iklan iwb

Bro dan sis sekalian….sungguh sulit bagi kita untuk memberikan penilaian secara jitu, mana yang terbaik diantara keduanya. Tidak bisa dipungkiri…kedua moped bike mempunyai garis desain yang identik. Jika dulu kita merasa bahwa desain Blade disengaja oleh Honda untuk ditabrakkan dengan JupiterZ series, kini secara kasat mata Yamaha melakukan hal yang sama….

Ketika IWB amati, yang paling jelas mendapatkan perombakan adalah sisi lampu sein. Dibanding versi lawas…gen anyar makin menyipit dengan tarikan tegas hingga keatas pinggir fairing. Dari gambar yang disodorkan bro overgear (thanks bro)….IWB lumayan mengernyitkan dahi, ternyata lekukan mata sein fairing begitu identik dengan Honda Blade. Identik disini tidak berarti kembar…sebab secara apik desainer Yamaha mampu membenahi lengkungan seirama dengan gurat tajam casing. Apalagi ditambah air fin didepan tengah tebeng membuat nuansa sporty begitu kuat….

iklan iwb
JupiterZ versi karbu

Aksi tabrak-tabrakan memang menjadi tren baru para pabrikan untuk memperdaya lawan. Tentu saja semua sah-sah saja selama tidak mengkloning habis-habisan seperti manuver Minerva dulu pada Honda CR150 lawas. Sedang rupa Yamaha JupiterZ1 vs Honda Blade…..kendati mirip, keduanya mempunyai nyawa dan karakter yang sangat berbeda. Bisa brosis perhatikan secara seksama mulai dari ujung tebeng, headlamp, body tengah hingga buntut….racikan Yamaha lebih agresif dan garang. Nyawa ini diperkuat dengan lekukan tajam difairing tengah serta buritan samping.? Sedang bebek Honda….terkesan lebih kalem dan elegan. Masing-masing mewakili cita rasa pabrikan yang mempunyai pendekatan berbeda dalam hal desain…..

Nah..sekarang pembahasan menuju keujung tema, yakni cakep mana antara new JupiterZ FI vs. Honda Blade??. IWB yakin, sampe urat putuspun dipastikan tidak akan ada titik temu. Kenapa? sebab semua menyangkut selera individu. Bagi yang demen motor penampilan rada galak plus teknologi injeksi……bisa vote bebek Yamaha. Tapi kalau sampeyan termasuk menyukai bebek futuristik, berdesain kalem dan elegan, monggo pilih Blade. Gampang to. Last...serius nih, jika disuruh memilih diantara keduanya, kira-kira mana yang bakal mzbro boyong kerumah untuk dijadikan tunggangan pribadi?? hayo, dijawab dengan jujurrrr :mrgreen: ….(iwb)

252 COMMENTS

  1. desain: vote Jupiter Z1
    garis desain nyambung dari depan sampai belakang, beda ama yang sebelah (maaf, desain terlalu dipaksakan).

  2. 145. Roy (Ducati Wannabe – Trellis Edition) – Juli 7, 2012

    kalo gw paling seneng mio sporty gw bersanding dengan beat, vario 110 ama spacy?

    apalg pas starter electrik? cekakakakakaa? blethak dhuarrr?. grrrrrr?.

    oh yeah? dengan santainya gw cuma klik sekali ckkkk greng?.
    ademmmm?

    bukan BC tapi emang fakta nya begitu?
    =====================================================
    kalo gw lebih seneng naik vario 125 gw bersandingan sama mio sporty..nceess ngekk..nceess ngeekk..brrmmm..

    oh yeah..dengan santainya gw cuma tingaal brrmmm…

    bukan BC tapi emang faktanya gitu..suka kayak orang asma kalo lagi ga kuat..hee

  3. dua* nya motor jelek,lemot lgi uyyy,ngapain pda ribut,bagusan jupi & blade 2009,tampilan ok,performa ga ngecewain

    :p

  4. Keren banget fairingnya berlapis :)..
    nitip lapak bang..
    Crosstourer honda terkini, akankah pertegas All New Honda Tiger
    sealandadventure.blogspot.com/2012/07/crosstourer-honda-terkini.html

  5. desain mah urusan kedua,udah sama2 sporty kok,beda2 tifis lah….
    yg penting peformanya,mana yg bener2 motor kencang,mana yg cuma ngaku2 kencang,ditunggu nih testride perbandingan kedua motor.

