iklan iwb

Bro dan sis sekalian…teka-teki tentang produk berkode K*** terus coba kita gali. Berbagai pro-kontra yang mencuat tidak membuat IWB surut guna mendapatkan setitik dua titik informasi bagi brosis semua. Dan…dari sekian sempalan, gambar sebuah part yang biasa kita sebut lengan ayun atau bahasa kerennya swing arm sukses IWB kantongi…..

Lengan ayun…..part ini adalah satu komponen tidak terpisahkan untuk mendongkrak kestabilan kuda besi. Makin rigid arm….maka diyakini kemampuan meredam berbagai gempuran serta pressure berasal roda semakin sempurna. Makanya jangan heran beberapa pabrikan sampai rela merogoh doku lebih dalam untuk mencangkokkan stabilizer atau penguat khusus dengan harapan mendapatkan handling maksimal. Cara lain biasanya ditempuh lewat desain ulang ukuran arm….diameter, shape atau bentuk & besar pipa. Tentu saja kinerja swing arm tidak bisa lepas dari kehandalan sasis, hitungan geometri, suspensi dan pernik-pernik lain. Akan tetapi arm kokoh bisa menyumbang signifikan handling sebuah motor….

Inilah yang sepertinya sedang dikejar oleh Honda atas jagoan anyarnya. Blue print terlampir jelas menggambarkan sebuah lay out lengan ayun kotak dengan diameter serta bentuk yang besar. Hhhm….sangar juga euy. Yang menarik, adaptor braket mounting suspensi ada dua….atas serta bawah. Gambar sedikit membingungkan hingga mendapatkan pencerahan dari sang sumber….

iklan iwb

Abaikan mounting bracket RDB. harusnya ada di SQUARE sebelah kiri. Ini posisi tampak bawah. Abaikan juga SQUARE yang tampak dobel, yang jelas sangat keker. Besi SQUARE nya hampir mirip punya NMP (dimensi kotak-nya) kalo di-tanya lebih bagus mana sama NMP, jelas banget lebih bagus yang ini (opini pribadi).

Byuh….opo ora makin mumet bro. Tinggal sampeyan bayangin aja komponen tersebut dikawinkan dengan rangka keseluruhan. Yup…semua sudah semakin gamblang. Headlamp, tanki, stang, frame, swing arm telah mampu kita bedah pelan-pelan. Sayang rasa penasaran belum terpuaskan selama basis desain masih gelap belum mendapatkan titik terang. Akan tetapi…banyak para pembaca warung percaya, AHM bakal nyomot dan menggabungkan beberapa desain moge Honda yang sudah eksis dibumi ini. Kita tunggu saja perkembangan bocoran lainnya. Semoga berguna….(Iwb)

171 COMMENTS

  1. Makin bikin penasaran… 😀
    Ketika Ekosistem Otomotif Timpang.
    motoroda.wordpress.com/2012/06/14/ketika-ekosistem-tak-seimbang/

  2. @ 14. Ayah AndRayy
    Susah bro…semoga saja kedepan yah
    @ 15. ndeso tenan
    Klik aja untuk memperbesar bro.

  3. Ini sih mirip bgt sama arm nya cbr150 fi, itu dudukan baut yang ada di kiri ama kanan model nya sama kaya cbr jadi hampir pasti pake rear hugger yg model nya mirip cbr150

    Tapi kok dudukan sok nya model biasa? Katanya pake prolink nih, harusnya dudukan nya ada tambahan link lagi ke bawah nih mas iwan

  4. APA JADINYA SETELAH KELUAR TERNYATA NGGAK SESUAI HARAPAN TINGGI YANG SUDAH TERLANJUR DIBAYANGKAN???

  5. kalo nggak kotak, gepeng kaya pikson
    kalau banana? mimpi lah
    pertamax7.wordpress.com/2012/06/15/honda-beat-fi-semoga-tidak-kayak-gini/

  6. @26 ya udah ga usah beli git aja kok ribet :mrgreen:
    tinggal bandingin sama new piksen sebelah

  7. yakin pake prolink? yakin ini swing arm tampak bawah? itu 4 braket dudukan baut cover rantai knp ada dibawah kalo katanya ini tampak bawah? :mrgreen:

  8. wait, jgn menghayal tinggi2, ini engine katanya turunan se-be-er, ingat kasus matik yg downgrade engine pcx, ngorok, ada harga ada rupa waqaqaqa :mrgreen:

  9. mantab….
    dengan bentuk swingarm seperti ini… bisa nambah power minimal 2dk nih….

    kalo nggak percaya… tanya aja fbh…

    • @ ayah andray & sugiedane
      Kita tunggu saja bro…
      @ abah, & genkigama
      Sama bro…saya awalnya jg bingung. Tapi cb mzbro liat secara teliti, disisi lainnya jg ada dudukan mounting braket suspensi….
      @ gendulstar
      Sorry….soale suibuk bro :mrgreen:
      @ thole
      Kita buktikan saja nanti bro

  10. Aduh mas iwan,kapan brojole?udah g tahan aku……..keburu lebaran….kasih clue nya dong kpn kira2 bisa rilis….matur suwun.

Comments are closed.