iklan iwb

Yamaha memimpin penjualan sepanjang Januari hingga Mei 2012 di 4 teritorry market otomotif roda dua di Tanah Air berdasarkan data AISI (Asosiasi Sepeda motor Indonesia). Paling menonjol di teritorry VII yang meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku dan Irian Jaya.)

Tiga lainnya dimana Yamaha membukukan penjualan terbanyak adalah di teritorry I (DKI Jakarta), teritorry VI (Jambi, Sumatera Selatan, Bangka, Lampung), teritorry VIII (Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur).

Di teritorry VII, Yamaha berhasil menjual 141.200 unit atau menguasai market share 57 persen sepanjang 5 bulan pertama tahun ini, dimana di Mei saja tercatat penjualan 24.084 unit (market share 57,8 persen). Mio J CW FI Teen (5.820 unit) dan Soul GT (4.164 unit) adalah penyumbang tertinggi penjualan bulan Mei di teritorry VII. Sedangkan di teritorry VIII, penjualan Yamaha mencapai 137.744 unit atau menguasai 45,7 persen market share untuk bulan Januari hingga Mei 2012. Seperti halnya di kawasan Sulawesi, Mio J Teen dan Soul GT paling berkontribusi, misalnya saja di Mei ini Soul GT terjual 3.220 unit, Mio J CW FI Teen 2.074 unit dan V-Ixion pun motor laris di sana terjual 2.403 unit. Sementara itu di teritorry VI, Yamaha memimpin dengan penjualan 151.369 unit (market share 48,1 persen) dan di teritorry I terjual 201.361 unit (market share 45,9 persen).

iklan iwb

?Dari dulu history-nya Yamaha memang unggul di Sulawesi dan Kalimantan sejak era motor 2 tak karena motor Yamaha sesuai karakter masyarakat di sana yang membutuhkan motor berkarakter sporty, kencang dan punya kualitas lainnya seperti motor yang ditawarkan Yamaha,? papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia. Selain itu, tambah Indra, karena masyarakat Sulawesi punya pride tinggi dan penghasilan tinggi sehingga mudah membeli motor. Setiap new model pasti dibeli. Bukan hanya pride dan style tapi juga untuk transportasi, motor digunakan masyarakat di Sulawesi dan Kalimantan…..(YIMM PR)

107 COMMENTS

  1. Siiip… tapi keseluruhan jauh ya mas… 🙂
    Top Speed TVS Apache 160 RTR
    motoroda.wordpress.com/2012/06/10/review-top-speed-tvs-apache-160-rtr-review-cenat-cenut-2/

  2. globalnya?
    pertamax7.wordpress.com/2012/06/08/yamaha-selangkah-lebih-maju-dalam-spareparts-dibandingkan-honda-sebuah-pendapat/

  3. pantesan d kota kandangan kalsel. Dealer yamaha ad 4 buah. Itupun klo nyervis siap” dc nunguin antrean panjang. Sdgkn dealer honda klo gk slh cumn ad satu.

  4. karena sulawesi dan kalimantan masih gelap informasi, jadi sasaran empuk tipu daya yamaho.. ditambah honda tidak lebay mempromosikan produknya di kal dan sul jadinya dikuasain yamaho dehh.. lain jadinya kalau honda lebay juga kaya yamaho..

  5. Yamahuuuuu…….
    Lagi bersandiwara
    Tapi bener kok emang jago orang2 yimm, mengolah kata2 dan seolah2 jualanya naik, padahal klu dilihat secara keseluruhan turun, salut deh buat orang2 ymm.

    salam yamahuuuuu
    semakin didepan

  6. yamaho pada Juni 11, 2012 pada 5:49 PM berkata: karena sulawesi dan kalimantan
    masih gelap informasi, jadi sasaran
    empuk tipu daya yamaho.. ditambah
    honda tidak lebay mempromosikan
    produknya di kal dan sul jadinya
    dikuasain yamaho dehh.. lain jadinya kalau honda lebay juga kaya
    yamaho..
    _______________________
    aku rasa lebih karena 3s yamaha lebih oke dc dripda honda. apa lg d era 2taknya, kmna mata memandang pasti ad f1zr a.. klo honda cumn wat tukang ojek dc kaia’x..

