iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…perhari ini Yamaha sudah merilis jagoan anyar mereka new JupiterZ FI diSentul Bogor. Dihadiri oleh media otomotif tanah air. Untuk memperkuat gaung peluncuran, YIMM mengeluarkan press release Jupiter series. Mereka menjabarkan dengan begitu komplit tentang sejarah, pencapaian hingga transformasi total sikuda besi. Dari sekian uraian, yang menarik adalah penjabaran gen anyar yang ternyata mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft seperti yang digunakan motor trail Yamaha YZ450F. Berikut press releasenya….

Pengembangan produk-produknya yang dilakukan Yamaha terbukti selalu diterima baik di pasar Indonesia. Jupiter Z contoh inovasi tiada henti Yamaha yang memetik sukses besar bagi kebutuhan konsumen. Motor bebek 4 tak ini pengembangan dari produk sebelumnya, Crypton, Jupiter dan Vega. Jupiter Z mendongkrak pamor Yamaha sebagai produsen motor yang melahirkan produk-produk berkualitas tinggi di segmen bebek. Jupiter Z bisa dibilang layaknya Mio di kategori matik yang mengangkat nama Yamaha. Di pasaran penjualannya berkontribusi baik dan DNA racing Yamaha tersalurkan melalui karakter speed Jupiter Z yang terbangun dari mesinnya.

Metamorfosis Jupiter Z dimulai di tahun 2000. Nama awalnya Jupiter, diambil dari salah satu planet. Tiga tahun kemudian ditambahkan Z menjadi Jupiter Z di 2003. Penambahan ini karena alfabet Z adalah alfabet terakhir yang diartikan sebagai Jupiter Z memiliki teknologi paling terakhir dan terkini. Tahun 2009, menjadi tahun kelahiran generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru. Yah baru, sebab generasi Jupiter Z 2003 s/d 2009 berkapasitas mesin 110 cc, sedangkan New Jupiter Z  berbasis mesin 115 yang merupakan desain mesin baru dari Yamaha.

iklan iwb

Bukan hanya mesin yang menjadi semakin tangguh, perbedaan generasi Jupiter Z dengan New Jupiter Z juga ada pada tiga konsep desain yang cukup mencolok. Pertama desain body. New Jupiter Z mengapresiasi kemenangan Yamaha di MotoGP dengan menyematkan Design Frame Diamond berbasis konsep R1 & R6, sehingga lebih gagah, kokoh dan seimbang. Kelahirannya menjawab semua impian rakyat bikers yang mengidamkan motor tangguh untuk melintasi semua medan. Terbukti selama di tes pada event Yamaha Jupiter Amazing Tour (YJAT) 2009, dengan rute Jakarta Bali dan Jakarta Medan selama 2 minggu berturut-turut, New Jupiter Z semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Kedua, desain fisik di area speedometer yang futuristik dilengkapi LED berwarna biru yang elegan. Kegagahan New Jupiter Z semakin lengkap dengan kombinasi warna biru yang eye catching, terlebih saat malam hari. Pada bagian ini terlihat sekali tangan dingin insinyur Yamaha dalam mengemas satu kesatuan antara teknologi dan penampilan yang menarik. Dan ketiga adalah desain mesin yang berubah menjadi 115cc  dari 110cc. Inilah Yamaha, spiritnya bukan hanya mengganti casing motor untuk memenuhi keinginan rakyat bikers. Tidak tanggung-tanggung Yamaha mengganti mesin Jupiter Z dengan mesin barunya dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Bahkan bukan hanya mesin saja yang dirubah, untuk menunjang daya gedor yang mumpuni, insinyur Yamaha mengkreasikan setting karburator dilengkapi dengan Coating Enriche serta gear transmisi setting yang lebih responsif. Alhasil konsumen Indonesia dimanjakan New Jupiter Z dengan model yang stylist dan sporty design sekaligus riding feeling premium, sehingga pengguna New Jupiter Z dapat merasakan sesuatu yang berbeda di banding model sejenisnya, terlebih dengan feeling yang spontan dan smoot saat berakselerasi di setiap perpindahan kecepatannya.

Di bulan Januari 2012, Yamaha melakukan perubahan minor pada Jupiter Z white. Tampilan Jorge Lorenzo di layar kaca mempresentasikan elegan dan mewahnya New Jupiter Z white, menjadi puncak perkenalan perubahan terbaru pada motor bebek kebanggaan Yamaha itu. Warna putih kembali dipilih Yamaha untuk menciptakan tren ditambah fitur-fitur baru yang memberikan kesan sangat lelaki. Putih menjadi warna keenam Jupiter Z setelah sebelumnya tersedia warna merah, hitam, hijau, biru dan emas. Jupiter Z putih yang disebut sebagai hero bike ini dibuat paling beda yang dapat dilihat dari flasher (lampu sen) dan tail light (lampu belakang) yang warnanya diubah menjadi berefek smoke, dari sebelumnya warna silver. Sedangkan head light (lampu depan) tetap silver.

Harga yang dilempar ke pasaran tidak berubah dari Jupiter Z sebelumnya, 14,6 juta rupiah on the road Jakarta dan sekitarnya. Jupiter Z white juga dilengkapi Automatic Headlight On (AHO) seperti Jupiter Z dengan lima warna sebelumnya. Lampu sen dan lampu belakang warna hitam memberikan kesan atraktif dan lebih macho khususnya akan sangat terasa di siang hari.

Lima fitur Jupiter Z white yaitu cover handle, leg shield, panel front, cover under dan cover (tengah) juga tampil beda dilihat dari warna dibandingkan dengan Jupiter Z sebelumnya yang terakhir mendapatkan perubahan minor tahun lalu. Cover handle dan leg shield Jupiter Z white berwarna putih sedangkan panel front, cover under dan cover (tengah) berwarna hitam. Jupiter Z dengan warna utama merah, hitam, emas, biru dan hijau pada panel front, cover under dan cover (tengah) sesuai warna utama sedangkan cover handle dan leg shield berwarna hitam.