  6. Sama bagusnya deh, bingung milih … 😀

    nofgipiston.wordpress.com/2012/07/06/foto-yang-diperkirakan-sebagai-jupiter-z-injeksi-nongol-lagi-nih/

  7. gak suka keduanya..
    Body sama2 gambot, larinya sma2 lemot dan sma2 operpret,..
    Sma smash aja yg 110cc gampang diasepin..
    Pa lg sma yg smash titan 115cc…
    Bkalan dikentutin…
    Xixixi…

  8. NJZ desainnya makin lama makin jelek, lebih suka jupie burhan.. Andai jupie burhan di injeksikan, RDB, pasti jualan yamaha laris manis..

  9. Kalo Jupiter Z1 terkesan sporty kalo New Blade terkesan elegan, yg di sayang kn di New Blade tuh body yg bagian bawah gak nyambung (alias putus) gk kyk Jupiter Z1 dr situ kyk motor bebek biasa.

  10. @ 152. elyaz
    Masuk jaring akismet bro, sudah dilepas.
    * Tentang new Vixion kita pantengin kabar selanjutnya

  11. Pilih Z1 aja laghhh kang. Alesannya : Udah injeksi plus bodinya nggak sekurus Blade. Sayang minus RDB *Sekedar opini pribadi 🙂

  12. @ 161. Roy (Ducati Wannabe – Trellis Edition) – Juli 7, 2012
    liat disini ternyata najiz belom full riset tapi tenaga udah 23.5 dk?
    edannnn

    otosport.otomotifnet.com/read/2012/06/17/331869/59/18/Riset_Y
    ======
    ini toh link nya???? baca yg lengkap ya?

    ?Barang-barang yang untuk diriset, juga baru ada di bengkel. Jadwal balap yang padat, membuat belum sempat melakukan riset,? tuturnya. Secara spesifik pakde Heru juga menjelaskan perihal dirinya yang belum melakukan riset terhadap New Jupiter Z. Durabilitas dan daya tahan mesin bagian bawah motor tersebut, masih kurang pas untuk dijadikan mesin motor balap.

    Bagian kruk as jadi hal utama yang dianggap masih kurang pas. Itu karena dibagian tersebut saat dilakukan track wide atau diberikan beban pada bandul kruk as, hanya mampu bertahan dengan beban kurang dari 2 ton.

    Padahal di bagian yang sama pada Jupiter Z lawas, mampu bertahan saat diberikan beban sampai 4 ton. Perbedaan kekuatan tersebut membuat pakde Heru menuju sebuah kesimpulan, bahwa kruk as New Jupiter Z masih rentan dan selalu tidak bisa center. ?Kalau bawahnya belum bisa beres, bagaimana melakukan riset pada mesin bagian atas,? tuturnya. Kapan dong…?

  13. ku pilih new jupiter z1….body ramping dinamis, tenaga kencang plus injeksi, pake tromol jg dah pakem pa lagi pake kanfas RX KING sama pakem ma cakram……….blade??? agak gendut cocoknya bapak2 gak cocok anak muda

  14. kalau konsumen biasa bukan fanatik merek pasti pilih JupiterZ FI karena jelas lebih keren, seperti mas iwan bilang “JupiterZ FI..semuanya begitu mengalir menjadi satu kesatuan karya seni yang indah. Brilian?” Tapi kalau fanatik merek susah mau bentuk kayak apapun pasti pilih merk itu :mrgreen:

  15. @valto: gendut bapak2??ndak juga ah selama gendutnya sporty….lihat tuh new blade dengan baik2 gendutnya tersamarkan dengan lekukan tajamnya bodinya…jadi malah keliatan gagah kayak motor sport,..ndak keliatan gendut bapak2….
    Lagian kalo tenaganya new jupi z1 ga ada peningkata signifikan dari yang karbu mudah banget disalip new blade…. new jupi z karbu kalo boleh saya bilang motor lemot yamaha…. 🙂

  16. @juragan neon: justru konsumen fanatiklah yang akan milih new jupi z1 bro…lihat keunggulan new jupi z1 dari new blade adalah cuma harganya yang melambung selangit…new blade harga cuma 14,1 juta dah plus rdb dan performa diatas new jupi z karbu…new jupi karbu harganya gila amiiiir 14,9 juta (overpriceeee dibandingkan new blade yang sekelas dan punya lebih banyak fitur), nah yang new jupi z1 (injeksi) mau dibandrol berapa??? 16,2 juta???mending beli supra x sekalian…cc lebih gede tenaga lebih garang…
    Menurut pandanganku hanya orang “IRASIONAL” lah atau fansboy yang tetep memilih New Jupi z dibandingkan New Blade….tapi itu semua terserah kalian…uang2 kalian sendiri, saya cuma menyarankan berdasrkan pengalaman…nyesel tanggung sendiri

  17. yang jelas kalo CC kecil pake double disk emng keren, brrti lebih kenceng REMnya di banding LARInya…
    ane pilih Jupiter Zi,…
    karena Futuristik !!!!

