iklan iwb

Bro dan sis sekalian…bukan hal mudah bagi IWB untuk melakukan komparasi desain keduanya. Selain keterbatasan bank image (thanks buat wak haji atas ijin nyomot gambarnya) angle yang berbeda membuat IWB kudu memilah satu persatu agar setidaknya bisa dijadikan gambaran brosis semua. Hot topic yang saat ini sedang menghiasi media online atau Blogger dengan brojolnya generasi baru dan Jupiter injeksi dengan kode Z1 mau tidak mau menggelitik IWB untuk membuat artikel ini. Tiada tujuan apapun selain memudahkan bagi potential buyer menjatuhkan pilihan…mana yang sreg dihati. Maklum bro, kalau cuma mbayangin bisa brodol rambute sampeyan :mrgreen: . Oke, langsung aja….

iklan iwb

Banyak yang mengatakan bahwa desain JupiterZ1 mempunyai kemiripan dengan Honda New Blade. Entahlah…kalau soal ini IWB tidak akan banyak berkomentar..mana yang menyontek. Tapi selama tidak sama plek..tentu saja kita tidak bisa judge terjadi plagiat. Terbukti ketika IWB jejerin dengan foto pendukung, keduanya memang ada kemiripan. Tarikan-tarikan yang dibenamkan kepada sikuda besi begitu identik kendati tidak bisa kita katakan sama. Mulai dari tebeng, sein, speedometer, lekuk body, headlamp, stoplamp….mempunyai kekhasan tersendiri. Semua tergantung selera. Coba mzbro intip lampu moncong depan…..New Honda Blade lebih melebar pipih sementara NJZ1 sedikit bulat kebawah.

Dalam pandangan IWB….beberapa detil kelihatan lebih cakep NJZ1, tapi disisi tertentu racikan Honda lebih oustanding. Contohnya knalpot. Cover stanless steel membungkus keseluruhan muffler membuatnya modern serta moge look. Sedang NJZ1…secara visual sedikit dibawahnya. Selain itu….peranan double disk brake juga mampu membuat NHB terlihat sporty.? Sementara jika kita melihat secara komplit dari samping, new JupiterZ1 memperlihatkan soul agresif beda dengan NHB yang agak kalem. Strengh point lainnya….walau sama-sama menganut SKS, kunci NJZ1 lebih fungsional. Jok dibuka tanpa cabut kunci…coba bandingkan NHB yang mengharuskan pengendara cabut-colok kontak….

Dari segi engine masing-masing mempunyai kelebihan teknologi. Jika Yamaha bangga dengan forged piston dan YZ crackshaft technology, maka Honda mengandalkan Honda Variabel Ignition Control yang akan memungkinkan pengapian mengikuti riding style. Kurva ignition akan diatur secara otomatis tergantung betotan gas sehingga memberikan performa serta fuel efficiency maksimal. Dengan bobot kosong 104kg, muntahan tenaga dari engine 110cc Blade mencapai 8,4ps@7500rpm, torsi 8,[email protected]. Kapasitas tanki bahan bakar 3,7liter menjadikan bebek NHB sebagai moped favorit para biker. Apalagi AHM melengkapi seabreg fitur seperti RDB, SKS, crackcase cover protector, position light inner lens, leg shield ventilation, muffler protector dan masih banyak lagi lainnya. Sementara Yamaha…mereka klaim, engine gen anyar telah dirombak total…..

Dalam jeroan new JupiterZ1, mereka merombak klep dengan ukuran lebih besar serta pemasangan cam bearing untuk meminimize gesekan. Selain itu ring piston lebih tipis serta ringan dipadukan forged piston plus YZ crackshaft dengan hollow Pin untuk optimalisasi crank balance agar mesin lebih responsif, putaran RPM lebih tinggi tapi minim vibrasi. Gen anyar juga menggunakan silinder tipe spiny sleeves yang telah sukses dipasang pada sikebo Byson. Keuntungannya…cepat melepaskan panas (better heat transfer) ketimbang silinder model konvensional. Berbagai perombakan membuat engine 115cc-nya mampu memuntahkan tenaga hingga 10,6ps@7750rpm, torque 9,9nm@6500rpm….terbesar dikelasnya!

Yang tidak kalah menarik…..perut knalpot (muffler chamber) juga direkonstruksi ulang dengan penambahan honeycomb catalyzer agar emisi gas buang memenuhi syarat Euro 3. Semua semakin sempurna setelah dipadukan dengan sistem injeksi yang dibekali oxygen sensor, engine temperatur sensor, crackshaft position sensor & AC-DC generator, TPS (throttle position sensor), IAPS (Intake air pressure sensor), dan IATS (intake air temperatur sensor). Tiga yang terakhir merupakan satu kesatuan unit dari 22mm throttle body. Jadi bagi para biker tidak perlu risau jika akan pergi ketempat pegunungan tinggi nunggang JupiterZ1 sebab sensor unit akan secara otomatis mengetahui dan melakukan adaptasi secara auto akibat perbedaan tekanan udara dan temperatur yang dikuatirkan membuat perfoma anjlok….

