iklan iwb

Bro dan sis sekalian…waktu berputar layaknya roda. Tidak ada yang abadi didunia ini. Segalanya bisa berubah sebab itulah hukum alam. Siapa menyangka Eropa yang begitu berkibar diera 1960an tergilas oleh eksistensi Produk Asia seperti Jepang. Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki merupakan nama-nama brand yang mendominasi produk masal dewasa ini. Dan percaya atau tidak…macan industri otomotif roda dua yang saat ini dipegang oleh Jepang nampaknya mulai digerogoti India!!….

Seperti dilansir Bikeadvice, pada tahun 2011, Bajaj sukses menjual lebih dari 3,8juta unit motor keseluruh dunia. Angka tersebut sudah cukup mengokohkan posisinya sebagai best three manufacture penjual roda dua terbesar diplanet ini. Torehan prestasi bahkan mengalahkan pabrikan Jepang seperti Yamaha, Suzuki serta Kawasaki. Bajaj hanya kalah melawan Honda dan HeroMotocorps. Varian Pulsar dan Discover merupakan penyumbang terbesar sales Bajaj. Tercatat sejak awal peluncurannya…keduanya sudah terjual 5 juta unit. Discover diperkirakan juga bakal menjadi produk nomer dua terlaris dinegeri Sahru Khan. Bayangkan saja brosis…varian tersebut sukses terjual 1,5juta unit hanya pada rentang waktu 2011-2012. Selain pasar domestik, Bajaj ternyata juga kuat dipasar eksport….

iklan iwb

Pada finansial 2011-2012, eksport produk tembus 1.27juta unit. Boxer merupakan varian terlaris diAfrika. Sedang pasar Amerika latin dipegang oleh Pulsar 135LS. Disana motorsport 135cc four valve ini berani bersaing melawan Honda ACE CB125 (banderol berkisar USD600) serta beberapa brand China terkenal. Penyebaran Pulsar juga mencapai Asia Tenggara tempat dimana merk Jepang begitu kuat. Edannya…dari total market, Pulsar series sukses menjadi nomer satu di-12 negara dari 35 negara tujuan eksport mereka….

Kini Bajaj Auto semakin memantapkan posisinya dengan menguasai 10% market share global motorcycle. Target kedepan adalah meningkatkan hingga 30%. Apakah bisa? Melihat agresifnya geliat pabrikan berlambang bluetooth, kesempatan tersebut tetap terbuka lebar. Apalagi secara teknologi mereka sekarang dibantu KTM Austria yang tidak diragukan kredibilitasnya. Sayang ditanah air sendiri isu 3S masih menjadi pengganjal utama yang kudu serius dibenahi. Dan IWB pikir selama Bajaj ogah buka pabrik disini serta masih mengandalkan import dari India, penyakit akan susah disembuhkan….

Pulsar 200NS senjata Bajaj selanjutnya (courtesy Otomotif.net)

Teknologi boleh tinggi tapi kalau untuk pelayanan sparepart memble sama aja boong. Tantangan buat BAI kedepan agar serius menyikapi fakta ini. Bajaj Auto???Menjadi yang terbesar hanyalah masalah waktu. Gimana menurut brosis semua, monggo berikan opininya…..(Iwb)

137 COMMENTS

  1. ahh percuma pinter jual doank tp 3s memble.
    Masa bajaj pgn terkenal sbagai penjual terbanyak motor skali pake?
    Nehi nehi…
    Ini bukan bc lho…
    Kasian aja tmn2 ane tuh yg pke pulsar.

  2. gile juga ya, bajaj yang dulu di Indonesia terkenal sebagai penghasil helikopter darat sekarang sudah bisa nangkring di tiga besar produsen motor di dunia. sedih nya kita tidak punya produk yang bisa kita banggakan…

    shinju2.wordpress.com/2012/05/22/kawasaki-klx-250-review/

  3. coba cowok – cowok di mari juga lebih doyan mongtor batangan ketimbang metik ama bekbek,,,, bisa jadi bajaj juga no 1 di indonesa,,, :mrgreen:
    dimari malah ada cowok maco,,, badan tegep,,, brewokan,,, numpak’e metic,,,, :mrgreen:

  4. bikin pabrik dsini jangan cuma mau cari untung aja di negeri sendiri, jadi bisa menyerap lapangan pekerjaan

    ditunggu moge murahnya dah kalo 3s udah bagus :mrgreen:

  5. mentang-mentang 3s banyak, terus harga di jual setinggi-tinggi nya. waduh, alasan yg gak masuk akal

  6. HeroMotocorps itu pabrikan india yg gabung sama honda kan ?? Yg namanya HERO HONDA ??

  7. 3snya terparah juga
    . ninja 250 spion di tekuk maut lewat
    pertamax7.wordpress.com/2012/05/23/modifikasi-kawasakin-ninja-250-r-ganti-headlamp-jupiter-z/

  8. terbesar ke-3 di dunia.
    moga2 segera terbesar ke-3 juga di mari 🙂
    biar 3s nya tambah juoozzz……

    p200ns.wordpress.com/2012/05/22/pulsar-lawas-tidak-didiscontinue/

  9. jika pabrikan jepang ingin tetap diatas
    – tingkatkan layanan
    – jangan pasang hargaterlalu tinggi
    – jangan pelit dengan fitur
    (motor bagus,harga murah,fitur OK,layanan mantep)

    effek positif atas kehadiran bajaj adalah motor lebih terjangkau.

