iklan iwb
iklan iwb

Lampu…wis siapapun ora usah diterangin juga sudah tahu apa fungsinya. Selain sebagai alat penerangan, bagi kendaraan transportasi merupakan locater untuk menunjukkan posisi atau kehadiran kendaraan lain dimalam hari. Makanya jangan heran sampai pesawat terbang yang super canggih aja dibekali “lighting” pada sisi kanan-kiri sayap demi safety. Anehnya…bagi beberapa biker, lampu sepertinya sengaja dimatikan dengan tujuan yang tidak bisa kita pahami. Dan karena ulah merekalah IWB sempat dibikin jantungan….

Minimnya penerangan membuat kita harus waspada. Mata awas melihat kedepan…memperhatikan setiap pergerakan lampu sebagai tanda ada kendaraan lain didepan kita. Nah…disinilah kejadian yang membuat IWB jantungan terjadi. Nguntit mobil dari belakang…mlipir-mlipir kekanan ancang-ancang hendak mendahului. Lampu sein dinyalakan guna memberi sinyal kepada pengendara didepan atau dibelakang bahwa kita akan menyalip kendaraan lain. Kilatan cahaya mobil dan motor masih datang dari arah depan membuat IWB dengan telaten menunggu hingga aman. Akhirnya jalanan depan gelap tanda tidak ada kendaraan lain datang. Sikebo digiring kekanan…open throttle dan tiba-tiba…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Tot tottttt” suara klakson tertangkap ditelinga IWB. Sekelabat bayangan hitam nongol didepan mata. Walahhhh opo kuwiiiii??. IWB reflek ngerem dan mepet kekiri. Jebule motor mzbro. Kuda besi tanpa lampu melaju kencang. Asemmm tenan!. Motor koq ora ono lampune ki piye karepe…???. IWB sempat menangkap siluet wajah pengendara….merupakan anak muda berambut gondrong. Parahnya mereka tidak mengenakan helm sebagai perangkat safety standart. Santai aja menggeber tunggangan tanpa takut dicium kendaraan lain. Apakah bohlam mati???…

IWB tidak yakin sebab ketika diperhatikan, stop lamp atau lampu belakang juga tidak nyala. Artinya…tuas saklar memang sengaja di-Turn Off oleh sibiker. Jiannn golek ciloko tenan. Untungnya gas buang dibekali free flow muffler…lek ora dijamin sampeyan tidak bisa mendeteksi kehadirannya dikegelapan…moro-moro jedul brosis. Bisa ditebak, jika kita melaju dikecepatan tinggi pasti tabrakan tidak bisa dihindari. Sungguh berbahaya….

IWB jujur sudah beberapa kali melihat fenomena motor tanpa lampu melaju dijalanan Pekapuran Depok. Dan mirisnya…tabiat ini dilakukan oleh para anak muda usia belasan. Entah kenapa hal itu dilakukan. Apakah dengan mematikan lampu dimalam hari bakal terlihat keren dan gagah?. Atau mungkinkah nyala lampu bakal menurunkan pamornya sebagai biker sejati?. Nyleneh bro. Sebuah anggapan menyesatkan biang pencabut nyawa. So…buat siapapun, jangan pernah mengikuti tren yang salah kaprah. Penyesalan selalu datang belakangan. Iya kalau nabrak langsung bablas…..lha piye lek cacat?? Bibir pindah dijidat misalnya. Atau hidung mancung jadi pesek?? Opo ora nyesel seumur hidup??. So…santunlah berkendara dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Lampu?? Super wajib. Siang aja kudu melek..mosok malem malah merem. Piye iki????…(Iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!