iklan iwb

Sampeyan pasti sudah tahu Hero-Honda, sebuah kolaborasi brilian yang membuat pabrikan tersebut menjadi produsen roda dua terkuat diIndia. Pada bulan Desember 2010….keduanya sepakat berpisah sehingga Hero-Honda berubah nama menjadi HeroMotocorps. Biaya royalti menggunakan nama Honda dihentikan, akan tetapi secara teknologi pabrikan sayap mengepak masih menjadi penyuplai utama produk Hero. Makanya jangan heran jika pernik-pernik part yang nyantol begitu identik dengan pabrikan sayap mengepak….

Licence agreement share teknologi akan berjalan hingga 2014. Ditahun itulah HeroMotoCorps bebas menentukan langkahnya…apakah akan berjalan sendiri. Atau tetap bersama Honda??. Tapi berdasarkan rumor serta indikasi yang sedang berkembang…Hero kuat kemungkinan menggandeng pabrikan barat. Persaingan yang ketat dengan Bajaj akan memaksa Hero melirik kesana. Maklum brosis….saingan utama mereka saat ini sudah memiliki basis teknologi yang kuat.? Siapa lagi kalau bukan KTM-Bajaj. Prestige sebagai pabrikan yang menguasai saham KTM hingga 47% membuat Hero berpikir untuk mengikuti langkah serupa. Dan…isunya mereka mengincar dan sudah menjajaki Erik Buell Racing guna menggantikan Honda….

Dari keseluruhan drama yang ditunjukkan pabrikan roda dua India, satu yang patut dijadikan pembelajaran adalah keberanian mereka untuk melepaskan diri dari jerat belenggu produsen Jepang. Suatu semangat yang tidak dijumpai dinegeri ini. Bahkan kalau IWB analisa dan teliti…mereka cukup cerdik sebab berhasil mengeruk teknologi dan setelah itu berdiri sendiri guna menentukan langkah tanpa intervensi pihak manapun. Coba sampeyan lirik TVS, Bajaj, dan Hero……mereka adalah anak didik negara Nippon. TVS-Suzuki, Bajaj-Kawasaki dan Hero-Honda….yup, itu dulu brosis. Sekarang mereka tegap menjadi yang terbesar tanpa campur tangan Nippon…..

iklan iwb

Industri otomotif roda dua negara ini tidak mungkin berdikari tanpa ada niat tulus pemerintah. Peraturan yang mengkebiri kreatifitas,? skill dan kemandirian anak bangsa sudah jamak kita temui. Tidak usah jauh-jauh, Esemka adalah contoh kongkrit cueknya penguasa atas perjuangan untuk mencapai cita-cita. Ingin seperti India?? untuk saat ini judule ngimpi brosis!!! :mrgreen:(iwb)

62 COMMENTS

  1. pemerintah yang tidak bisa mengayomi rakyatnya,KO dalam belenggu kekuatan luar,padahal aku yakin kita pasti bisa lebih dari india

  2. sebenarnya banyak ahli ahli bengkel yang bisa bikin motor tapi mereka terbatas dengan peralatan yg ada. seharusnya dapat difalitasi negera tuh

  3. Pemerintah kita gak mau keluar dr kenyamanan… Kalo ampe esemka penjualannya nyaingin produk jepun ya siap2 aja jepun gak mw lg kasih pinjaman utang ke pemrintah.

  4. om iwb

    Eric Buell di Ameriki
    bukan eropah
    jauh bener jaraknya

    Eric Buell motor dulu diakuisisi HD kemudian 2009 ditutup karena krisis ekonomi ……motor hd ngak laku

    Ane baca sih eric nandatangan pasal noncompete/ngak boleh bergerak dibidang yg sama entah bbrpa tahun atau seumur hidup

    Eric sekrg kembali keasal mbikin team motor balap yg ngak pernah menang… penggembira sejati

  5. proyek roda dua mgkin “kering” jd kaga ada yg semangat ngurusin, bedah sama proyek pembangunan sport center yg sangat “basah”

  6. Kerjasama dgn Buell, kayaknya blunder deh. Mana ada orang Amerika bisa bikin motor yg efisien? Ingat, ini negara berkembang.

  7. sebenarnya bangsa Indonesia buat apapun bisa…tetapi pemimpin dan birokrasinya bermental jongos….
    jan gapleki sutelo tenan !

