iklan iwb
iklan iwb

Dalam sebuah balapan…braking atau biasa disebut pengereman merupakan komponen vital bagi para pembalap. Dibutuhkan skill mumpuni serta motor dengan tingkat kestabilan terbaik agar titik pengereman bisa sedekat mungkin ditikungan. Untuk soal ini…ternyata dalam data yang direkam Brembo, pembalap HRC Stoner menempati posisi sebagai “The Best Braker” diMugello…

Kendati kurang beruntung dalam balapan kemarin, Casey ternyata menjadi pembalap yang paling gigih dan mampu menghentikan kendaraannya sedekat mungkin ditikungan. Braking zone yang sulit disirkuit Mugello ditaklukkan dengan sempurna oleh doi. Berdasarkan data yang dihimpun teknisi Brembo…memasuki tikungan yang bernama San Donato, para rider melakukan decelerating dari kecepatan puncak 357km/jam turun ke 121km/jam hanya dalam hitungan 6.1detik. Waktu tersebut mampu diraih dengan jarak sekitar 327 meter. Hhmm….pakem pol mzbro!.

Sebagai informasi…pada saat pengereman ekstrim, suhu disk karbon bisa mencapai 700 °C. Wihhhh….7 kali air mendidih tuh bro. Sebuah angka yang tidak akan mampu diterima oleh metal ataupun kampas biasa. Makanya insinyur menggunakan karbon sebagai disk plate serta keramik untuk kampas. Sudah rahasia umum keramik adalah material yang sangat kuat terhadap panas. Dan keramik pula yang menjadi andalan pesawat ulang alik NASA menembus lapisan atmosfir bumi yang terkenal ganas terhadap gesekan. Jangankan besi, batu meteor aja bisa keropos menjadi serpihan kecil :mrgreen: ……

iklan iwb

Pada akhir balapan……semua data telemetri dikumpulkan dari berbagai tim. Dari sanalah Brembo mengetahui peringkat pembalap yang mempunyai tingkat pengereman terdekat dan terkuat pada balap Mugello kemarin. Hasilnya…cukup mengejutkan….Stoner menempati posisi pertama. Disusul Lorenzo kedua dan….raja late brake masa lalu kala diYamaha, Valentino Rossi. Jebule The Doctor masih tajam kendati soal handling kendaraannya masih dibawah duo Jepang.

Yup…ditangan Stoner, RC213V memang istimewa. Boleh saja hasil balapan kurang beruntung, namun soal skil dan kegigihan bertarung….tim HRC-Stoner masuk kategori teratas. Berikut sepuluh terbaik rider yang mampu memberikan pengereman sedekat mungkin ditikungan pada balap Mugello minggu kemarin…..(iwb)

Top ten “Brakers”:

1.Casey Stoner

2.Jorge Lorenzo

3.Valentino Rossi

4.Ben Spies

5.Cal Crutchlow

6.Nicky Hayden

7.Andrea Dovizioso

8.Dani Pedrosa

9.Hector Barbera

10.Randy de Punie

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!