iklan iwb

Bro dan sis sekalian…perhari ini Yamaha sudah merilis jagoan anyar mereka new JupiterZ FI diSentul Bogor. Dihadiri oleh media otomotif tanah air. Untuk memperkuat gaung peluncuran, YIMM mengeluarkan press release Jupiter series. Mereka menjabarkan dengan begitu komplit tentang sejarah, pencapaian hingga transformasi total sikuda besi. Dari sekian uraian, yang menarik adalah penjabaran gen anyar yang ternyata mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft seperti yang digunakan motor trail Yamaha YZ450F. Berikut press releasenya….

Pengembangan produk-produknya yang dilakukan Yamaha terbukti selalu diterima baik di pasar Indonesia. Jupiter Z contoh inovasi tiada henti Yamaha yang memetik sukses besar bagi kebutuhan konsumen. Motor bebek 4 tak ini pengembangan dari produk sebelumnya, Crypton, Jupiter dan Vega. Jupiter Z mendongkrak pamor Yamaha sebagai produsen motor yang melahirkan produk-produk berkualitas tinggi di segmen bebek. Jupiter Z bisa dibilang layaknya Mio di kategori matik yang mengangkat nama Yamaha. Di pasaran penjualannya berkontribusi baik dan DNA racing Yamaha tersalurkan melalui karakter speed Jupiter Z yang terbangun dari mesinnya.

Metamorfosis Jupiter Z dimulai di tahun 2000. Nama awalnya Jupiter, diambil dari salah satu planet. Tiga tahun kemudian ditambahkan Z menjadi Jupiter Z di 2003. Penambahan ini karena alfabet Z adalah alfabet terakhir yang diartikan sebagai Jupiter Z memiliki teknologi paling terakhir dan terkini. Tahun 2009, menjadi tahun kelahiran generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru. Yah baru, sebab generasi Jupiter Z 2003 s/d 2009 berkapasitas mesin 110 cc, sedangkan New Jupiter Z? berbasis mesin 115 yang merupakan desain mesin baru dari Yamaha.

iklan iwb

Bukan hanya mesin yang menjadi semakin tangguh, perbedaan generasi Jupiter Z dengan New Jupiter Z juga ada pada tiga konsep desain yang cukup mencolok. Pertama desain body. New Jupiter Z mengapresiasi kemenangan Yamaha di MotoGP dengan menyematkan Design Frame Diamond berbasis konsep R1 & R6, sehingga lebih gagah, kokoh dan seimbang. Kelahirannya menjawab semua impian rakyat bikers yang mengidamkan motor tangguh untuk melintasi semua medan. Terbukti selama di tes pada event Yamaha Jupiter Amazing Tour (YJAT) 2009, dengan rute Jakarta Bali dan Jakarta Medan selama 2 minggu berturut-turut, New Jupiter Z semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Kedua, desain fisik di area speedometer yang futuristik dilengkapi LED berwarna biru yang elegan. Kegagahan New Jupiter Z semakin lengkap dengan kombinasi warna biru yang eye catching, terlebih saat malam hari. Pada bagian ini terlihat sekali tangan dingin insinyur Yamaha dalam mengemas satu kesatuan antara teknologi dan penampilan yang menarik. Dan ketiga adalah desain mesin yang berubah menjadi 115cc? dari 110cc. Inilah Yamaha, spiritnya bukan hanya mengganti casing motor untuk memenuhi keinginan rakyat bikers. Tidak tanggung-tanggung Yamaha mengganti mesin Jupiter Z dengan mesin barunya dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Bahkan bukan hanya mesin saja yang dirubah, untuk menunjang daya gedor yang mumpuni, insinyur Yamaha mengkreasikan setting karburator dilengkapi dengan Coating Enriche serta gear transmisi setting yang lebih responsif. Alhasil konsumen Indonesia dimanjakan New Jupiter Z dengan model yang stylist dan sporty design sekaligus riding feeling premium, sehingga pengguna New Jupiter Z dapat merasakan sesuatu yang berbeda di banding model sejenisnya, terlebih dengan feeling yang spontan dan smoot saat berakselerasi di setiap perpindahan kecepatannya.

