iklan iwb

Bro dan sis sekalian…bukan hal mudah bagi IWB untuk melakukan komparasi desain keduanya. Selain keterbatasan bank image (thanks buat wak haji atas ijin nyomot gambarnya) angle yang berbeda membuat IWB kudu memilah satu persatu agar setidaknya bisa dijadikan gambaran brosis semua. Hot topic yang saat ini sedang menghiasi media online atau Blogger dengan brojolnya generasi baru dan Jupiter injeksi dengan kode Z1 mau tidak mau menggelitik IWB untuk membuat artikel ini. Tiada tujuan apapun selain memudahkan bagi potential buyer menjatuhkan pilihan…mana yang sreg dihati. Maklum bro, kalau cuma mbayangin bisa brodol rambute sampeyan :mrgreen: . Oke, langsung aja….

iklan iwb

Banyak yang mengatakan bahwa desain JupiterZ1 mempunyai kemiripan dengan Honda New Blade. Entahlah…kalau soal ini IWB tidak akan banyak berkomentar..mana yang menyontek. Tapi selama tidak sama plek..tentu saja kita tidak bisa judge terjadi plagiat. Terbukti ketika IWB jejerin dengan foto pendukung, keduanya memang ada kemiripan. Tarikan-tarikan yang dibenamkan kepada sikuda besi begitu identik kendati tidak bisa kita katakan sama. Mulai dari tebeng, sein, speedometer, lekuk body, headlamp, stoplamp….mempunyai kekhasan tersendiri. Semua tergantung selera. Coba mzbro intip lampu moncong depan…..New Honda Blade lebih melebar pipih sementara NJZ1 sedikit bulat kebawah.

Dalam pandangan IWB….beberapa detil kelihatan lebih cakep NJZ1, tapi disisi tertentu racikan Honda lebih oustanding. Contohnya knalpot. Cover stanless steel membungkus keseluruhan muffler membuatnya modern serta moge look. Sedang NJZ1…secara visual sedikit dibawahnya. Selain itu….peranan double disk brake juga mampu membuat NHB terlihat sporty.? Sementara jika kita melihat secara komplit dari samping, new JupiterZ1 memperlihatkan soul agresif beda dengan NHB yang agak kalem. Strengh point lainnya….walau sama-sama menganut SKS, kunci NJZ1 lebih fungsional. Jok dibuka tanpa cabut kunci…coba bandingkan NHB yang mengharuskan pengendara cabut-colok kontak….

Dari segi engine masing-masing mempunyai kelebihan teknologi. Jika Yamaha bangga dengan forged piston dan YZ crackshaft technology, maka Honda mengandalkan Honda Variabel Ignition Control yang akan memungkinkan pengapian mengikuti riding style. Kurva ignition akan diatur secara otomatis tergantung betotan gas sehingga memberikan performa serta fuel efficiency maksimal. Dengan bobot kosong 104kg, muntahan tenaga dari engine 110cc Blade mencapai 8,4ps@7500rpm, torsi 8,[email protected]. Kapasitas tanki bahan bakar 3,7liter menjadikan bebek NHB sebagai moped favorit para biker. Apalagi AHM melengkapi seabreg fitur seperti RDB, SKS, crackcase cover protector, position light inner lens, leg shield ventilation, muffler protector dan masih banyak lagi lainnya. Sementara Yamaha…mereka klaim, engine gen anyar telah dirombak total…..

Dalam jeroan new JupiterZ1, mereka merombak klep dengan ukuran lebih besar serta pemasangan cam bearing untuk meminimize gesekan. Selain itu ring piston lebih tipis serta ringan dipadukan forged piston plus YZ crackshaft dengan hollow Pin untuk optimalisasi crank balance agar mesin lebih responsif, putaran RPM lebih tinggi tapi minim vibrasi. Gen anyar juga menggunakan silinder tipe spiny sleeves yang telah sukses dipasang pada sikebo Byson. Keuntungannya…cepat melepaskan panas (better heat transfer) ketimbang silinder model konvensional. Berbagai perombakan membuat engine 115cc-nya mampu memuntahkan tenaga hingga 10,6ps@7750rpm, torque 9,9nm@6500rpm….terbesar dikelasnya!

