iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..geliat roda dua tanah air memang sungguh luar biasa.  Market yang terus tumbuh membuat pabrikan lokal juga gatal ingin mencicipi gurihnya penjualan kendaraan roda dua. Banyak  pabrikan domestik bermunculan menggunakan nama-nama yang sudah tidak asing lagi. Sayang aksi copy paste desain masih sering ditemui….

Dari keseluruhan yang hadir, mungkin Minerva yang paling sukses. Walau dulu sempat dihujat atas manuvernya brojolin CBR150  “klonengan”….pelan tapi pasti visi berubah. Strategi bisnis dirombak setelah menggandeng “Sach Jerman”. Lambat laun mereka mempunyai squad sendiri untuk merancang desain. Puncak keberhasilan Minerva adalah meluncurnya Megelli 250. Motor fairing frame teralis yang didesain langsung dari Eropa. Kehadiran Fischer MRX650 juga makin mengokohkan posisi Minerva. Kendati penjualan kurang mengkilap, manuver pabrikan yang baru saja menggandung SUN motor tersebut tetap diacungi jempol….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Bukan berarti semua sudah usai. Distorsi desain pabrikan Jepang kadangkala masih terasa. Walau tidak terlihat frontal…..kreatifitaslah membuat segalanya samar. Terus bagaimana dengan yang lain??. Lebih vulgar brosis. Seperti produk terbaru dari salah satu pabrikan lokal….sekali lagi kita disuguhi aksi plagiat generasi Honda CBR series. Tidak sama plek…namun nyawa motor fairing racikan pabrikan sayap mengepak tersebut bisa dibilang 80% berada disana. Suatu tindakan yang malah bakal mencederai kredibilitas pabrikan itu sendiri dimata konsumen….

CBR series sering menjadi korban aksi plagiat…..

Kelemahan pabrikan lokal adalah ketakutan untuk berkreasi sendiri. Mereka lebih suka mendompleng untuk cari aman. Coba sampeyan intip…..berapa banyak merek lokal mengkloning motor-motor Jepang yang bertebaran ditanah air…..nyaris hampir semua. Padahal jika mereka mau sedikit berjuang….melakukan extra effort, mengalokasikan dana untuk menyewa desainer profesional, output yang didapat akan lebih manis. Lho…tapi-kan minim budget mz Iwan??. Monggo cari opsi lain. Merekrut bro-bro kita ahli design kuda besi juga boleh. Banyak koq kalau pabrikan jeli. Coretan grafis mereka tidak kalah tajam dibandingkan dengan designer profesional sekalipun….

Last.…stop lakukan plagiat kalau ingin maju. Hormati hak cipta serta independent berdiri dikaki sendiri untuk menunjukkan kualitas perusahaan. Contohlah negara India yang bangga dengan desain mereka. Tidak ada yang instan untuk mencapai puncak….semua butuh proses. Namun, itulah tolak ukur matangnya sebuah pabrikan. Jangan mau dibilang matang karbitan, ya nggak brosis :mrgreen: . So, bangkitlah motor nasional, kami semua mendukungmu…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!