  7. Yamaha memang jagonya soal marketing, segala cara ditempuh untuk mengklaim sebagai merk terlaris untuk mempengaruhi publik opini. Ada saja ilmu ngless jika penjualan turun. Just my opinion,
    ini yang sesungguhnya proud2rideblog.com/2012/06/11/mengkritisi-distribusi-motor-per-wilayah-aisi-apakah-bisa-dibandingkan-antar-brand/

  8. permainan kata kata,,orang pinter pasti tidak terpengaruh..nih saya copas dari p2r
    “Dalam realese-nya, Yamaha me-review penjualan motor mereka berdasarkan teritorry atau gabungan beberapa daerah yang dihitung menjadi satu karena kesamaan area penjualan. Salah satu yang menang adalah di teritorry I DKI Jakarta. Padahal teritorry penjualan Yamaha di Jakarta yang dipegang DDS Jakarta itu meliputi area Jabodetabek, bukan cuma Jakarta doang.

    Coba sekarang bandingkan Honda untuk jualan di Jakarta dipegang Main Dealer PT Wahana Makmur Sejati. Area jualannya cuma Jakarta-Tangerang doang. Hahaha?. ya pasti kalah kalo dibandingkan Yamaha. Luas area penjualannya aja beda.

    Penjualan Honda untuk Bekasi dan Depok yang jualannya tinggi masuk Jawa Barat yang main dealer-nya diurusin sama PT Daya Adicipta Mustika. Teritorry yang lain gak tau deh, jangan-jangan punya perhitungan berbeda-beda”

  9. kalau naik terus ada kemungkinan ms 57% bukan hanya di Sulawesi dan Kalimantan tapi di nasional.. wow joss

  10. 21. yamaho – Juni 11, 2012

    karena sulawesi dan kalimantan masih gelap informasi, jadi sasaran empuk tipu daya yamaho.. ditambah honda tidak lebay mempromosikan produknya di kal dan sul jadinya dikuasain yamaho dehh.. lain jadinya kalau honda lebay juga kaya yamaho..

    ====================================

    jangan asal komen mas bro….tanpa sulawesi kan kalimantan di jawa barat bakalan miskin dan terbelakang….. sawah aja dibikin rumah…mau makan apa ente

  11. sayang kebanyakan penduduk indonesia bukan di sullawesi,,, tpi di jawa,,,

    chozinahmad.wordpress.com/2012/06/11/ayoo-kita-dorong-semua-atpm-menyertakan-vcd-safety-riding-di-setiap-penjualan-motor-baru/

  12. klonengan sales homda pada membelah diri…….. ane bantuin bkarin menyan nya kang Iwan ;p

  13. Jakarta sudah dikuasai Yamaha.. tak lama lagi jawa barat sebagai basis honda akan dikuasai yamaha.. wow

  14. 34. juraganneon – Juni 11, 2012
    Jakarta sudah dikuasai Yamaha.. tak lama lagi jawa barat sebagai basis honda akan dikuasai yamaha.. wow
    —————————————————————————————
    Salah satu yang menang adalah di teritorry I DKI Jakarta. Padahal teritorry penjualan Yamaha di Jakarta yang dipegang DDS Jakarta itu meliputi area Jabodetabek, bukan cuma Jakarta doang.

    Coba sekarang bandingkan Honda untuk jualan di Jakarta dipegang Main Dealer PT Wahana Makmur Sejati. Area jualannya cuma Jakarta-Tangerang doang. Hahaha?. ya pasti kalah kalo dibandingkan Yamaha. Luas area penjualannya aja beda.