Di bulan Januari 2012, Yamaha melakukan perubahan minor pada Jupiter Z white. Tampilan Jorge Lorenzo di layar kaca mempresentasikan elegan dan mewahnya New Jupiter Z white, menjadi puncak perkenalan perubahan terbaru pada motor bebek kebanggaan Yamaha itu. Warna putih kembali dipilih Yamaha untuk menciptakan tren ditambah fitur-fitur baru yang memberikan kesan sangat lelaki. Putih menjadi warna keenam Jupiter Z setelah sebelumnya tersedia warna merah, hitam, hijau, biru dan emas. Jupiter Z putih yang disebut sebagai hero bike ini dibuat paling beda yang dapat dilihat dari flasher (lampu sen) dan tail light (lampu belakang) yang warnanya diubah menjadi berefek smoke, dari sebelumnya warna silver. Sedangkan head light (lampu depan) tetap silver.

Harga yang dilempar ke pasaran tidak berubah dari Jupiter Z sebelumnya, 14,6 juta rupiah on the road Jakarta dan sekitarnya. Jupiter Z white juga dilengkapi Automatic Headlight On (AHO) seperti Jupiter Z dengan lima warna sebelumnya. Lampu sen dan lampu belakang warna hitam memberikan kesan atraktif dan lebih macho khususnya akan sangat terasa di siang hari.

Lima fitur Jupiter Z white yaitu cover handle, leg shield, panel front, cover under dan cover (tengah) juga tampil beda dilihat dari warna dibandingkan dengan Jupiter Z sebelumnya yang terakhir mendapatkan perubahan minor tahun lalu. Cover handle dan leg shield Jupiter Z white berwarna putih sedangkan panel front, cover under dan cover (tengah) berwarna hitam. Jupiter Z dengan warna utama merah, hitam, emas, biru dan hijau pada panel front, cover under dan cover (tengah) sesuai warna utama sedangkan cover handle dan leg shield berwarna hitam.

Velg Jupiter Z white cast wheel (SW) atau yang dikenal awam velg racing, sama dengan Jupiter Z emas, biru dan hijau. Velg spoke wheel (SW) atau velg jari-jari digunakan pada Jupiter Z merah dan hitam. ?Jupiter Z putih berwarna lebih putih atau bright. Yamaha memang menargetkan semua motornya akan memiliki warna putih yang lebih terang. Warna putih menampilkan kesan elegan dan mewah, tambah istimewa untuk Jupiter Z untuk mengangkat imej motor dengan kecepatan yang sudah teruji di lintasan sirkuit kompetisi-kompetisi balap nasional yang memberikan prestasi gemilang bagi Yamaha,? terang Indra.

Di tengah derasnya penjualan dan trek matik di pasar otomotif roda dua Tanah Air, Yamaha melakukan inovasi terbaru spektakuler untuk motor bebek perdananya berteknologi Fuel Injection (FI). Dari hasil inovasi itu lahir All New Jupiter Z1 tetap dengan karakter cepat namun memiliki mesin baru dan berteknologi FI, sesuai taglinenya Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi dan key message Mesin Baru, Fuel Injection, Performa Semakin Dahsyat.

Mesin baru All New Jupiter Z1 membuat performance-nya meningkat 20 persen karena mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston. YZ Crankshaft Technology meningkatkan akselerasi dan torsi, sudah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F. All New Jupiter Z1 yang diluncurkan Yamaha kian sempurna dengan Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Forged Piston yang memiliki daya tahan tinggi dan ringan sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi.

Mesin baru All New Jupiter Z1 juga didukung teknologi Fuel Injection yang membentuk high performance karena akselerasi yang lebih responsif dan pastinya makin canggih buat balapan. Kecanggihan teknologi FI semakin menyempurnakan All New Jupiter Z1 yang kesohor dengan karakter kecepatannya. Identitas speed ini bisa dibuktikan lewat akselerasi responsif dalam kondisi apapun (low-middle-high performance). Kecepatan dan performance All New Jupiter Z1 dilengkapi bodi motornya yang didesain lebih efisien untuk menembus angin. Mudah bermanuver dan menikung meskipun saat traffic jam.

Dengan All New Jupiter Z1, feeling berkendara semakin nyaman sebab perpindahan gigi dan suara mesin lebih halus. Suara knalpot yang lebih bertenaga membuat pengendara lebih gagah saat menunggangi All New Jupiter Z1. Feel seperti itu yang disebut Yamaha premium riding feeling. Keunggulan All New Jupiter Z1 lainnya yaitu perawatan lebih mudah pastinya disukai konsumen.

