iklan iwb

Setelah beberapa waktu lalu mengirim teaser dengan judul ” Next Hero is Coming”, titik terang mulai terlihat. Kendati semua sudah bisa menebak bahwa produk yang dimaksud adalah TVS Apache RTR 180 ABS….IWB tetap mencoba mencari informasi agar kesimpulan bukan sebatas analisa tidak berdasar. Dan akhirnya dua info berguna bisa IWB kantongin yaitu…..

Apache RTR 180 ABS akan dirilis pada bulan Juni 2012 tepatnya minggu depan. Sayang untuk tanggal tidak mendapatkan kepastian. Yang kedua…banderol brosis. Yup..disinyalir kuda besi berteknologi Anti Lock Brake system layaknya Honda CBR250R ini diusahakan tidak bakal melewati angka 20 jutaan. Sebuah pertimbangan yang cukup cerdas sebab dengan value yang ditawarkan, IWB yakin motor ini cukup menggoda untuk dipinang….

ABS sendiri merupakan teknologi braking yang mampu mencegah rem ngunci ketika terjadi panic braking. Selain itu dengan sensor yang dipasang…ABS juga bisa meminimize ban lost contact kala braking diatas dilintasan licin ataupun berpasir. Hal ini dimungkinkan sebab dalam satu detik, kaliper akan melakukan gerakan push & release yakni menekan dan melepas hingga 25 kali. Sebuah kecepatan yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Oleh karena itulah teknologi ABS hanya diaplikasi kemotor gede karena cost lumayan mahal. Baru Honda meluncurkan CBR250R sebagai pendobrak awal dan diikuti TVS diIndia….

iklan iwb

Kelebihan TVS tentu saja banderol yang sangat kompetitif dibanding pabrikan Jepang. Kendati demikian, ABS yang dibenamkan bukan kualitas abal-abal. Terbukti mereka juga memasang sensor khusus untuk menambah keamanan yang disebut RLP singkatan dari Wheel Lift-off Protection. Fitur ini mencegah ban belakang ngangkat jika terjadi panic braking. Dari sisi mesin…Apache RTR 180 ABS mampu memuntahkan tenaga hingga 17,3HP dan torque 15,5NM. Terbaik dikelasnya dengan menghitung PWR (bobot 137kg). Kelistrikan sudah menganut full DC system, ban tubeless (versi India, Indonesia belum ada konfirmasi), speedometer digital yang informatif mencakup bensin, trip meter, tachometer, low fuel & oil indicator, pengingat jadwal service plus sensor aki. Wisss….jian paket komplit tenan…..

Last…jika benar dipasang pada kisaran 20jutaan, tidak diragukan motor ini bakal memegang record the best value for money bike. Gimana menurut brosis semua??….(Iwb)

60 COMMENTS

  1. sip deh, semoga laku
    pertamax7.wordpress.com/2012/06/05/ekspedisi-nusantara-honda-absolute-revo-sampai-di-yogyakarta-sampe-lokasi-dikipasi-biar-adem-cesssssssssssssssss/

  2. luar biasa,, mau saingan ma duke 200 nih lau bneer rislis minggu depan,,
    info-otomania.blogspot.com/2012/06/spyshoot-ktm-duke-200-dah-siap-nongol.html

  3. Mas iwb, gw blum paham maksud rem abs ? apa untuk mencegah motor slide/ngesot waktu panic brake , atw biar lebih pakem doank ?

  4. @ 16. Ryngga
    Bro…sampeyan pernah nggak mengalami ban ngesot ketika rem dadakan sehingga ujung-ujungnya ban malah sliding. Hal itu akibat rem ngunci/ngelock sehingga ban kehilangan kontak dengan aspal. Nah pada versi ABS, sensor akan membaca jika hal ini terjadi yakni dengan melepas-mencengkram piringan dengan kecepatan hingga 25 kali/detik untuk mencegah rem terkunci. Otomatis dengan kemampuannya tersebut juga memperpendek jarak pengereman. Bisa intip video ini bro…
    http://www.youtube.com/watch?v=vIK0lKdUFAM

  5. bejaban sama cbr 150 ni mengingat power sama torsi imbang bahkan lebih plus kapasitas yg lebih besar .Go tvs.

  6. value for money bukan hanya murah harganya.Tapi hrs dilihat jg kualitas produknya,pelayanan after sales,kesediaan suku cadang dan lain2.Harga boleh murah,tapi gimana nasib spd motor setelah kita beli..harus diperhitungkan juga.Murah tapi jangan murahan.

  7. masih kalah ama New Megapro, meskipun fitur kalah oleh TVS tetep lebih bagus New Megapro, buktinya MS Honda lebih banyak dari pada TVS… berarti New Megapro lebih bagus dari pada TVS Apache.

    @Ryngga
    kalo kita berkendara kemudian ada event untuk berhenti mendadak, orang cenderung tekan pedal rem sekenceng2 nya. biasa nya dalam kejadian ini rem akan ngelock dan biasanya sih di ikuti sliding ban blakang bahkan bisa hi side… nah fitur rem abs ini adalah supaya ketika panic brake rem tidak akan terkunci dan piston rem akan menekan cakram berkali2 tanpa mengunci cakram nya… mirip2 pulse braking gitu tapi ini pada piston rem si pelakunya bukan kita…

    :mrgreen:

  8. lampu-nya sih sangar,sekilas mirip lampu-nya Duc panigale
    tp sayang body work dan motor-nya kurang sip
    ardianfireblade.wordpress.com/2012/06/05/parah-ternyata-bule-naik-moge-juga-alay/

  9. wah rata2 motor pabrikan india iklannya ngeri2 semua…
    bs dibayangin klo smua rider bergaya gituan saat dijalan umum, contohnya aj saat dilampu merah,,,gaya selap-nyelip maen srobot minta no urut plg dpn tnpa mempedulikan biker lain yg takut jatoh kna senggol…. b’gitu lampu nyala ijo, langsung aj betot gas ampe’ ban dpn ngangkat, apalagi klo liat yg jaga pos cma pake’ si petir 125,…wah mkn jadi aja tuh biker alay….
    mnding ni mongtor buat kndaraan tempur p. polis aj,, gantiin si petir 125 itu…. di jamin makin seru…

  10. fitur ok lah…tp seandainny desainny lbh baik, klo ky gni rogoh kantong lg buat modif…blum lg 3sny …

  11. ini baru motor keren, sayang masih trauma sma india nya itu loh 😀
    keshamotor.wordpress.com/2012/06/05/menantang-suzuki-yamaha-dan-honda-untuk-adu-endurance-motor-bebek-standar-berani-ga-yah/

  12. ga bakalan laku…you know why????
    cause batoknya kyk ngono…
    kenapa ga belajar dari kasus nmp yang gagal itu :mrgreen:

  13. @raras

    cakepan ini om dari pada megipret…

    @ryngga

    sama2 om… fitur ABS adalah hal yang penting… eniwei klo ada fitur ABS terus ente ganti velg n ban yang lebih kecil or besar… kudu di kalibrasi ulang om…

    :mrgreen:

Comments are closed.