iklan iwb

Perkembangan social media yang begitu pesat dan fantastis menyedot antusiasme publik saat ini membuat perannya sangat penting dalam berinteraksi. Yamaha Motor Indonesia sangat memperhatikan eksistensi social media yang diciptakan sendiri dan menunjukkan perkembangan luar biasa karena sukses menjaring banyaknya followers atau member.

Sejarah perkembangan social media yang dimiliki Yamaha Motor Indonesia dapat dijelaskan ?sejak Yamaha? mulai masuk ke digital media pada tahun 2004. Saat itu www.yamaha-motor.co.id mulai aktif dan pada tahun 2009 baru masuk ke social media. Yamaha Motor Indonesia melihat bahwa social media adalah new tools for communication and community building. Yamaha Motor Indonesia mencoba menjaga hubungan dengan audience di dunia maya dengan menjadi sharing partner bagi para bikers. Sharing partner disini dengan memposisikan merek Yamaha sebagai go-to friend bagi mereka di social media? dan juga memberikan konten yang attractive, active, enjoyable, engaging, dan useful.

Untuk social networking Yamaha Motor Indonesia memiliki akun Facebook resmi (www.facebook.com/yamaholigan) dengan jumlah fans sebanyak 1.870.327. Jumlah itu menjadikan account Facebook Yamaha Motor Indonesia sebagai brand otomotif di Tanah Air dengan jumlah fans terbanyak. Yamaha Motor Indonesia juga sempat berada di Top 10 Social Networking di dunia untuk brand otomotif (berdasarkan famecount.com), dan satu-satunya brand otomotif dari Indonesia di daftar tersebut. Dan di dalam negeri, Yamaha Motor Indonesia menjadi brand, produk, layanan, perusahaan otomotif nomor satu menurut situs salingsilang.com dengan jumlah fans 1.870.327. Salingsilang adalah situs direktori Facebook yang menyajikan data Facebook Page berdasarkan jumlah Fans (Likes) dan juga pertumbuhannya; sehingga ?dapat menemukan Facebook Fan Page yang diminati dengan lebih mudah.

iklan iwb

Sedangkan Twitter (@YamahaIndonesia) tumbuh pesat dengan 45.900 followers dan kerap menciptakan Trending Topic dunia. Kanal ?Youtube resmi Yamaha Motor Indonesia (www.youtube.com/yamahamotorindonesia) sudah menghasilkan 422.507 views dimana di kanal tersebut Yamaha tidak hanya mengupload iklan TV tapi juga real-time experience dari event event Yamaha yang diupload secara real-time.

Yamaha juga kerap memanfaatkan aplikasi Instagram (@YamahaIndonesia) untuk meningkatkan brand awareness, c ontohnya dengan bekerja sama dengan iPhonesia dalam mengadakan kompetisi foto Mio Fino. Untuk instant messaging Yamaha juga memanfaatkan Blackberry Messenger (PIN: 2376CB2A) dengan jumlah 2000 contacts sebagai pusat informasi bagi mereka yang ingin selalu up-to-date dengan informasi Yamaha. Selain itu Yamaha Motor Indonesia memiliki website khusus sebagai wadah komunikasi para bikers, yaitu www.yamaholigan.com . Dan untuk pecinta balap motor, difasilitasi berita-berita teruptodate tentang dunia balap motor Indonesia di www.yamaharacingindonesia.com yang juga sebagai online registration portal untuk para pembalap yang ingin mengikuti Yamaha Cup Race.

Prestasi prestisius lainnya Yamaha Motor Indonesia di social media dibuktikan lewat Digital Marketing Award untuk Great Performing Website di kategori otomotif motor (situs korporat : www.yamaha-motor.co.id). Dan tiga Social Media Award untuk Great Performing Brand in Social Media kategori motor matic (Mio), Great Performing Brand in Social Media kategori motor bebek (Jupiter Z) dan Great Performing Brand in Social Media kategori motor sport (Vixion)….(YIMM PR)

62 COMMENTS

  1. Hebat didunia maya tapi tidak tanggap sama masukkan dari fans sendiri. Banyak produk yang diharapkan masuk ke Indonesia tapi Yamaha diam tak bergeming.

  2. 49. EISCELL – Juni 6, 2012

    hahaha ada yg suka gak nyambung .. lihat konteks yg dibahas bro.. disini kita bahasnya popularitas brand? bukan level harga /kualitas produk? mo ngebandingin mio j vs cess 125 jg boleh dunx wong yg dibahas popularitas brand./. cesss
    ————————————————————————————-
    ooo

    :mrgreen:

    berarti boleh donk nyamain vixion ama nubled???

    :mrgreen:

    tapi diantara semua yang penting adalah nilai jualannya…

  3. yamah gt loh…

    chozinahmad.wordpress.com/2012/06/03/wuiiiiihhhh-ternyata-jig-untuk-rangka-new-vixion-sudah-ada-sejak-3-bulan-yg-lalu-awal-tahun-depan-baru-brojol-2/

  4. mestinya si begitu …itu buah dari vendor digitalnya yamaho…udah murah tapi meriah … lihat tuh tuh si jaos, roy, gembelgedes,nobita memeriahkan setiap media digital tiap jam tiap hari tanpa hari libur :mrgreen: ….go yamaho :mrgreen: semoga sukses juga di jualannya

  5. tapi sayang yah …ternyata even menggunakan vendor digital murah meriah ala yamaho untuk mempopulerkan yamaho di social media tapi hasilnya tidak bisa mendongkrak orang mau beli motor yamaho :mrgreen: … pepatah ada rupa ada harga ada benarnya 😀

    Jakarta, KompasOtomotif – Berdasarkan data sementara Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) yang diterima KompasOtomotif kemarin, terlihat penjualan sepeda motor pada Mei lalu mengalami sedikit penurunan. Penyebabnya, lembaga pembiayaan (leasing) telah memberlakukan uang pangkal (DP) minimum kredit pembelian sepeda motor baru 25 persen sejak bulan lalu.

    Penurunan penjualan terbesar dialami Yamaha yang mencapai 14,6 persen dan TVS 18,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan Honda, justru naik 5,1 persen. Begitu juga dengan Suzuki 1,9 persen dan Kawasaki 34,7 persen.

  6. secara kualitas Yamaha emang top banget…, bahkan mungkin yang paling bagus sih (opini)…, cuma kalah strategi ma Honda aja…,

    soalnya dari jaman kakek ane Honda tuh udah mengembangkan 4-tak, sedang yang lain mainnya 2-tak. jadi masuk akal kalo dulu Honda paling irit…, dan mindset masyarakat udah terpatri kalo motor irit ya Honda…,

    Padahal kalo sekarang banyak yang lebih irit dari Honda…, sayangnya udah terlanjur mindset…

  7. meooong meooong … suka.. suka.. suka.. sukaa
    sik ah nyetater matic dulu..
    BLETAK! BLETAK! BLETAKKK!!!

    eh salah, yg q naikin kan bukan meong.. hahahahahah

  8. Kalo kekuatannya cmn di jejaring social aja ga cukup ..
    Tunjukin dunk klo Market Share-nya kuat juga ..

    Kayak Honda dunk .. Jejaring Social sama Market Share sama2 TOP ..

  9. emang sih didunia maya ymh disukai,..tp didunia nyata tau sendiri kan?gmn yamaha ditelan mentah2 sm honda…,kesimpulan: media apapun yg dipake tp klo hasilnya jeblog brarti ymh gagal lawan honda!!!

Comments are closed.