  18. @RC110R Rider
    kenapa ngelantur kemana2 mas.. 😀 judul artikel kan perbandingan desain.. mana yang lebih cakep.. dari gambar saja terlihat mana desain yang menyatu seperti karya seni yang indah.. mana desain yang misah misah seperti potongan puzzle.. gampang toh.. kecuali fanatik merek mau desain seperti apapun pasti pilih merek itu 😀

  19. Selera orang bisa aja beda2 kok …

    nofgipiston.wordpress.com/2012/07/07/aneka-gambar-modif-motor-yamaha-byson/

  20. @juraganneon: hmmm ndak juga masbro…sumpah saya ndak terlalu fanatik merk…sebelum new blade muncul saya hampir beli new jupi mx…nah ketika new blade muncul, dan lihat ada yang versi repsol..jian langsung terhipnotis lihat penampakannya yang sporty habis..coba deh new jupi z disandingkan dengan blade racing edition (repsol)…pasti kalah jauh mas auranya…new jupi z yang semula auranya kenceng disandingkan dengan new blade repsol langsung terlihat kalem dan elegan cz kalah sporti….
    Dasarnya aja untuk versi reguler atau biasa ahm kurang pandai nempeli striping..jadinya kayak salah desain itu, motor desain lancip kok dikasih striping model elegan gitu…padahal kalo kamu tahu new blade pas polosan…mantep euy….

  21. 149. Roy (Ducati Wannabe – Trellis Edition) – Juli 7, 2012

    142. ipunk ? Juli 7, 2012

    ane dah mulai kurang tertarik ma Bebek masBro ane lgi demen ma matic or sport Bike!.. tpi klo disuuruh pilih diantara ke 2 ini ane pilih NHB? tampilan si kesannya cakepan NJZ tapi stelah kmaren arisan dirumah mertua ane liat jelas ni motor 2-2nya NJZ(karbu) n NHB bersanding berduaan! hehehehe ane tertarik ternyata NHB diliatnya ga membosankan n ga lebay body blakangnya! klo NJZ lebay n kepanjangan!.. trus yg bikin miris ternyata NJZ taun 2011 bulan 8 ga kuat starter masBro! cma bunyi cekcekcekkkkkk ga idup2! ane jga geleng2 cos motor baru! gliran NHB Jrengggg dg santainya menghidupkan mesin si yg punya(encing ane) hehehe ni bkan BC ya FBY tpi pengalaman pribadi!? gmn pengalaman ente2 masBro??.
    ???????????????????????????-
    kalo gw paling seneng mio sporty gw bersanding dengan beat, vario 110 ama spacy?

    apalg pas starter electrik? cekakakakakaa? blethak dhuarrr?. grrrrrr?.

    oh yeah? dengan santainya gw cuma klik sekali ckkkk greng?.
    ademmmm?

    bukan BC tapi emang fakta nya begitu?
    ==================================================
    tapi kok harga jual sekonnya tinggian Beat ya amsBro?… hehehehe pengalaman jual mio adek eh malah nawar beat punya bokap lebih tinggi nawarnya mio 6 jt klo beat brani 7,5 jt padahal taun yg sama! bkan BC tapi pengalaman pribadi!…. hehehehe

  22. 189. ipunk – Juli 7, 2012
    149. Roy (Ducati Wannabe ? Trellis Edition) ? Juli 7, 2012

    142. ipunk ? Juli 7, 2012

    ane dah mulai kurang tertarik ma Bebek masBro ane lgi demen ma matic or sport Bike!.. tpi klo disuuruh pilih diantara ke 2 ini ane pilih NHB? tampilan si kesannya cakepan NJZ tapi stelah kmaren arisan dirumah mertua ane liat jelas ni motor 2-2nya NJZ(karbu) n NHB bersanding berduaan! hehehehe ane tertarik ternyata NHB diliatnya ga membosankan n ga lebay body blakangnya! klo NJZ lebay n kepanjangan!.. trus yg bikin miris ternyata NJZ taun 2011 bulan 8 ga kuat starter masBro! cma bunyi cekcekcekkkkkk ga idup2! ane jga geleng2 cos motor baru! gliran NHB Jrengggg dg santainya menghidupkan mesin si yg punya(encing ane) hehehe ni bkan BC ya FBY tpi pengalaman pribadi!? gmn pengalaman ente2 masBro??.
    ???????????????????????????-
    kalo gw paling seneng mio sporty gw bersanding dengan beat, vario 110 ama spacy?

    apalg pas starter electrik? cekakakakakaa? blethak dhuarrr?. grrrrrr?.

    oh yeah? dengan santainya gw cuma klik sekali ckkkk greng?.
    ademmmm?