Yang tidak kalah menarik…..perut knalpot (muffler chamber) juga direkonstruksi ulang dengan penambahan honeycomb catalyzer agar emisi gas buang memenuhi syarat Euro 3. Semua semakin sempurna setelah dipadukan dengan sistem injeksi yang dibekali oxygen sensor, engine temperatur sensor, crackshaft position sensor & AC-DC generator, TPS (throttle position sensor), IAPS (Intake air pressure sensor), dan IATS (intake air temperatur sensor). Tiga yang terakhir merupakan satu kesatuan unit dari 22mm throttle body. Jadi bagi para biker tidak perlu risau jika akan pergi ketempat pegunungan tinggi nunggang JupiterZ1 sebab sensor unit akan secara otomatis mengetahui dan melakukan adaptasi secara auto akibat perbedaan tekanan udara dan temperatur yang dikuatirkan membuat perfoma anjlok….

Yup…dari segi teknologi tidak bisa dipungkiri gen anyar Yamaha lebih menjanjikan. Begitu pula performa…walau kudu dibuktikan dulu test jalanan secara head to head. Sementara dari banderol….secara fair kita tentu belum bisa membandingkan keduanya mengingat versi karbu memang lebih murah dibandingkan injeksi. Entahlah jika kedepan ternyata Honda mampu brojolin NHB FI dengan harga sama. Desain??….buah karya Honda untuk bebek Blade ini memang masuk kategori brilian…indah dan enak dipandang mata. Dipadu sentuhan striping membuat biker dipastikan mumet untuk menjatuhkan pilihan. Sedang NJZ1 tidak kalah menawan. Campur tangan Mr. Takeda sebagai “The man behind M1 & R1” membuat gen anyar lebih agresif serta galak. So….new Honda Blade vs. New Jupiter-Z1??. pilih mana brosis??….(iwb)

Rem belakang…..NHB lebih sporty akibat RDB

Rem Depan sama-sama satu piston

View dari handgrip belakang
Stoplamp NJZ1 lebih meruncing
Angle depan sebelah kiri
Cover muffler NHB membungkus seluruh knalpot dengan bentuk semi oval, lebih modern look
View samping….NJZ1 lebih agresif
Kepala silinder kotak…NHB sudah mengaplikasi lebih dulu
View muka…garis desain sein ada kemiripan
SKS NJZ1 lebih fungsional…jok bisa dibuka tanpa cabut kunci
Crankcase engine NHB dibekali protector….NJZ1 tidak
Air fin membuat NJZ1 terlihat lebih agresif
Spek New JupiterZ1

 

Spek New Honda Blade

  • Panjang X lebar X tinggi : 1.898 x 709 x 1.080 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.227 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Berat kosong : 104 kg
  • Tipe rangka : Tulang punggung
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker ganda
  • Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
  • Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
  • Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
  • Diameter x langkah : 50 x 55,6 mm
  • Volume langkah : 109,1 cc
  • Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
  • Daya Maksimum : 8,4 PS (6,18 kW) / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 0,83 kgf.m (8,15 Nm) / 5.500 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 liter pada penggantian periodik
  • Kopling Otomatis : Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
  • Gigi Transmsi : 4 kecepatan rotari / bertautan tetap
  • Pola Pengoperan Gigi : N – 1 – 2 – 3 – 4 – N
  • Starter : Electric starter & kick starter
  • Aki : MF 12 V ? 3,0 Ah
  • Busi : ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9
  • Sistem Pengapian : DC – CDI, Battery

432 COMMENTS

  1. kayaknya ngeri banget nih spek engine NJZ1 …
    tapi jangan sampe tragedi mioJ terulang

    di atas kertas bagus tapi di jalanan memble

  2. kalau secara harga ga fair untuk dibandingin kenapa secara spesifikasi bisa fair?ga fair.. :mrgreen:

  3. kl gw si, desain tergantung selera , keren menurut situ, belum tentu menurut gw . yang jadi perhatian gw … ,harusnya motor baru di lock secara elektronik tenaganya ….., dibuat aturan cc- sekian max Hp tenaganya . Buat kepentingan balap bisa di unlock . karena makin banyak generasi muda yang mati sia-sia di jalan

