iklan iwb

Mengakhiri paruh pertama tahun 2012, AHM berhasil meningkatkan pangsa pasarnya cukup signifikan menjadi 56,8% di pasar sepeda motor domestik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya 51,8%.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Juni 2012 penjualan sepeda motor di pasar domestik tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit. Dalam kondisi pasar yang melemah ini, AHM tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi 2.101.881 unit.

Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda pada semester pertama tahun ini terjadi hampir di semua segmen. Di segmen skuter otomatik, skutik Honda jauh meninggalkan para pesaingnya setelah meraih pangsa pasar 64,7% melalui angka penjualan 1.409.337 unit, melonjak 31,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1.075.336 unit atau 53,2% pangsa pasar.

iklan iwb

Di segmen skutik ini, Honda tercatat sebagai satu-satunya produsen yang mampu menikmati pertumbuhan pasar yang meningkat 7,6% dari 2.022.228 unit pada semester I 2011 menjadi 2.176.634 unit. Saat ini AHM memasarkan sejumlah model skutik, yaitu Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda Spacy Helm In PGM-FI, Honda Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda PCX 150 PGM-FI.

Di segmen bebek, AHM juga berhasil meningkatkan pangsa pasar produknya melalui beberapa model andalannya seperti Honda Supra X 125, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Absolute Revo, dan Honda New Blade. Di segmen ini pangsa pasar Honda tercatat meningkat menjadi 58,3% setelah mengantongi angka penjualan 609.932 unit. Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Honda di segmen bebek hanya 56,1%.

Dominasi Honda di segmen bebek ini jika dirinci dapat terlihat di setiap segmen. Di segmen cub mid low <125 cc, pangsa pasar AHM tercatat 53,7% setelah berhasil membukukan angka penjualan 324.456 unit. Pada Semester I 2011 tercatat pangsa pasarnya hanya 52,3%. Penguasaan Honda lebih besar terjadi di segmen cub high end >125 cc. Pada semester I tahun lalu pangsa pasarnya tercatat 63,5% sementara pada paruh pertama tahun ini tercatat 64,5% setelah berhasil mencatat angka penjualan 285.476 unit.

Di segmen sport, sepeda motor Honda juga mendapat penerimaan yang positif dari masyarakat dengan angka penjualan 82.612 unit atau 17,2% pangsa pasar. Di segmen ini AHM memasarkan Honda New Mega Pro, Honda Tiger, Honda CS1, Honda CBR 150R, dan Honda CBR 250R….(AHM PR/iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

126 COMMENTS

  1. ntar kalau banyak mtor barunya yamaha launching baru dah yamaha yang meroket

    Share Bisnis Online Yang Dijamin bisa menghasilkan asal anda berusaha..
    Daripada nga ada kerjaan bisa di coba” dulu..
    mudah kok modal kemampuan promosi saja..

    gratis-bisnisonlinee.blogspot.com/

  2. antik yah, secanggih n sekencang apapun yamaha, yang menguasai pasar indonesia tetep honda, xixixi
    bravo HONDA !!!
    you’re dead YAMAHA !!!

  3. honda gitu lhooohh …
    (siapapun pemimpin market-share, tetap Jepun pemenangnya)

    harisxyz.wordpress.com/2012/07/12/jupiter-z1-membuat-detik-com-terpeleset/

  4. Ada Hal utama yang menjadikan Market share honda di atas yamaha, yaitu kecendrungan mindset masyarakat indonesia yang menggap motor honda itu mesinnya awet, dan kebanyakan anggapan itu turun temurun diwariskan oleh nenek moyang mereka dari era jaman dulu, Tapi Lambat laun apabila Yamaha bisa memampatkan kelemahan honda, saya yakin yamaha bisa di atas angin, secara disadari atau tidak, yamaha itu produknya selalu jadi pelopor, selalu kreatif,Tengok saja kekretipan yamaha selalu di dicontek dalam tanda kutip oleh honda, salah satu contohnya ketika yamaha menepelkan tulisan ” yamaha semakin didepan ” di motogp, maka honda pun mengikuti jejak honda dengan menepelkan ” satu hati” di motogp, jupiter z oleh honda di miripkan dengan blade, vixion ketika honda tau motor ini sangat laris maka wajah honda teralispun di buat mirip dengan vixon. apabila keadaan ini terus menerus dilakukan honda maka lama kelamaan mindset masyarak kita tentang honda bisa saja berubah,,bukankah begitu….