    bukan BC tapi emang fakta nya begitu?
    ==================================================
    tapi kok harga jual sekonnya tinggian Beat ya amsBro?? hehehehe pengalaman jual mio adek eh malah nawar beat punya bokap lebih tinggi nawarnya mio 6 jt klo beat brani 7,5 jt padahal taun yg sama! bkan BC tapi pengalaman pribadi!?. hehehehe
    ==================================================
    Kalo gen honda 110 cc ada suara bletak pas starter emang masalah buat mesin???itu kan emang ciri kas matik 110 cc honda…konstruksi mesin itu aku dah pernah baca justru bikin lebih awet dari starter biasa…tapi emang resikonya ya suara klak klak (blethak) kayak gitu..walaupun blethak tapi yang penting mesin awet..lagian bletahk e pas di starter doank…lha yamaha mio sering kasus knalpot meledak ledak ama velg peyang ???bukti nyata kayak kasus bung ipung diatas bro..harga jual beat lebih tinggi dari mio..tanya kenapa????

  23. @181. juraganneon – Juli 7, 2012
    kalau konsumen biasa bukan fanatik merek pasti pilih JupiterZ FI karena jelas lebih keren, seperti mas iwan bilang ?JupiterZ FI..semuanya begitu mengalir menjadi satu kesatuan karya seni yang indah. Brilian?? Tapi kalau fanatik merek susah mau bentuk kayak apapun pasti pilih merk itu
    =======
    ya contohnya fanatik ya ente itu…sama temen2 ente,
    gak usah menjelek2 fbh fanatik la…

    contohnya, inget kan vario techno tahun 2009 lalu jadi rookie of the year a k a best design ala juragan rondo….tetep aja bagi kaum fby dibilang kotak2 runcing2 jelek kayak robot mboseni dll…tapi selera orang Indonesa bicara lain, vartech laris cui…
    jadi, sesama fananatik jangan saling mendahului…
    artinya? sesama bus Sinar Jaya dilarang saling mendahului,
    maksudnya Safety Dulu Baru Fulus (Handoyo)…

    lagian desain itu selera mas…udah biasa kok orang bilang kepala NMP kegedean, bokong spacy gendut, buntut vega culun, klingon wagu…okeeee

  24. ^
    jadi tetep hukumnya desain itu debatable…
    begitu kata juragan rondo, jadi jangan memaksa semua orang bilang motor ini keren itu keren ono keren…tidak boleh itu

  25. ayo ayo…
    desain jupi oke kok, mantaf, blade juga mantaf…

    sayang keduanya cemprenk…apalagi si jupi…suaranya inget astrea star…wkkkk

  26. Batok lampu bagus NHB, klw tameng lampu sein/senja bagus JZ1, lampu blakang bagus JZ1, desain knalpot bagus JZ1, rem blakang bagus NHB, Striping bagus JZ1, Fitur Engine bagus JZ1, harga blm tau. itu pndapat gw.. bodo amat sama FBH or FBY.. BrandHolic…

  27. wkkwkwkkw ada mio PD stater greng dengan santai??? brukakakakkaka…. ingettt.. tuh stater susah banget.. biasa soakk tuh akiii… ditambah suara mledakkkkk kalo ngerem mendadak.. apalagi kalo cuaca adem2… duarrrrrrrrrrrr!!!… kaya mo masuk bulan puasa aja.. wkkwkwkkwkkw…. 🙄

    sadarrr woyyyyy.. fanatik ya fanatik.. tapi jangan menggoblokkan diri… wkkwkwkkwk….. jadi keliatan dodolnya kwkwkkwkw.. 🙄

  28. kalau masalah design ane vote BLADE lekuk bodynya ga lebai n membosankan kalau d lihat.

    pengalaman Tmen gw nyesel udah beli NJZ,stelah pemakaian 6 bln.udah larinya belet boros pula,rantai udah minta d potong cz stelan dah habis (pmakaian cm buat krja doang jarak 10 km pp),mau d terusin kredit makan ati.ga d terusin udah terlanjur kluar duit banyak buat cicilan + dp.

  29. kalau masalah design gw vote BLADE lekuk bodynya ga lebai n membosankan kalau d lihat.

    pengalaman Tmen gw nyesel udah beli NJZ,stelah pemakaian 6 bln.udah larinya belet boros pula,rantai udah minta d potong cz stelan dah habis (pmakaian cm buat krja doang jarak 10 km pp),mau d terusin kredit makan ati.ga d terusin udah terlanjur kluar duit banyak buat cicilan + dp.

  30. Horeeeee ane jadi komentatro ke 200…dapet hadiah apa mas iwan???new jupiter z1 aja yah…buat tandemnya new honda bladeku….aku minta yang biru aja..wkwkwkwk

Comments are closed.