iklan iwb
iklan iwb

Sampeyan pasti sudah tahu Hero-Honda, sebuah kolaborasi brilian yang membuat pabrikan tersebut menjadi produsen roda dua terkuat diIndia. Pada bulan Desember 2010….keduanya sepakat berpisah sehingga Hero-Honda berubah nama menjadi HeroMotocorps. Biaya royalti menggunakan nama Honda dihentikan, akan tetapi secara teknologi pabrikan sayap mengepak masih menjadi penyuplai utama produk Hero. Makanya jangan heran jika pernik-pernik part yang nyantol begitu identik dengan pabrikan sayap mengepak….

Licence agreement share teknologi akan berjalan hingga 2014. Ditahun itulah HeroMotoCorps bebas menentukan langkahnya…apakah akan berjalan sendiri. Atau tetap bersama Honda??. Tapi berdasarkan rumor serta indikasi yang sedang berkembang…Hero kuat kemungkinan menggandeng pabrikan barat. Persaingan yang ketat dengan Bajaj akan memaksa Hero melirik kesana. Maklum brosis….saingan utama mereka saat ini sudah memiliki basis teknologi yang kuat.  Siapa lagi kalau bukan KTM-Bajaj. Prestige sebagai pabrikan yang menguasai saham KTM hingga 47% membuat Hero berpikir untuk mengikuti langkah serupa. Dan…isunya mereka mengincar dan sudah menjajaki Erik Buell Racing guna menggantikan Honda….

Dari keseluruhan drama yang ditunjukkan pabrikan roda dua India, satu yang patut dijadikan pembelajaran adalah keberanian mereka untuk melepaskan diri dari jerat belenggu produsen Jepang. Suatu semangat yang tidak dijumpai dinegeri ini. Bahkan kalau IWB analisa dan teliti…mereka cukup cerdik sebab berhasil mengeruk teknologi dan setelah itu berdiri sendiri guna menentukan langkah tanpa intervensi pihak manapun. Coba sampeyan lirik TVS, Bajaj, dan Hero……mereka adalah anak didik negara Nippon. TVS-Suzuki, Bajaj-Kawasaki dan Hero-Honda….yup, itu dulu brosis. Sekarang mereka tegap menjadi yang terbesar tanpa campur tangan Nippon…..

iklan iwb

Industri otomotif roda dua negara ini tidak mungkin berdikari tanpa ada niat tulus pemerintah. Peraturan yang mengkebiri kreatifitas,  skill dan kemandirian anak bangsa sudah jamak kita temui. Tidak usah jauh-jauh, Esemka adalah contoh kongkrit cueknya penguasa atas perjuangan untuk mencapai cita-cita. Ingin seperti India?? untuk saat ini judule ngimpi brosis!!! :mrgreen:(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!