iklan iwb

Memang dilema kalau sudah membicarakan Industri otomotif. Ketika penjualan meningkat, mereka dituduh sebagai biang kemacetan. Namun menurunnya produksi juga tidak diharapkan karyawan yang bekerja disana. Sebuah ironi serta kondisi yang tidak bisa dihindari. Seperti yang akan terjadi bulan Juni ini brosis. IWB mendapatkan informasi yang bisa dipercaya bahwa beberapa pabrikan berencana menurunkan produksi hingga 30%. Artinya?? PHK mengintai para karyawan!!…

Dalam bocoran internal yang IWB terima, disinyalir dua pabrikan besar bakal menurunkan produksi hingga 30%. Rencana efektif berlaku pada bulan Juni 2012. Hal ini merupakan ancang-ancang atas berlakunya peraturan pemerintah yang mengharuskan DP atau UM pembelian kredit kendaraan bermotor minimal 25-30%. Jelas para produsen panik atas kebijakan tersebut. Penjualan produk yang mayoritas ditopang dari sistem kredit akan tersendat akibat mandeknya distribusi. Jika UM kudu besar, daya beli masyarakat melemah ujung-ujungnya sales anjlok. So, wacana ini sudah masuk dalam prediksi mereka….

Mirisnya, yang menjadi korban secara langsung sekali lagi para buruh kecil. Bahkan dua vendor besar telah merumahkan 40%-25% pegawai kontrak mereka perhari Senin kemarin. Tidak hanya itu, rentetan pemutusan hubungan kerja terhadap buruh disinyalir juga akan diikuti pabrikan utama. Estimasi, mencapai 25% pegawai non permanen. Merupakan pukulan berat jika ini terbukti….

iklan iwb

Last...bukan hal yang mudah untuk memutuskan. Namun bagaimanapun bisnis tetap bisnis yang kudu memikirkan kelangsungan korporasi mereka. Jika pemasukan menurun, dampaknya adalah pemotongan beban finansial. Dan…cara paling gampang adalah pengurangan karyawan. Untuk apa buruh banyak jika produksi turun?? Begitulah kira-kira. Semoga ada jalan tengah yang sama-sama adil dan menguntungkan wong cilik…..(Iwb)

Noted : Gambar hanya ilustrasi (Google)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

113 COMMENTS

  1. wah, bahaya nih, PHK bakal membuat pengangguran naik, SEREM 🙁
    pertamax7.wordpress.com/2012/05/29/tmcblog-dan-iwb-blog-muncul-iklan-aneh-bingung/

  2. harusnya pabrikan kita melirik pasar ekspor juga, contohlah thailand biar kecil penyerapan pasar lokalnya tapi bisa menjadi eksportir ujung2nya tidak ada karyawan yang di rumahkan karena pasar lokal bisa di tutupi oleh pasar ekspor

  3. @ 5. gasspoll83
    Judule dilema mzbro
    @ 13. jack miko
    Betul, pikiran saya juga langsung mengarah kesana mzbro. Hidup makin susah soalnya…

  4. Sepertinya pengurangan karyawan juga terjadi pada pihak Leasing Bro..
    Karyawan kontrak FIF, BAF, ADIRA, OTO dsb…., pasti pada cemas juga.
    Apa pemerintah ikut memikirkan hal tersebut ?

  5. Mesttinya menteri politikus ini pada ditendang jauh2 dari bumi NKRI, asalnyeplos aja 20-30% sontoloyo [email protected] ngga ada kerjaan lu? udah tukang makan duit proyek masih aja iseng gw yakin tuh storan ATPM & finance gak lancar…kampret!
    emang org sebanyak itu mao makan apa ? mo lo kasi makan janji?

  6. KEBIJAKAN PEMERINTAH TIDAK PRO RAKYAT!!!
    PERCUMA PEMERINTAH DIPILIH SAMA RAKYAT KALAU HANYA MENAMBAH BEBAN RAKYAT!!!
    PEMERINTAH NGAMBEK LANTARAN BATALNYA PENGURANGAN SUBSIDI BBM, AKHIRNYA MENGELUARKAN KEPUTUSAN DENGAN DALIH A,B,C dst!!!