  5. Sadis masih bisa produksi diatas 300rban AHM..hihihi, tapi masalah aftersales msih 11-12 lah yamaha bisa nyaingin AHM. sisi positif dari turunnya MS Yamaha biar petinggi yamaha juga melek dan mendengarkan konsumen juga apa kemauan konsumennya

  6. @pengamat permotoran
    rada pedes sampeyan maz,terutama di pertengahan kebawah,xixixixi

    ga menyalahkan,tapi sedikit rada terasa buat saya yang sedikit ga peduli merek(kalo ga beli honda,boleh yamaha dan sebaliknya),moga2 sampeyan ga dibomb sama orang yang ngaku FBH tapi sukanya koment ga sehat

    One Heart is full love

  7. SEKILAS PANDANGAN DIJALANA nSICH, MEMANG, jarang motor mio-j atau fino baru, awal-awal peluncuran sich banyak, tapi makin kesini dah jarang yg baru, sptnya stagnan, eforia pertama aja kayanya.

    soul gt, apalgi, jarang ngliat, plg satu dua ja pas kebetulan

    beat yang plat baru tetep banyak, sama kaya vario 125.

  8. wow…wow…

    mariodevan.wordpress.com/2012/07/11/desainer-motor-yamaha-motogp-dan-jupiter-z1-adalah-orang-yang-sama/

  9. disinyalir ada orng yg nyesek n sakit hati baca ni artikel…pdhl dh BC sekuat tenaga….(gk usah disebutin.. you know lah…)

    positifnya prsaingan ini ya konsuen smkn diuntungkan…
    tinggal pilih sesuai kebutuhan n kemampuan…hehehe

  10. Gempur terus kompetitor?. skalian matiin pabrikan terpuruk macam SUZUKI.

    ambil tempel fitur pabrikan lain, ampe yang lain kehilangan jati diri, dan idealisnya.

  11. yang dulu pake Honda, lalu beralih ke Yamaha…PASTI akan kembali lagi ke Honda…
    Udah tahu kelemahan2nya soalnya…
    Speed is not so important…karena jalanan bukanlah arena balapan.
    Tapi durability itu lebih menentukan pilihan konsumen dibandingkan speed.. disamping faktor2 lainnya spt model, keiritan dll…..
    trust me…!!

  12. YAMAHA HARUSNYA DI GANTI SLOGAN
    YAMAHA SEMAKIN NDELOSOR
    YAMAHA MASUK KERJA 2 HARI LIBUR 5 HARI ( PLANT KARAWANG)
    HONDA MASUK 7 HARI FULLLLLLL

  13. @20
    (imho)
    hmmm jika dipikir lebih jauh, pendapat anda bisa benar bisa juga tidak 100% tepat.
    Kenapa saya bisa katakan demikian, karena MS Honda sempat hampir tersalip oleh Yamaha (tahun 2007, 2008 ato 2009 ya ?? maaf lupa). Nah jika Mengikuti pendapat anda di atas, seharusnya perbedaan Margin MS Honda dan Yamaha harusnya sudah semakin kecil saat ini (Semester 1 Tahun 2012), nyatanya perbedaan MS keduanya kenapa semakin besar (setidaknya hingga saat ini, entah di semester berikutnya). Itu berarti ada suatu kegagalan di tubuh Yamaha dimana kepuasan / kepercayaan konsumen terhadap produk Yamaha memudar atau tidak sebesar tahun2 sebelumnya (mungkin juga ini hanya kesalahan strategi penjualan akibat terlalu jumawa saat MS-nya dulu hampir menyalip Honda – contoh kejumawaanya bisa dilihat pada slogan Yamaha “…yang lain semakin ketinggalan” yg kini slogan tersebut telah dihapus menjadi hanya “semakin didepan”)
    Tapi Pendapat saya ini bisa juga salah “jika” penjualan Yamaha di semester berikutnya meningkat pesat.