Yup…dari segi teknologi tidak bisa dipungkiri gen anyar Yamaha lebih menjanjikan. Begitu pula performa…walau kudu dibuktikan dulu test jalanan secara head to head. Sementara dari banderol….secara fair kita tentu belum bisa membandingkan keduanya mengingat versi karbu memang lebih murah dibandingkan injeksi. Entahlah jika kedepan ternyata Honda mampu brojolin NHB FI dengan harga sama. Desain??….buah karya Honda untuk bebek Blade ini memang masuk kategori brilian…indah dan enak dipandang mata. Dipadu sentuhan striping membuat biker dipastikan mumet untuk menjatuhkan pilihan. Sedang NJZ1 tidak kalah menawan. Campur tangan Mr. Takeda sebagai “The man behind M1 & R1” membuat gen anyar lebih agresif serta galak. So….new Honda Blade vs. New Jupiter-Z1??. pilih mana brosis??….(iwb)

Rem belakang…..NHB lebih sporty akibat RDB

Rem Depan sama-sama satu piston

View dari handgrip belakang
Stoplamp NJZ1 lebih meruncing
Angle depan sebelah kiri
Cover muffler NHB membungkus seluruh knalpot dengan bentuk semi oval, lebih modern look
View samping….NJZ1 lebih agresif
Kepala silinder kotak…NHB sudah mengaplikasi lebih dulu
View muka…garis desain sein ada kemiripan
SKS NJZ1 lebih fungsional…jok bisa dibuka tanpa cabut kunci
Crankcase engine NHB dibekali protector….NJZ1 tidak
Air fin membuat NJZ1 terlihat lebih agresif
Spek New JupiterZ1

 

Spek New Honda Blade

  • Panjang X lebar X tinggi : 1.898 x 709 x 1.080 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.227 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 135 mm
  • Berat kosong : 104 kg
  • Tipe rangka : Tulang punggung
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker ganda
  • Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
  • Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
  • Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, SOHC
  • Diameter x langkah : 50 x 55,6 mm
  • Volume langkah : 109,1 cc
  • Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
  • Daya Maksimum : 8,4 PS (6,18 kW) / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 0,83 kgf.m (8,15 Nm) / 5.500 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,8 liter pada penggantian periodik
  • Kopling Otomatis : Ganda, otomatis, sentrifugal, tipe basah
  • Gigi Transmsi : 4 kecepatan rotari / bertautan tetap
  • Pola Pengoperan Gigi : N – 1 – 2 – 3 – 4 – N
  • Starter : Electric starter & kick starter
  • Aki : MF 12 V ? 3,0 Ah
  • Busi : ND U20EPR9, NGK CPR6EA-9
  • Sistem Pengapian : DC – CDI, Battery

432 COMMENTS

  1. pas waktu NJZ baru launching apa yamaha ga niat perbaiki itu kekurangan RDB ya ?
    kan udah kalah dari gen lama..
    seharusnya pas keluar yg baru lgsg d perbaiki..
    ini malah d biarin

    Share Bisnis Online Yang Dijamin bisa menghasilkan asal anda berusaha..
    Daripada nga ada kerjaan bisa di coba” dulu..
    mudah kok modal kemampuan promosi saja..

    gratis-bisnisonlinee.blogspot.com/

  2. Jadi inget kata2 mas iwan : “Jupiter Z1 Semuanya begitu mengalir menjadi satu kesatuan karya seni yang indah. Brilian?.”

    Desain Z1 ini memang keren, futiristik dan menyatu gak kepotong potong seperti potongan puzzle.. Yamaha memang jago kalau desain produk

  3. Ane lebih prefer ke NHB, berasa lebih “eyelooking” *pendapat aku..

    Moga ga kobong ni artikel..

  4. nhb widih……on spedo 86kpj
    z1 on spido 120kpj

    widih…..gila gak tuh…. lawan nya ceeesswan nih…

  5. nanti new xeon pake mesin gen-re Z1 ini gak seh? trus test ecr 40 ni motor bagaimana? kalau kenceng tapi boros ya segmennya dikit.

  6. ibarat cwek NJZ1 tinggi ramping bak pragawati….
    ibarat cwek NHB tdk terlalu tinggi semok ndut dikit…

  7. 28. one – Juli 17, 2012

    gk ada yg menang gk ada yg kalah?
    pnya lekuk design masing2?
    udh jd ciri khas

    ========================
    yg memang si jepun…wakakakaakak

  8. tergantung selera mazbro….soale manusia gak ada puasnya dikasih ini kurang itu, lawong teknologi tiap detik semakin maju mazbro jadi jangan heran tiap pabrikan pastinya punya inovasi2 tertentu buat tampil beda dan digemari pecinta roda dua…hehehehe…pissssssssssss

  9. harusnya sekalian kapasitas mesin ama pemasok bbmnya disamain biar gak ada alasan menang en kalah karena beda kapasitas ato pemasok bbm…kayaknya lebih fair dech…soalnya kok salah satu kayak menghindari face 2 face kapasitas mesin….yg satu naik ke 110 cc yg lain naik ke 115 cc….yg satu karburator en yg lain uda injeksi….tunggu saatnya aja dech…yg jelas harganya harus masuk akal sesuai dgn fitur masing2

  10. kalau gw nilai sih desain jupiter z1 itu emang lebih baik, ya lebih apik lah cuman kurangnya di buntut yang terlihat kepanjangan, kayak ga sepadan aja gitu sama sumbu roda, disini keliatan maksanya. kalau blade sih desainnya maksa, yang paling ketara maksa ya fairing/sayap dan stoplampnya itu loh. looks cheap krn desainnya maksa.

Comments are closed.