    (bis baca anak 15 tahun mati nabrak trotoar subuh-subuh)

  4. siap2 ember Mas…. ben ra kobong nmen2..
    FBY = Jup Z juarany …buktinya (Indo & Motoprix)
    FBH = NHB paling disuka designnya ….. buktinya (Market Share)
    Ane jd pnonton aj dech… kyknya seru nich…

  5. bisa gak si najiz1 gantiin jupi burhan di ajang kwek2,,? Jgn kek najiz yg mlempem gak brani nungul :mrgreen:

  6. @ big D
    bukan mtor nya yg hrus dibatasi ini itunya. Mtor hanya bnda mati, layak ato tidaknya tergantung yg punya.
    Klo gw cenderung lebih setuju kalo pengendaranya yg perlu diberikan pengetahuan tentang how to use n safety riding.

  7. om rio nya manna… 😉
    kalau versi om rio.. pasti dach newbeled… lebih wah. btw om rio nya lagi ganti koill sama yz ya om.. biar nggak kalah ama si beled. 😛

  8. @ ciaaaa
    buahahaha
    iy om, tar low dah emergency tinggal call aj.
    Warung neh blum apa2, si tiger disinyalir dah kobong duluan 😀

  9. wkwk.. ada yg ngeles.
    masalah harga jd alasan. kalau gitu..semua komparasi nggak ada dong yg fair . kan harganya nggak ada yg sama persis. 😀

  10. Dari samping lbh racy jupi z1 dan performa juga lbh sip! walo tanpa RDB dan disinyalir harga kemahalan menurut ane wong tembus 15.xx jt, kalo disuruh milih tp gak beli vote z1.

  11. @ 67. Vario ngorok
    tuh si rio lg implan payudara, bntar lg jd ria.
    Gak mau jd sembalap lg dia, mau jd ambrelagel :D:D

  12. untuk lawan blade karbu kalo under 15juta mungkin masih wajar tp kalo lebih mending beli yg cc nya gede sekalian.. 🙁

  13. 66. RI.SpdO – Juli 17, 2012
    @ big D
    bukan mtor nya yg hrus dibatasi ini itunya. Mtor hanya bnda mati, layak ato tidaknya tergantung yg punya.
    Klo gw cenderung lebih setuju kalo pengendaranya yg perlu diberikan pengetahuan tentang how to use n safety riding.

    Tul Om, cuma masuk nga di pikiran mereka ???

  14. JZ1 sip …..wuuzzz 120 kpj.
    NHB laris

    udah siap tempat panggangan + areng + daging
    tinggal nunggu geni 😀

  15. RI.SpdO
    pantesan.. kemarin di indoprik.. ada amberelagol bencong..mirip banget deh kayak si rio. di cermati lebih detil.. kok serasi amat ya amberella nya sama new beled. cocok githu lo. bak pinang di belah dua. bak ruas ketemu buku. wkwkw 😎

  16. variongorok
    pada Juli 17, 2012 pada
    3:31 PM wkwk.. ada yg
    ngeles.
    masalah harga
    jd alasan. kalau
    gitu..semua
    komparasi nggak ada
    dong yg fair .
    kan harganya
    nggak ada yg
    sama persis.
    _____

    mungkin harga g akan sama persis memang tp tetap harus fair donk su! Kalo selisih nya hampir 1juta gmn menurut lo?? :mrgreen:

  17. Sebagai biker muda sii ane yaa jelas pilih yg lebih agresip, lebih kencang n keeerreeeennn (syg bawa2 drum) :mrgreen:
    oya mas iwan nu piksen n teralis gmna nc kabarnya???

  18. tunggu harga resmi aja baru koar2 lg,,. Coz banyak banget fanboy2 yamaho menyesatkan yg fanatik buta! 😛

  19. true..
    trus ada yg kompare ninja ama cbr gimana tuh.. nggak fair juga dong. harga beda.. teknologi beda..karbu ama injeksi. jumlah silinder…harga. kok di kompare juga om. nggak fair juga dong oon..eh om. yach jangan bikin alasan buat ngeles dong om. 🙂

  20. secara value for money.., ane pilih Jupiter Z1, klu mslh rdb g trlalu ngaruh da .. soal nya dia mampu mengimbangi tenaga nya.. lht compare NHMP vs NYV.. NYV msh menang.. secara Z1 msh ad pendingin piston nya, etc… NHB msh ad suara ngorok nya .., bodi kurang proporsional ntr d kra 125 lg.. ya cmn 1 keunggulannya.. nama besar.. tapi apalah arti sebuah nama…. salam damai..