All New Jupiter Z1 benar-benar fantastis dari mesin, teknologi serta striping dan warna baru. Grafisnya bertemakan gold metal dragon heart (naga emas dari emas yang tengah mencakar). Naga emas metal ini diibaratkan seperti naga robot yang dihidupkan teknologi FI yang canggih dan futuristik. Yamaha mengambil elemen material metal untuk memperkuat kesan canggih modern. Grafis unik All New Jupiter Z1 disematkan pada cover side dan leg shield. Desain pada tubuh All New Jupiter Z1 bertambah menarik dengan tulisan Fuel Injection pada leg shield kanan dan kiri. Lalu di dekat front panel ada stiker Jupiter Z1.

Untuk menyegarkan tampilan All New Jupiter Z1, hero bike warna putih dibuat beda sendiri dengan tiga warna, dasarnya putih dikombinasikan dengan merah dan hitam. Warna merah ditempatkan pada center backbone, ini pertama kalinya warna merah ada di bagian itu untuk motor bebek di Indonesia. Merah menggambarkan kecanggihan FI. Yamaha menggunakan ini untuk All New Jupiter Z1, motor bebek pertamanya dengan mesin injeksi.

Warna putih kombinasi merah dan hitam hanya buat All New Jupiter Z1 CW (Cast Wheel). Varian velg racing itu tersedia juga empat warna lainnya, biru kombinasi warna hitam, hitam dengan hitam, hijau hitam dan merah hitam. Untuk empat warna itu bagian centre backbone nya berwarna hitam. Fiturnya pun makin kaya dan bergaya dengan pinstripe berwarna merah buat All New Jupiter Z1 CW warna merah, hitam dan putih. Sedangkan All New Jupiter Z1 CW warna biru dan hijau pinstripe nya dipilih berwarna putih. Yamaha juga menyediakan All New Jupiter Z1 Spoke Wheel (velg jari-jari) warna hitam kombinasi hitam dan warna merah kombinasi hitam.

Yup, itulah sejarah singkat dari JupiterZ. Rasa penasaran terjawab sudah atas uraian yang begitu detil. Semua terkupas tuntas kecuali banderol. Infonya…tidak akan jauh dari angka 14-15jutaan.? Kita tunggu saja. Last…berikut foto-foto jepretan dari beberapa media online tanah air dan monggo berikan komentarnya. Maturnuwun….(YIMM PR/iwb)

Noted : Image Motorplus & Dapurpacu

164 COMMENTS

  1. Pada ngemeng kaya’ yg bikin motor aja sih gan ???
    baru sadar kenapa politik perang adu domba punya Belanda berhasil diterapkan di Indonesia
    ternyata rakyatnya klo fanatik ma sesuatu rela ngatain sebangsa & setanah air dgn umpatan2 kasar. Malah ada yg doain mati segala….Ampunilah negara Indonesia ya Allah

  2. ^ini dunia maya bro, yg komentar emang pura2 bocor!

    *padahal aslinya emang gampang otak bocor, makanya gue koment pake dengkul buat ngimbangin sales tangki bocor.

    wkwkwkwk

  3. huss oot!
    back to topix ah….

    menurut gue all new jup z fi ini gak ada bagus2nya….
    tetap lebih canggih yang tiruannya.

    😀

  4. Pantes aja klo ketemu di jalan joki bebek yamaha sm honda tdk ada yg akur,masing2 merasa motornya paling kencang.di jln raya adu kecepatan padahal pake bebek,sdh tdk ada saling menghargai.seberapa cepat sih bebek di pake di jln raya.sport aja top speed paling bisa bertahan di bawah 1 mt.hebat klo ada yg bisa tahan top speed n top rpm selama 1 mt di jln raya.