  8. Kapan astra berdiri sendiri?

    Blogger Otomotif Vs APM Roda Dua
    motoroda.wordpress.com/2012/06/06/7-kesamaan-blogger-dan-apm-roda-dua/

  9. pabrikan dengan penjualan terbanyak di dunia:
    1.HONDA
    2.HERO = masih honda juga
    3.BAJAJ
    4.YAMAHA

    woowww…

  10. pagi… ayo sarapan…

    alfido.wordpress.com/2012/06/07/secuil-info-bentuk-shockbreaker-depan-honda-teralis-mirip-dengan-new-megapro/

  11. indonesia ngimpiiiii
    vespaalitalia.blogspot.com/2012/06/casey-stoner-pisahkan-monster.html

  12. saatnya pemerintah meniru langkah2 india, mandiri , jangan cuman jadi ladang penjualan aja. kita bikin pesawat aja bisa, mobil/motor pasti lebih bisa…
    yg mau kendaraannya (motor/mobil) irit, tarikan kenceng dan terasa seperti baru lagi , mampir yah di http://www.oliherbal.com . 100% buatan anak bangsa.

    • @ dedi & Doni
      Sampeyan teliti mzbro. Bener, sudah direvisi. Terima kasih atensinya…
      @ milky bo
      Miris tenan. Kapan manualnya? :mrgreen:
      * Emang suka kesel liat polah tingkah penguasa. Tapi sabar bro…minum kopi dulu biar tenang hehehe

  13. dulu padahal kalo ga salah astra atau federal mau bikin motor dengan merk sendiri

    panjidananjaya.wordpress.com/2012/06/06/ilustrasi-k15-dalam-bentuk-3d/

  14. indonesia??? ooowww tidak bisaa…. paling tidak harus melewati satu dua generasi dulu…

  15. mantab India ya.. Indonesia dulu waktu jaman Sukarno kalau nggak salah ada orang yg sudah bisa bikin mesin motor dari daerah jawa timur. namun entah kenapa seperti tidak bolerh membuat sendiri krn pabrikan Nippon mulai jualan diIndonesia CMIIW 😀

    yudibatang.wordpress.com/2012/06/07/setelah-muncul-rasa-kurang-pada-motor-virus-berikutnya-adalah-motuba/

  16. iki kok malah jadi ajang curcol & protest terhadap yang pake blangkon mas iwan?? tp aku stuju tetep indonesia harus berjaya dan membanggakan bangsa dengan produk-produk asli negeri sendiri. MERDEKA!!!!!!

  17. @ 37. visy131806
    Sedikit curhat emang xixixi…
    * Nyidam berdikari sendiri bro…
    @ 33. Mio
    Tapi beda bro sebab mereka menentukan jalannya sendiri….Tidak dikungkung didalam box terisosilir…

  18. emangnya TVS,bajaj,hero disuport pemerintah india..?

    Nyalahin pemerintah sih gampang… Lu pada gak ngaca…Sumpah lu pada mau beli merk lokal.. Mo beli kanzen, esemka, tawon..? Orang indonesia itu super kejam pada bangsanya sendiri atas nama prestige. Nanti 3S gimana, part KWnya banyak ga dsb……………

  19. @imortalorochimaru
    gw setuju banget sma ente… yg hrus di robah tuh mindset kita2 dulu.
    kalo ada motor lokal kira2 ada yg mau beli ga?! lihat di cina… mtor jepang kalah laku di sana,, mereka lebih memilih produk dalam negeri..India jg ga jauh beda.
    coba disini,,, motor karya jepang aja di bela mati2an…

  20. miris mas @iwanbanaran kalo liat brita begini, malu aku mas jadi orang Indonesia. Jadi inget pas dulu beli motor Kanzen Taurus, pada dicibir ama keluarga, temen… rata2 pada ngomong “ngapain beli motor ginian?” ya tak jawab “Udah cukup aku bikin kaya orang Jepang *mad”, bukan sok Idealis sih mas, cuman apa ya bener2 gak ada pengen orang Indonesia naik kendaraan buatan Indonesia?
    *Aku sempet ber euforia pas ada merk Kanzen, ternyata sekarang kenyataan dilapangan yang bicara, (murahan, gak laku pas dijual, buatan cina, after sales service, gengsi, cueknya pemerintah, kualitas jelek, n alesan klise laennya)

  21. mana nih FB mopang….kyaknya ente malah bikin jepang makin menjajah negeri kita..nih,mindset orang kita payah bro….lihat aja klw ada motor buatan Indonesia yg brojol..mana ada yg mw beli……otaknya udah diracuni sm jepang…Ayo Indonesia Bisa ngalahin Jepang (inget bulutangkis wkwk…)

  22. @imortalorochimaru-ryngga-pi2em

    ente2 benar…realitasnya begitu. 🙁

    Sy ingat dulu, salah seorang pembesar KIA, mengatakan bahwa di korea, warganya mensuport produk lokal (membeli kendaraan lokal) walau saat itu msh banyak kekurangan disana-sini. Kalau gak salah ini respon pd awal kelahiran mobil Timor (rebranding KIA sephia), yg mendpt byk cibiran dianggap murahan, lepas itu proyeknya putra cendana. Bgt jg dgn kanzen. Maaf mas IWB jd oot 🙂

Comments are closed.