Velg Jupiter Z white cast wheel (SW) atau yang dikenal awam velg racing, sama dengan Jupiter Z emas, biru dan hijau. Velg spoke wheel (SW) atau velg jari-jari digunakan pada Jupiter Z merah dan hitam. ”Jupiter Z putih berwarna lebih putih atau bright. Yamaha memang menargetkan semua motornya akan memiliki warna putih yang lebih terang. Warna putih menampilkan kesan elegan dan mewah, tambah istimewa untuk Jupiter Z untuk mengangkat imej motor dengan kecepatan yang sudah teruji di lintasan sirkuit kompetisi-kompetisi balap nasional yang memberikan prestasi gemilang bagi Yamaha,” terang Indra.

Di tengah derasnya penjualan dan trek matik di pasar otomotif roda dua Tanah Air, Yamaha melakukan inovasi terbaru spektakuler untuk motor bebek perdananya berteknologi Fuel Injection (FI). Dari hasil inovasi itu lahir All New Jupiter Z1 tetap dengan karakter cepat namun memiliki mesin baru dan berteknologi FI, sesuai taglinenya Yang Lain Semakin Ketinggalan Lagi dan key message Mesin Baru, Fuel Injection, Performa Semakin Dahsyat.

Mesin baru All New Jupiter Z1 membuat performance-nya meningkat 20 persen karena mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology dan Forged Piston. YZ Crankshaft Technology meningkatkan akselerasi dan torsi, sudah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F. All New Jupiter Z1 yang diluncurkan Yamaha kian sempurna dengan Low Friction Technology yang memperkecil hambatan tenaga akibat gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Forged Piston yang memiliki daya tahan tinggi dan ringan sehingga mampu menyalurkan tenaga mesin yang besar serta menjadikan motor lebih mudah berakselerasi.

Mesin baru All New Jupiter Z1 juga didukung teknologi Fuel Injection yang membentuk high performance karena akselerasi yang lebih responsif dan pastinya makin canggih buat balapan. Kecanggihan teknologi FI semakin menyempurnakan All New Jupiter Z1 yang kesohor dengan karakter kecepatannya. Identitas speed ini bisa dibuktikan lewat akselerasi responsif dalam kondisi apapun (low-middle-high performance). Kecepatan dan performance All New Jupiter Z1 dilengkapi bodi motornya yang didesain lebih efisien untuk menembus angin. Mudah bermanuver dan menikung meskipun saat traffic jam.

Dengan All New Jupiter Z1, feeling berkendara semakin nyaman sebab perpindahan gigi dan suara mesin lebih halus. Suara knalpot yang lebih bertenaga membuat pengendara lebih gagah saat menunggangi All New Jupiter Z1. Feel seperti itu yang disebut Yamaha premium riding feeling. Keunggulan All New Jupiter Z1 lainnya yaitu perawatan lebih mudah pastinya disukai konsumen.

All New Jupiter Z1 benar-benar fantastis dari mesin, teknologi serta striping dan warna baru. Grafisnya bertemakan gold metal dragon heart (naga emas dari emas yang tengah mencakar). Naga emas metal ini diibaratkan seperti naga robot yang dihidupkan teknologi FI yang canggih dan futuristik. Yamaha mengambil elemen material metal untuk memperkuat kesan canggih modern. Grafis unik All New Jupiter Z1 disematkan pada cover side dan leg shield. Desain pada tubuh All New Jupiter Z1 bertambah menarik dengan tulisan Fuel Injection pada leg shield kanan dan kiri. Lalu di dekat front panel ada stiker Jupiter Z1.

Untuk menyegarkan tampilan All New Jupiter Z1, hero bike warna putih dibuat beda sendiri dengan tiga warna, dasarnya putih dikombinasikan dengan merah dan hitam. Warna merah ditempatkan pada center backbone, ini pertama kalinya warna merah ada di bagian itu untuk motor bebek di Indonesia. Merah menggambarkan kecanggihan FI. Yamaha menggunakan ini untuk All New Jupiter Z1, motor bebek pertamanya dengan mesin injeksi.

Warna putih kombinasi merah dan hitam hanya buat All New Jupiter Z1 CW (Cast Wheel). Varian velg racing itu tersedia juga empat warna lainnya, biru kombinasi warna hitam, hitam dengan hitam, hijau hitam dan merah hitam. Untuk empat warna itu bagian centre backbone nya berwarna hitam. Fiturnya pun makin kaya dan bergaya dengan pinstripe berwarna merah buat All New Jupiter Z1 CW warna merah, hitam dan putih. Sedangkan All New Jupiter Z1 CW warna biru dan hijau pinstripe nya dipilih berwarna putih. Yamaha juga menyediakan All New Jupiter Z1 Spoke Wheel (velg jari-jari) warna hitam kombinasi hitam dan warna merah kombinasi hitam.

Yup, itulah sejarah singkat dari JupiterZ. Rasa penasaran terjawab sudah atas uraian yang begitu detil. Semua terkupas tuntas kecuali banderol. Infonya…tidak akan jauh dari angka 14-15jutaan.  Kita tunggu saja. Last…berikut foto-foto jepretan dari beberapa media online tanah air dan monggo berikan komentarnya. Maturnuwun….(YIMM PR/iwb)

Noted : Image Motorplus & Dapurpacu

iklan iwb
Previous articleYamaha klaim performa new JupiterZ1 meningkat 20%…..
Next articleAHM Gelar Kontes Nasional Keterampilan Teknis Sepeda Motor
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!