  5. Wih saya mau beli vario jadi ga jadi takut…. Soalnya motor abah RT masuk UGD jadi nunggu lagi 6 bulan lagi lihat perkembangan lagi…! Jupe mantap yg sekarang

  6. Bagus nih, semoga semakin mendapat respon yang bagus dari masyarakat. Sangat tertarik untuk desain Crankshaft yang dapat mendongkrak performa mesin. Hal ini penting sangat untuk di eksplore sehingga menjadi kelebihan tersendiri yang penting bagi strategi pemasaran mendongkrak penjualan. 🙂 orderdesign.wordpress.com

  7. yang saya salutkan dr Yamaha Indonesia adalah body set motor, kebetulan saya pengguna dua produk, produk sebelah belom lama beli bayak suara2 berisik liar di tiap sudut body motor pas dipakek, namun racikan Y Indonesia ini berbeda, lebih kuat dan ga berisik, Tahun 2011 saya jg pernah import R15 ori yamaha India, tp saya kecewa dgn kwalitas produk india tsb, kurang kuat dan cat gampang terkelupas terutama di bagian sudut / lubang baut… yaah itu sebagian kesalutan saya dr produk Yamaha Indonesia… lain ladang lain belalang… congratulation Yamaha Indonesia,

  8. FIRST RIDE : Responsif atas bawah !!!
    motorplus.otomotifnet.com/read/2012/07/10/332603/38/13/First_Ride_Yamaha_All_New_Jupiter_Z1__Responsif_Atas-Bawah_

  9. ini motor bebek terlalu kencang di kelas nya… makanya sulit laku motor Yamaha… karena terlalu kencang meskipun irit… masih mending pabrik sebelahnya…untuk kencang mesin akan memberi sinyal getar dan suara meraung pertanda kepedulian pabrikan untuk membatasi geber mesin pada RPM tinggi yang berpengaruh pada konsumsi BBM…

    makanya jangan heran kalau pabrikan itu irit dan laku keras di pasaran…

    😀

  10. baca ulasan test ridenya

    motorplus.otomotifnet.com/read/2012/07/10/332603/38/13/First_Ride_Yamaha_All_New_Jupiter_Z1__Responsif_Atas-Bawah_

    langsung ngiler pengen beli?, tapi motor dirumah ntar mau dikemanain?, cicilan blum lunas hehe?

  11. hadeh…ttp sj ga bs dbilang inovasi teknologi lah jiplak pnya nhb,toh klo brani samain cc-nya,ga prlu lbh2 cc-nya…jupiter zi,teknologi jiplak jelas mesin lbh mantap….

  12. dipersilahkan utk fanboy yamalang sekali bersenang2,happy2 dl…jgn bangga sm teknologi jiplak…toh nhb injeksi jg blm nongol,fbyamalang hrs tau jg ya,mesin supra 125 msh tipe c series,blm setipe dgn nhb andaikata tipe mesin dbuat sm dgn nhb cc 125,ya jelas bkn njz fi yg kelaut,tp bytong ma vytong jg ngikut jegur k laut.

  13. @tiger 26

    jadi YZ450 itu menjiplak teknologinya NHB ya… komeng cerdas dan smart…

    kemudian supra 125 mesin c series… berarti selama ini pabrikan idola mu itu cuma jualan baju aja + fitur dengan harga mahal???

    oooo…

    kliatan mana yang operpret mana yang gak…

    :mrgreen:

  14. Mas2. . .aq cewek 160/53,biasa nyemplak Vitrine(vixion) bapak,lha kalo disuruh milih,NZI atau NHB??

    Prioritas ke performa ya mas2,soal’e meh buat kuliah,matursuwun(ngapunten black campaign bikin ngelu)

  15. Gue suka sm lu mas roy,jadi juru bicara yamaha,lanjutkan karirmu kawan,siapa tau nanti ada tawaran lebih dari honda atau suzuki jgn di tolak.

  16. @ tiger 26

    dasar buta segala2nya lu, mata lu udah ktutup sayap mengepak Honda ya.
    atau lu sales, setiap kali komet pasti aja nyerang merek/produk klo ngga fansboy merek tetangga..