  21. mesen
    ngapain beli yg cc nya gede kalo horse power nya kalah ama yg cc kecil. emang nya mau diapain tuh cc. 😉

  22. 78. Big D – Juli 17, 2012

    66. RI.SpdO ? Juli 17, 2012
    @ big D
    bukan mtor nya yg hrus dibatasi ini itunya. Mtor hanya bnda mati, layak ato tidaknya tergantung yg punya.
    Klo gw cenderung lebih setuju kalo pengendaranya yg perlu diberikan pengetahuan tentang how to use n safety riding.

    Tul Om, cuma masuk nga di pikiran mereka ???
    ——————————————————————————-

    KLO RIDERNYA ALAY, NAIK honpret PUN JUGA MODE ALAY…SEKARANG BECE-nya PAKE TOPIK SAFETY RIDING WEKEKE

  23. @wariangorok..
    kok malah oot ke 250cc sich su? G usah jauh2 kan yamaho g punya kelas itu su! Lagian kan denger2 yg juara kejurnas 250cc siapa tuch?! Tp udahlah balik aja ke kwek2 lg.. :mrgreen:

  24. @true:udahlah bro orang fanfatik emang dah buta..harga satu juta dah ilang dibutakan selisih 1,6 PS..lagian PS itukan cuma “KLAIM” gak tau gmana realnya di jalan…pengalaman ane new bladeku emang sangar !!! shogun 125 r pun bisa dilibas….(tapi gak tau gmana keadaan shogunnya, masalah pengendaranya dia jelas dah geber maks shogunnya)….back to topik…orang ekonomis akan pilih nhb dibanding njz1 sedangkan orang stylis akan pilih njz1 dibanding nhb

    @variongorok: anda itu yang ngelesnya gak nyambung…cbr vs ninja apanya yang overprice???harganya juga wajar…honda cbr250 non abs harga dibawah ninja250..itupun dah jelas karena silinder ninja lebih banyak…2 vs 1…
    Nah njz1 vs nhb apanya yang mencolok perbedaannya???injeksi???forged piston??? bukankah di NHB ada fitur lebih RDB, CDI Dual Mapping juga…jika dihitung hitung tambah RDB juga lebih mahal dibandingkan dengan injeksi???nah kok lebih mahal NJZ z1???apa silinder njz1 juga ada 2????hahaha….selisihnya satu jutaan pula???kalo gak overprice apa namanya dong fiturnya???

  25. Siang :

    Saya mau nanya seputar gerobak sayur, baru beli 2 hari yang lalu ( 75 km on speedo ). Waktu ketika temen saya ngajak test sama gerobak somay (masih baru juga +/ 200km on Speedo) Kok gerobak sayur saya bisa kalah tipis sekitar 1 tampah (trek lurus sekitar 80 M) terus saya penasaran nyuruh kang odong odong untuk tes ulang, tapi hasilnya sama?? secara pribadi saya kecewe.. tidak sesuai iklan, padahal saya jual pikulan dan keranjang buah lama saya untuk pinang gerobak sayur karena powernya 10PS. Saya mohon pencerahannya dan masukannya agar bisa meng up grade gerobak sayur.

  26. jupiter ZI sudah dites di jalanan vs NHB dgn kondisi ke22nya belum ada pemakaian 500km . Kalah satu motor tuh Jupiter ZI.

  27. 91. ford – Juli 17, 2012

    panboy maho mulai beraxi!! Seppp.
    =============================================

    DOYOU MEAN mahonda?????? :mrgreen:

  28. 98. bolanhok – Juli 17, 2012

    jupiter ZI sudah dites di jalanan vs NHB dgn kondisi ke22nya belum ada pemakaian 500km . Kalah satu motor tuh Jupiter ZI.

    ==============================================

    MINTA LINKNYA DUNKKK..NTAR DIKIRA HOAXXX NGIBULLL

Comments are closed.