  14. 20. Pengamat Permotoran – Juli 12, 2012
    Ada Hal utama yang menjadikan Market share honda di atas yamaha, yaitu kecendrungan mindset masyarakat indonesia yang menggap motor honda itu mesinnya awet, dan kebanyakan anggapan itu turun temurun diwariskan oleh nenek moyang mereka dari era jaman dulu, Tapi Lambat laun apabila Yamaha bisa memampatkan kelemahan honda, saya yakin yamaha bisa di atas angin, secara disadari atau tidak, yamaha itu produknya selalu jadi pelopor, selalu kreatif,Tengok saja kekretipan yamaha selalu di dicontek dalam tanda kutip oleh honda, salah satu contohnya ketika yamaha menepelkan tulisan ? yamaha semakin didepan ? di motogp, maka honda pun mengikuti jejak honda dengan menepelkan ? satu hati? di motogp, jupiter z oleh honda di miripkan dengan blade, vixion ketika honda tau motor ini sangat laris maka wajah honda teralispun di buat mirip dengan vixon. apabila keadaan ini terus menerus dilakukan honda maka lama kelamaan mindset masyarak kita tentang honda bisa saja berubah,,bukankah begitu?.
    =================
    lambat launnya mau berapa lama lagi ?..kata “tapi” mu itu jelas baru sebatas harapan, bukan fakta…kalo cuma segedar ngasih semangat ke yamaha yaa bolehlah..kamu sekedar cheerleader untuk yamaha sekaligus meratapi nasib yamaha..yamaha udah ngap-ngapan keuangannya ngimbangin kreatifitas honda.. bukan yamaha ngga ngerti marketing, tapi pelurunya sangat sangat terbatas…ngga ada istilah nyontek dalam persaingan..semua kreatif tinggal diferensiasi nya…dan persaingan adalah perang… kalau honda bisa bunuh yamaha kenapa ngga ?…kalau….di luar negeri yamaha udah banyak yang bunuh diri….alias membangkrutkan diri…bubar sendiri….

  15. dengan angka diatas honda nggak boleh lengah apalagi pongah!!

    anggap saja sedang di posisi dua yang terus berusaha memperbaiki diri agar bisa berada di posisi satu dalam segala hal.

  16. Menurut saya, karena ROSSI (46) sudah tidak di YAMAHA.
    coba kalau masih di YAMAHA, yakin 100% nyalip penjualan HONDA.
    contohnya saya sendiri pindah dari MX ke Supra Helm In cause gak ada 46 lagi. mau beli ducati kantong gak kuat. heheheheheheh

  17. maaf2 ni ya kalo ada fans yamaha yang kurang sepaham sama pendapat saya…
    salahnya yamaha cuma satu, sombong ketika berada di atas angin. lewat slogan2 dan iklannya yang propokatif justru membuat sebagian kecil orang (termasuk saya pribadi) menjadi tidak simpatik lagi dengan yamaha. padahal dulunya saya care banget sama produk2 yamaha di banding produk honda.
    semakin kesini harga unit yamaha udah terasa over price di banding kompetitor. sementara fitur berbanding terbalik dengan kompetitor.
    harapan saya smoga yamaha bisa kembali fight seperti tahun2 yang lalu biar makin seru, konsumen makin untung.

  18. FBY semakin tutup mata dengan data penjualan motor…

    kalo gue sich gak peduli meski honda rajanya motor di indonesia…

    pilihan gue tetep, the Vario best of the best motorcycle…

  19. 43. pitung kasarung – Juli 12, 2012
    Menurut saya, karena ROSSI (46) sudah tidak di YAMAHA.
    coba kalau masih di YAMAHA, yakin 100% nyalip penjualan HONDA.
    contohnya saya sendiri pindah dari MX ke Supra Helm In cause gak ada 46 lagi. mau beli ducati kantong gak kuat. heheheheheheh
    ——————-
    ente pindah ke honda karena apa dong???????????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here