  17. @fbyasampah : roy,ciaaa (ngakunya netral batangan suka pke vytong yasampah,mobek suka pke honda,wadah…wadah ga taunya nyampah ibarat pepatah isuk keledai ups salah kedelai sore tempe)…
    @roy…ane kmblkan prnyataan ente d trit yg dl…fbh bangga dgn teknologi motogp d tiap motornya…skrg cek lg komen ente yg bangga2in njzi pke teknologi motor yzj motor trail sampah apalah …ada yg slh dgn mulut ente?!?…brti ente pke njzi serasa naik trail 450cc yamaha…wah…wah…
    ####monggo bg fbyasampah tertawa dahulu,qta liat siapa yg trtawa blkangan…sbg manusia yg teguh pendirian,malulah qta liat produk2 yg dbanggain cm ngekor teknologi plus cm dtambh injeksi…mana msh dtmbah 5cc pula…apaan tuh!…tanya jaja miharja
    😛

  18. @tiger 26
    ga tahu deh musti ngomong apa?black campaign sampeyan bikin pusing,mau beli Honda salah,beli yamaha juga tambah Salah

    BTW,teknlogi motoGP yang di motor honda apa?ngapunten ga terlalu memperhatiin iklan atau spec

  19. Liat aja nanti.
    Lha wong belum dites.
    Tentang RDB????
    Memang kecptn bebek berapa si?
    Toh dari pengguna, piranti ciet ymaha lebih enak.
    Ga pcy, coba ja dah.

  20. 122. tiger 26 – Juli 11, 2012
    @fbyasampah : roy,ciaaa (ngakunya netral batangan suka pke vytong yasampah,mobek suka pke honda,wadah?wadah ga taunya nyampah ibarat pepatah isuk keledai ups salah kedelai sore tempe)?
    @roy?ane kmblkan prnyataan ente d trit yg dl?fbh bangga dgn teknologi motogp d tiap motornya?skrg cek lg komen ente yg bangga2in njzi pke teknologi motor yzj motor trail sampah apalah ?ada yg slh dgn mulut ente?!??brti ente pke njzi serasa naik trail 450cc yamaha?wah?wah?
    ####monggo bg fbyasampah tertawa dahulu,qta liat siapa yg trtawa blkangan?sbg manusia yg teguh pendirian,malulah qta liat produk2 yg dbanggain cm ngekor teknologi plus cm dtambh injeksi?mana msh dtmbah 5cc pula?apaan tuh!?tanya jaja miharja
    ====================================================
    di jelaskan dong mas,,,teknologi mna yg di contek,,kan ni NJZI mengadopsi gen YZ yg notabene produk yamaha,,,,klo nyontek injeksinya kita jga tau siapa yg pertama kali menerapkan injeksi itu siapa,,,

  21. Saya hanya mensyukuri yg sudah ada. Y,H,S. Karena udah cukup.. Mau bli lgi g ada duit.. Tiap tahun perkembangan teknologi maju pesat, jadi liat motor sendiri keliatan jadul. Mau motor canggih kaya apapun tetep aja keujanan.. iya khan?

  22. Bagi teman teman yg suka komen di sini,suasana boleh panas tapi hati harus tetap dingin,silahkan beradu argumen,tp jangan saling menghujat.maksud gue menghujat orangnya kalo menghujat motornya silahkan.

  23. @qwerty

    itu pendapat lo, gue nyoba si meong j, masa non eco saja 37km/l
    terus econya cuma 43 km/l, gue yang dikadalin, masa injek sama karbu gak jauh beda, ya udah gue jual buat ngebeli wantufaif, meski mahal & bbmnya pertamax gue gak merasa boros tuh, sekarang ni motor meong udah ku buang jauh dari hadapanku!!!!!

  24. 131. MIO JOMPLANG – Juli 11, 2012

    @qwerty

    itu pendapat lo, gue nyoba si meong j, masa non eco saja 37km/l
    terus econya cuma 43 km/l, gue yang dikadalin, masa injek sama karbu gak jauh beda, ya udah gue jual buat ngebeli wantufaif, meski mahal & bbmnya pertamax gue gak merasa boros tuh, sekarang ni motor meong udah ku buang jauh dari hadapanku!!!!!
    ——————————————————————————–
    hoax nih…

    dikala yang laen bilang irit cuma ente yang bilang boros…

    😀

  25. ^ udah pernah nyoba sendere masih dikatain hoax????

    emang ribet bahas meong j apalagi sama fby!!!!!

  26. 134. MIO JOMPLANG – Juli 11, 2012

    ^ udah pernah nyoba sendere masih dikatain hoax????

    emang ribet bahas meong j apalagi sama fby!!!!!

