggang, wkwkwkwkwwk..

  11. dohc maupun sohc, punya kelebihan dan kelemahan masing-masing…

    mariodevan.wordpress.com/2012/07/24/2012-scorpion-exo-300-air-judge-dread/

  12. Walau bagaimanapun, market share vixion/new vixion sangat berpotensi untuk terbagi dengan kompetitor, untuk kategori design/value “bagus” minimal 30% market share vixion/new vixion akan terbagi dengan si teralis, bahkan bisa diatas 50% jika si teralis berkategori “wah” (itupun mungkin butuh waktu lebih dari setahun, hal ini dikarenakan si teralis harus memenangkan mindset konsumen dahulu). IMHO. (Coba cek nanti di blog “Edo Rusyanto’s Traffic” beberapa bulan setelah kedua produk ini lahir).

  13. Hari gini masih ada aja yang nganggap SOHC identik dengan torsi dan DOHC identik dengan daya (HP)..
    Yang menentukan torsi maupun daya itu karakter mesin, Bore x Stroke nya..
    Apakah overbore, square, atau overstroke..

Comments are closed.