  7. memang kalo dilihat jalanan sekarang agak miris juga ya, sampai2 untuk nyebrang di jalanan pedesaan aja kudu super sabar yang artinya kendaraan naik secara drastis. Dan dinilai kebijakan di buat agar kita menjadi semakin bijak dan akan berkembang ke sisi yang lebih positif tentunya. Setuju sekali agar suatu kebijakan di ambil harus tidak menyudutkan pada satu pihak. dimana kalimat tersebut akan memunculkan pertanyaan :”dimana keikut sertaan pabrikan yang telah nyata produknya banyak diminati masyarakat indonesia dan produk yang telang menyumbang pengasapan di bumi setiap harinya…intinya adalah mari kita sesuaikan kebutuhan kita, lebih hemat untuk menuju bumi yang lebih hijau..:) numpang curhat ni,,,

  8. 14. Novian Agung – Mei 29, 2012

    Harusnya pemerintah ngurusin emas, minyak, dan bahan tambang lainnya yang sekarang dikuasai amerik?.
    ——————————————————————————–
    ente kan gak kebagian jadi ente gak perlu ngurusin… biar mereka aja yang ngurusin

    @orderdesign
    sebetulnya pembinaan ketika bikin SIM bisa di lakukan untuk menghambat masbro tapi apa daya semua orang perlu duit… iya thok???

  9. sebagai rakyat kecil cm bs berharap dan jangan pernah berhenti optimis suatu saat bangsa ini akan lebih baik, walau kapannya hanya Tuhan yang tau

  10. bener mas iwb,saya yg bekerja sbg vendor ahm n yimm
    mulai bulan juni lemburan di kurangi dengan drastis.

  11. bener-bener di Lema……Semoga bangsa ini lekas maju, dan bisa mengedepankan rakyat kecilnya….dan sebagai rakyat kecil, mari kita kreatif dalam mencari rizky….!!!

  12. yg kaya makin kaya, yg miskin makin miskin.. DP kecil aja utk sebagian org pada “berat” ngangsur ny. apalagi nanti, buat DP aja susah, apalagi angsuran ny… ckckk

  13. Memang serba susah kalau kebijakannya hanya melihat dari 1 sisi.
    Menurut gw nomor 1 pemerintah harus bisa meningkatkan kesejahteraan rakyatnya dahulu, baru berbenah di sisi lain.

    Karena jika rakyatnya sejahtera, kebijakan apapun pasti gampang diterima rakyat.

    Atau mungkin buruh pabrik otomotif bisa di dayagunakan menjadi pekerja di transportasi publik nantinya? misal subway atau busway? Kan seharusnya karena banyak yg tidak sanggup beli motor/mobil, banyak yg beralih ke transportasi publik, otomatis revenue pemerintah nambah di sektor itu. CMIIW

  14. gw sih termasuk yg setuju dp naek. tapi gak sreg juga kalo collateral damage-nya buruh di PHK… bantu doa aja deh yg terbaik buat semuanya

  15. alhamdulillah ane belum pernah beli motor secara Kredit.
    lebih baik beli rondo, lebih realistis.
    contoh aja, tahun kemaren ane beli rondo skywave, masih kinyis2 cuma separoh harga dari harga baru…
    bayangin aja dgn mahar 13.5 jt udah dapet skywave 2010 (baru 4 bln pake) + PIBO 2008.
    kondisi 2-2-nya masih mak nyus… 🙂

  16. Dilema melanda siapa saja yang berhubungan dengan kendaraan bermotor nih. Mulai dari produsen,distributor,dealer,konsumen bahkan karyawan/pegawai. Namun ada pandangan positif juga yang ingin dicapai pemerintah. Tidak ada yang salah disini, hanya saja bagaimana kita menanggapinya secara positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here