    =======================
    yang ente coba apa nih?.. jangan2 si sleeper vario itu.. nih gw punya si vario 125 no pol AB 4653 NY gak percaya cek sendiri ke kantor polisi.. itu gak lebih irit dari beat punya adek gw dah.. 1 liter pertamax hanya untuk 35 km.. udah gitu baru 1000 km dagh boak balik AHASS gara-gara ngoorok..

    Soul GT adek gw nohh masih AB 2258 XY catet nih.. itu dua motor atas nama bokap semua dah.. cek ke kantor polisi dah.. si GT tetep lebih irit dibanding vario gemblung gawe stress ituu.. kalau cuma 55km/lt jabanin dahh ngebut 80 s/d 100 km/jam

  27. ^ tuhkan ketahuan, ribet bener ngomongin si meong!!!!

    lagian yang gue alamin jauh dari yang lo pikir, lagian juga nih pengalaman ane, kalo lo ngebantah gue gak protes, beda pengalaman aja, lo bilang meong boros, gue terima, lo bilang meong irit, gue terima, gue gak sakit hati sekalian kalo lo bilang ngebc!!!!!!

  28. mesin baru,rangka juga (ada bagasi),semoga ga mnyulitkan riset jz1 ini untuk bisa kompetitif/mendominsi di indoprix,/motoprix sekalipun,klo ga ya ngalamat nhb/edge sekalipun bakal gantian menguasai balapn tersebut,ya sebenrnya ini yg paling saya tunggu,2,akirnya adaregulasi wajib pake motor yg masih produksi di balapn/kejurnas,kenapa ga dari kemaren2 ya?haha

  29. @andrie dmazputra…wah,klo itu si roy yg tau
    O:-)
    @bianglala…ya pasti,honda inovatornya…cm yg ane heran,ngaku2 injeksi prtama d indo…pdhl si supra uda mulai 2005…trus roller camshaft uda ada d blade ma revo…hadah ngaku2 teknologi motor trail yzj opo wes,ribet mau nyebut
    >>>>>wajina…wadoh,bodo amat mau k jogja,bc dblog pak rt y,ane kisahkan smpe meniran ttngga ane yg bl mio jablay,jadul,jubek(bhs madura : jelek),mslh vario itu versi ente,ane yg pnya ga ngerasa boros kyk beat…ente prlu tau jg vario 125 ane jg bunyi,tp itu wkt akselerasi/tarikan sj,stlh konstan ga da tuh bunyinya…
    @konsumen : bg pembeli yg bingung…pilihlah sesuai hati nurani,jikalau suka mesin irit,bandel ya jelas honda,klo mau kualitas cat,plastik tebel,striping ya yamahal
    😉

  30. Wow ternyata powernya 10-an PS, lebih besar dari motor 125cc.
    Pantas saja Xeon yang melaju kencang disalib dengan mudah oleh Jupiter ZI saat sedang di tes. (link: chozinahmad.wordpress.com/2012/06/04/wuuusssssshhhh-sedag-asyik-asyiknya-gas-puoll-yamaha-xeon-dari-belakang-yamaha-jup-z-fi-nyalip-dg-santainya/ )

  31. @tiger 26
    lha katanya sampeyan “FBH bangga dengan Teknologi motoGP yang diterapin di TIAP MOTORNYA”?mbok disebutin(salah satu aja,misal NHB) biar jadi alasan buat konsumen buat beli awam kyak aq gini

    kog malah disuruh nanya orang yang sampeyan tuduh FBY,lha mana ngerti FBY kelebihan motor honda??

  32. termasuk nekad neh yahama,,, jualan bebek dah melorortttt juga ….
    jangan kecewa klo baru 1 bulan produksi dah off kaya sifinoy….

  33. @142. Andrie D MzPoetra

    harap maklum lulusan S1 dari hongkong, baru kenal internet, nyales juga masih cupu. dagangannya koar-koar ngatain yang lain sampah.

  34. M1, R1, Z1 …. satu gen/DNA rupanya xi xi xi ….
    (Baca otomotifnet, top speed kok cuma 110. Tapi katanya sih nampol atas-bawah …)

  35. @ anti alay.

    emang tuh yg nick namenya tiger 26,,,
    sales bacot kaga pake perhitungan,
    kata2nya sampah mlulu.
    ganti tuh nick name, bikin malu pengguna tiger aja lo..

Comments are closed.