    Penjualan Honda untuk Bekasi dan Depok yang jualannya tinggi masuk Jawa Barat yang main dealer-nya diurusin sama PT Daya Adicipta Mustika. Teritorry yang lain gak tau deh, jangan-jangan punya perhitungan berbeda-beda?
    BISA BACA INI ENGGAK

  15. Halah… ngapain pada ributin mslh ginian, emangnya dpt share profit apa? Gini nih, kalo ada artikel tentang merk lain selain Honda pasti dikritik dibilang kaga bener. Wajar aja kok karena lain daerah pasti lain cara berpikir org2nya. Di Jakarta aja udah ketahuan tuh, lht org selatan yg lbh berani beli merk2 yg asing ketimbang org2 kaya yg berdomisili di utara/barat yg beraninya cuman beli mobil CBU Toyota yg sejuta umat. Bagi2 rejeki lah… mosok semuanya harus Honda yg kuasain? Naif banget sih point of view-nya.

  16. sekedar info oot aja, di palangka sini yamaha emang kuat kayaknya, jupiter burhan tahun terakhir aja masih banyak showroom yg pede nawarin harga 12an juta(njz malah kurang peminat tp), berbanding terbalik dengan honda sekelasnya seperti abs.revo yg jatuh pasarannya di sini, maklum anak muda asli daerah emang ambisi bgt sama yg berbau racing. Dan yamaha memberikan apa yg diminta(style n performa),

  17. yamaha mantappp…!!!!

    “kalimantan dan sulawesi dikuasai yamaha… sisanya dikuasai honda..”wkwkwkwkwk…
    kayaknya dari dulu emang wilayah timur + kalimantan lebih banyak jualan yamaha dari produk lainnnya.. terus knapa sekarang heboh… apa supaya dibilang woow gtu..???
    analoginya sama seperti ini ” jawa timur dan bali dikuasai honda..” lha memang wilayah itu dari dulunya banyak jualan motor honda dibanding yg produk lainnya.. dan apa mesti dibilang woow gitu???

  18. lama” makin bingung nc ane liat para sales.. Mau hongdut kek mau yamoho kek.. Untungnya bwt kalian apaan sih??? Plieessh dech..!

  19. wow ternyata di sumatera, sulawesi, kalimantan, papua, yang medannya cukup berat yamaha lebih disukai.. ini membuktikan motor yamaha lebih tangguh digunakan di segala medan

  20. wow ternyata di sumatera,
    sulawesi, kalimantan, papua, yang
    medannya cukup berat yamaha
    lebih disukai.. ini membuktikan
    motor yamaha lebih tangguh
    digunakan di segala medan
    ===============
    Setuju bro, karakter yamaha mmng ccok bwt daerah pegunungan.

  21. @bro iwan.
    ada data distribusi honda dan yamaha khusus daerah jakarta (doank)
    bukan wilayah jakarta seperti yg diklaim yamaha yg meliputi jabodetabek lho…

  22. 21. yamaho – Juni 11, 2012
    karena sulawesi dan kalimantan masih gelap informasi, jadi sasaran empuk tipu daya yamaho.. ditambah honda tidak lebay mempromosikan produknya di kal dan sul jadinya dikuasain yamaho dehh.. lain jadinya kalau honda lebay juga kaya yamaho..
    ======================================================itu di jakarta yg melek informasi 24 jem aja di kuasai,,,,ah ente jgn asal njeplak lah,,,

  23. Rilis datanya ruwet, pakai region-regionan segala, kelihatan YIMM memaksakan diri untuk menampilkan kemenangan MS-nya, meski semua tahu Sulawesi persentasinya terkecil dibanding yang lain. Tapi baguslah untuk memberi angin segar para FBY semacam Juraganneon dan kawan-kawan, setelah menelan pil pahit begitu membaca penurunan MS secara nasional.

Comments are closed.