iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian….isu tentang suara ngorok pada produk Honda Vario 125 PGM FI nampaknya semakin kencang. Bisa dilihat dari forum WeloveHonda yang membuka tread khusus membahas perkara ini. Setelah coba IWB baca….dari sekian pembahasan, ada satu yang menarik perhatian yakni ulasan dari seseorang bernick name Hasibuanirfan tentang keberhasilannya menemukan pangkal permasalahan ngorok yang ternyata bersumber dari bearing, crankshaft dan crankcase…..

Secara gamblang doi menjelaskan langkah-langkah kongkrit untuk menghilangkan suara yang timbul. Berikut cuplikan yang bisa IWB copas dari Welove Honda…..

“Pada tanggal 7-6-2012, kami berhasil lagi menghilangkan suara ngorok yang berasal dari engine vario techno 125 PGM-FI. Rencananya besok (tanggal 8-6-2012) kami akan buatkan laporan Kualitas Honda (LKH)-nya ke AHM. Hari ini (tanggal 7-6-2012) merupakan unit yang ke lima yang bisa kami hilangkan suara ngorok nya. Masih ada tiga unit lagi yang harus di selesaikan. Data ukur sudah kami dapat, permasalahannya pun jadi jelas berada di mana. Salam satu hati….”

– Astra Motor Plaju/Ahass 11548 Modern Plaju-

Setelah itu, secara terperinci sang sumber melanjutkan sharing pengalamannya kepada para pengunjung forum……

iklan iwb

“Masalah suara ngorok di Vario 125 PGM-FI berada pada bearing, crankshaft dan crankcase. Prosedur mengatasinya yaitu dengan bongkar bagian drive pully, kemudian dorong as crankshaft ke arah radiator dengan menggunakan case puller kurang lebih 1mm. Kemudian drive pully dirakit kembali, ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km…..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan.”…

-WeloveHonda/forum-

Tujuan sang sumber jelas sangat mulia yakni ingin menginformasikan temuannya agar bisa berguna bagi yang lain. Maklum mzbro….menganalisa lebih berat ketimbang memperbaiki. Dan…mereka sudah melakukannya dengan sempurna. Namun konfirmasi bahwa biang ngorok berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan (bearing, crankshaft dan crankcase) tak ayal menimbulkan pertanyaan….apakah benar ada yang kurang sempurna pada produk Vario 125 PGM-FI??. Dan kenapa Honda berdiam diri??…..

Bisa dipastikan ngorok tidak akan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Tapi…tingginya keluhan dan desakan terhadap suara yang bagi beberapa konsumen lumayan mengganggu, seyogyanya ditanggapi secara serius oleh Honda. Yah…..untuk mencegah simpang siurnya informasi yang malah akan merugikan image sayap mengepak itu sendiri. Last…..bagi penunggang Vario 125 PGM-FI, bener nggak sih ada suara ngorok yang timbul pada motor sampeyan. Dan kalau iya….apakah demikian mengganggu??. Monggo berikan jawaban dan sharing pengalamannya. Maturnuwunnn…..(iwb)

Sumber : Welove Honda

iklan iwb
Previous articleJorge Lorenzo perpanjang kontrak dengan Yamaha hingga 2014!!!…
Next articleBanjir hadiah Yamaha diajang PRJ. Lumayan nih….!!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!