iklan iwb
iklan iwb

Dulu…dahuluuu kala, IWB hanyalah pengunjung Blog yang selalu setia mantengin setiap artikel yang brojol dari para sesepuh Blogger otomotif. Masih ingat….pertama kali IWB membuka Kafemotor yang digawangi bro Ilham. Ulasannya yang lugas dan padat membuat IWB tidak pernah absen mampir. Dan dari Blog beliau pula, spyshoot Vixion berwarna biru membuat IWB makin keranjingan untuk selalu nyambangi Blog…

Informasi yang berguna serasa difasilitasi secara gratis. Jika satu minggu sekali belanja tabloid otomotif….kebiasaan tersebut IWB coret sebab sudah merasa lebih dari cukup dari sekedar browsing lewat Opera Mini atau PC. Kemudian….Kafemotor tutup. Asli….kecewa tenan. IWB sudah menjadikan Blog Kafemotor sebagai menu utama. Untunglah setelah itu lahir generasi yang tidak kalah menggigit. Ninja250R atau warung siijo (sekarang TMCblog), SL, Triatmono, Indobiker, Edo, Hadiyanta dan banyak penulis handal lain. Rasa rindu artikel kendaraan roda dua terasa terobati. Munculnya Byson, New Megapro dan motor anyar diulas secara komprehensif. Setiap hari IWB berusaha mendapatkan setitik info dari para Blogger kawakan. Lucunya IWB dulu direct link kealamat web mereka masing-masing tanpa tahu tahu adanya wadah Indomotoblog….

Kelebihan Blog yang tak terbatas halaman merupakan kekuatan yang tidak bisa ditandingi tabloid. Ketertarikan IWB akan Blog semakin kuat. Sembari menjadi komentator diBlog dewa, IWB mencoba merangkai satu dua buah kata. WordPress ki opo??? piye carane??.….jian mumet brosis. Lawong semua hanya otodidak tidak ada yang ngajarin. Namun otak dan hati tentang motor begitu meletup-letup tidak terkendali untuk dikeluarkan….niat belajar tool WP terus dijalankan. Setelah mampu otak-atik WP, membahas tema yang bingung. Mau mengulas apa?? garuk-garuk kepala. Ujung-ujungnya….yo sakarepe dewe apa, yang ada diotak…asal ngetik aja, bablas pokoke. Kemudian pelan-pelan hits naik….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Dikunjungi 600 visitor aja senengnya bukan main. Pelan namun pasti terus bertambah hingga 5ribu hits/hari. Apalagi komentator dulu adem-adem tidak ada yang namanya klonengan ataupun caci maki. Sharing enak dan nyaman. Yang paling IWB ingat waktu itu bro Hourex atau Mulyanto. Doi cukup rajin memberikan komentar diblog yang baru seumur jagung. Teman bertambah….hati bungah. Niat awal hanya ingin sharing, jebule menjadi ajang pertemanan yang indah. Dan tiba-tiba, nongol Mz taufik dikolom komentar. Avatar Ninjanya yang khas bertanya?? ” sudah masuk keIndomotoblog mas??”. Belum sempat menjawab, wak haji langsung ngasih link keIndomotoblog. Mainin mouse…klik, weeeee……iwanbanaran.wp ternyata sudah masuk disana. Seneng brosis. Kenapa? sebab secara pribadi eksistensi IWB sebagai Blogger otomotif telah diakui. Dan itu sudah cukup……

IWB terus menulis artikel secara konsisten. Dibarisan paling bawah kolom Indomotoblog, ternyata tidak membuat visitor males mampir. Hits terus terdongkrak naik hingga 10ribu perhari. Pelan-pelan posisi IWB bergeser kekolom atas. IWB aja sempat bingung mencari…dimana posisi Blog. Lha koq ilang?? :mrgreen: . Malah para komentator yang memberi tahukan bahwa posisi bergeser keatas. Wah…sama adminnya ternyata dipindah. Yo….wis ora opo-opo, malah makin gampang nyarinya. Pada saat itu IWB belum pernah sekalipun kontak-kontakan atau bertemu langsung dengan para sesepuh atau siapa yang mengurus Indomotoblog. Makanya hiruk pikuk atau gonjang-ganjing diatas sana IWB sama sekali tidak tahu dan memang tidak ingin tahu….

Bagi IWB, ngeblog adalah untuk sharing informasi…tidak lebih. Jika ada faktor lain yang mengikuti seperti mulai dikenal ATPM, relasi makin banyak, dan pernik-pernik lain adalah sesuatu yang tidak pernah IWB rencanakan. Credo utama Blog ini dibangun dengan tujuan berbagi berita dan informasi bagi para pembaca. Satu yang selalu IWB pegang…Blogger hanyalah manusia biasa yang banyak keterbatasan. Tidak ada yang sempurna didunia ini….karena kesempurnaan hanyalah milik sang pencipta. Apakah Blogger selalu lebih pintar dari pembaca??. Tentu tidak!! Atau….apakah Blog ini lebih berkualitas dibanding Blog lain?? belum tentu brosis!!!. Hanya para pembaca yang berhak menilai. Karena itu pantang bagi IWB untuk mengkritik, mengganggap yang lain salah, mengamati artikel sesama rekan….mencari¬† kelemahannya dan kemudian membuat artikel tandingan dengan tujuan nyindir, memojokkan¬† serta membangun opini publik seolah-olah kita yang paling benar…..

Saling mengingatkan itu perlu…dengan catatan dilakukan secara kekeluargaan. Alangkah indahnya jika jagad Blogsphere bisa merangkul….bahu membahu, menjunjung tinggi nilai persahabatan, dan menjaga perasaan masing-masing individu. Jika ada yang kurang berkenan, monggo berkomunikasi tatap muka, berdiskusi secara dewasa tanpa lewat artikel yang bisa menghasut, memunculkan kesan negatif, melukai rekan lain yang malah memberikan preseden buruk bagi pembaca seluruh tanah air. Ingat….pengunjung warung tulen tidak akan pernah menyukai ajang perseteruan sebuah Blog sebab mereka hanya ingin satu dua buah informasi tentang motor, bukan yang lain. Oleh karena itu marilah kita gali informasi sama-sama….bergandengan tangan untuk memuaskan dagaha berita para Bro dan sis semua…

Last.…bagi IWB tidak ada Blogger papan atas atau bawah karena semua adalah sama. Hanya keberuntungan dan lokasi yang menjadi kelebihan kita diJakarta. IWB yakin dan percaya jika kesempatan datang kemereka (Blogger daerah)…..akurasi, isi, tema, liputan serta bahasan bisa saja lebih tajam dibanding kita. Diatas langit masih ada langit….peribahasa tersebut dibuat bukan asal dibuat. So…buat apa sih sampeyan ngeblog?? semua tergantung mzbro untuk memilih. Pesan IWB….konsistenlah menulis tanpa diiringi maksud dan tujuan lain. Fokus terhadap keinginan pembaca serta buang rasa tersaingi. Karena jika perasaan tesebut sudah hadir didalam mzbro semua…..disaat itu pula buah ketidak nyamanan akan menyerang. Keep brotherhood dan hidup roda dua tanah air..!!! (iwb)

Image : Courtesy Motodream, Morukai, Ardy dan Indobikermagz

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!