iklan iwb

Harga sebuah motor terdiri dari tetek bengek berbagai pajak, biaya distribusi hingga keuntungan dealer. Makanya jangan heran per-daerah akan ditemui perbedaan cukup signifikan. Kita ambil contoh Honda CBR250R pada awal peluncuran. Jika wilayah Jakarta dilepas pada angka 39,9juta, ternyata Surabaya sudah nangkring diangka 42jutaan. Disaat itu IWB malah sempet membatin dalam hati, byuh cik larange Jawa Timur ki…beda koq dua jutaan. Tapi jebule propinsi timur pulau Jawa tersebut tidak ada apa-apanya dibanding Papua….

Price list kirim oleh sobat IWB yang berdomisili dipulau Papua, Honda CBR250R disana ternyata tembus 53,850 juta….harga yang bikin kita semua dijamin mules :mrgreen: . Berturut-turut CBR250R tipe non ABS 46,850 juta dan adiknya CBR150R mencapai 39,800juta…modiar tenan!!. Padahal dengan angka tersebut diJawa kita sudah bisa memboyong CBR250R….lha diPapua, hanya sang CBR150R. Melas tenan. Apakah hanya Honda?. Tidak mzbro, menurut infonya, seluruh motor disana rata-rata bisa beda 2-3 jutaan dibanding Jawa. Dan bagi penduduk disana kondisi adalah hal yang sudah biasa….

iklan iwb

Ketika disini ribut masalah harga, bagi penduduk Papua tidak ada pilihan lain selain tetap menerima berapapun banderol yang dipasang. Jauhnya lokasi pulau dari pusat pabrikan yang berada diJabodetabek membuat pihak pabrikan juga tak kuasa menekan harga jual. Lha biaya distribusi mahal je…nyebrang laut yang jaraknya ratusan kilometer. So…kita patut mensyukuri lokasi tempat tinggal yang masih dekat pusat.

Last…Jawa memang tidak bisa disamakan dengan Papua. Kebutuhan sembako, transportasi, alat rumah tangga serta pernik-pernik lain cenderung lebih tinggi. Untungnya sahabat-sahabat kita disana mendapatkan standar gaji lebih bagus ketimbang disini. Tapi melihat Honda CBR250R dibanderol 53,850juta…koq ya tetep mules ya bro :mrgreen: . Coba kalau harga tersebut dipasang disini, bisa dimaki-maki orang sekabupaten (bukan sekampung lagi hehehe). Btw…berapa harga diDOHC seperempat liter ditempat sampeyan? Monggo share infonya…(Iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

119 COMMENTS

    • @ irfan
      Lah…maksude yg ABS bro. Salah ketik. Thank u koreksinya :p ?????? :p ?????? :p ?????? :p

  1. eiscel

    jangan salah…. gaji karyawan yg kerja di jawa juga ada yang 3x lipat gaji karyawan papua bro…

    :mrgreen:

  2. Muara Teweh, Kalimantan Tengah:
    CBR 150 std 35.482.300
    CBR 150 Repsol 36.482.300
    CBR 250 non ABS 43.673.000
    CBR 250 ABS 50.604.000

  3. kemaren ane mudik ke kuningan tepatnya luragung.anehnya disana solar ngk ada stok,ntah siapa yg minum solar?

  4. di Batam harga sama dgn di Jawa tapi gak bisa keluar Pulau Batam coz ada Free Trade Zone (FTZ) yg bikin murah, kalo mau keluar Batam mesti bayar 20% dari harga cash di Pelabuhan. Sementara di Pulau Bintan dan kepulauan Karimun harga selisih lebih tinggi 1-2jt tapi bebas keluar masuk pulau.

  5. Sdh hampir setahun ga pulang,ga tau kalo di Jogja berapa.Kalo cm beda seratus duaratus,tar teralisnya pakai plat AB aja.

  6. katro banget seh
    g usah heran, disana biaya hidup super mahal tp pendapatan juga gedhe, contoh gaji pns (guru) disono sama aja dgn di jawa, tapi tunjangan disana bisa 6-8juta sebulan,

    ibarat bangun rumah, disana beli 1 sak semen, kalo beli dijawa bisa dapat 10 sak semen

  7. dampak negara kepulauan bro Iwan,jadinya transportasi untuk mengirim motor jadi membengkak,maka dari itu ada embel2 OTR JAKARTA,biar harganya gak rancu

  8. “Untungnya sahabat-sahabat kita disana mendapatkan standar gaji lebih bagus ketimbang disini”

    Kayaknya kurang pas nih mas IWB, soalnya gaji saya dan teman saya yang ditempatkan di Jakarta untuk instansi yang sama selisihnya adalah sebesar Tunjangan Papua Rp350.000,00 per bulan. Saya di Manokwari, Papua Barat. Tapi memang kesempatan kerja disini saya akui masih sangat-sangat luas, jual tempe penyet aj bisa laku keras, dengan keuntungan yang bisa nganter pulang kampung naik pesawat tanpa bikin kepala pusing.
    Tapi kalo pegawai kayak saya, jangankan beli montor baru, montor second aj harganya bikin cenat cenut..

  9. @peyek maksudnya dg posisi jabatan dan skill yang sama yek.. kalau kesulitan mencerna ilustrasinya bandingin aja harga bensin, lgp dan sembako.. juga berlipat 2 khan harganya… apa masih kurang jelas juga yek

  10. wow…luarangnya

    mariodevan.wordpress.com/2012/07/02/honda-telah-menyiapkan-kendaraan-untuk-reli-dakar/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here