  10. yup..saatnya bikin pabrik…buka lapangan kerja buat orang indonesia juga……share profit!

  11. Yup betul sekali, BAI harus mendekatkan dirinya ke konsumen (buat pabrik, perbaiki jaringan 3S), ini salah satu usul saya ke BAI:

    harisxyz.wordpress.com/2012/03/06/menjamin-ketersediaan-suku-cadang-kasus-bajaj/

  12. hasyekkkkkkkkkkkkkkk…………………………………Honda tetep nomor SATU……..

    g nyesel ane loyal ma Honda….terbukti 🙂

  13. Itu Khusus Motor Sport ya kang Iwan ?? soalnya produk Yamaha Di Indonesia sendiri distribusi untuk motor matic + Bebek nya aja dah 2 jutaan pertahun.. belum lagi produk yamaha di negara lain.

  14. bajaj bisa no 1 di dunia mengalahkan honda karena bos baja dunia adalah orang india…

  15. kalo indonesia mau seperti india. bikin pabrik material baja, aluminium, plastik, yang banyak biar produksi kendaraan jadi murah, jangan export yang mentah2 aja.

  16. 18. ninja250 – Mei 23, 2012

    nomor 1 = Honda
    nomor 2 = Bajaj
    nomor 3 = Yamaha
    “Bajaj Auto kini menjadi pabrikan terbesar ketiga didunia!!?”
    =================================================

    😀 😀 😀 :mrgreen:

  17. FAKTA YANG TAK TERBANTAHKAN….!!!
    jadi inget dulu wkt pake hp Samsung…diledekin abis2an…sama user itu tuuuhhh…
    jadi inget dulu awal2 muncul Android…dan pake hp Android…diledekin jg abis2an…sama user itu tuuuhhh…

    dan sekarang fakta yg berbicara dgn lantangnya…. 🙂

  18. GANTI PETINGGI BAI..CARI YG PROFESIONAL..JANGAN HANYA CARI UNTUNG DR PENJUALAN.. MOTOR BAGUS KLO PETINGGINYA GA MAU PEDULIIN S3-NYA..PECAT AJA..GANTI YG BISA BIKIN PRODUK BAJAJ DICINTAI BUKAN HANYA KARENA MOTOR BAGUS..TP JUGA PELAYANAN AFTER SALES YG MEMUASKAN PELANGGAN!!
    BAJAJ JADI CIBIRAN FANBOY2 PABRIKAN JEPANG KARENA HANYA DI S3-NYA “AJA” YG JELEK..TEKNOLOGI GA KALAH KOK SM JEPANG.. GOYANG SINGGASANA MREKA..JGN BIARKAN NEGERI KITA DIJAJAH PABRIKAN JEPANG YG MENGEDEPANKAN PEMBODOHAN TEKNOLOGI!!

  19. @ 62. gunugandul
    Sudah dicek bro, kalau diIndia Bajaj nomer dua hanya kalah dengan Heromotocorps
    @ 59. bramantyo
    Dulu iya bro, tapi sekarang mereka sudah pisah….
    @ 74. clurut
    Iya bro, hanya sport….

  20. Bajaj sukses menjual 3,8juta unit motor keseluruh dunia. Angka tersebut sudah cukup mengokohkan posisinya sebagai best three manufacture penjual roda dua terbesar diplanet ini. Torehan prestasi bahkan mengalahkan pabrikan Jepang seperti Yamaha, Suzuki serta Kawasaki.
    =====================================================
    mas iwb,,,bisa di cek lagi ga ???? bajaj menjual 3,8 juta unit motor ke seluruh dunia,,,masa ngalahin yamaha,,,klo motor laki memang bisa mngkin benar soalnya produk bajaj kan motor laki semua,,,tp klo untuk semua varian motor saya rasa mngkin perlu di kroscek lagi deh,,,,untuk tahun 2011 saja di indo yamaha menjual sekitar 3,1 jutaan unit,,,belum di negara yg lain,,,terima kasih

  21. Salut & sukes buat bajaj. Mestinya pejabat, kaum intelek & high class kita yang selama ini suka ngejek India maluuu. Salah satu calon raja baru dunia itu, ya India, bukannya Ind****ia. Rudal, tank, pesawat tempur,. mereka bisa. TKI -nya India : .. para ahli IT. Bravo India. Sadarlah para FB di Indonesia, rubahlah mentalmu, kau cuma diperalat merk asing. Indonesia ini dimata dunia sesungguhnya tak pernah dipandang. Negeri ini cuma mereka ninabobokkan untuk selanjunya dieksploitasi manusia dan alamnya.

  22. Hidup Pulsarian dah……
    Kalo 3s nya belum Hidup,Kalo Brotherhoodnya mereka ane salut dah.
    ******************************************
    Rencana Mau Jadi Pulsarian Gagal karena 3s nya ngga oke

  23. congrats!!! negerinya shah rukhan sama kareena kapoor nih, good job, dengan semangat gandhi selalu menyertai :mrgreen:

  24. waduuuhhhh..penjualannya itu loh??…kok bisa terbesar ketiga dunia..yup DUNIA githcu lohh…coba kalo Hero ga cerai sama Honda..ya pasti yg kedua..Yamaha yg keberapa mas??..kok bisa kalah sama Bajaj??..kalo Honda kalah sama Bajaj ga ya??..waduhh..malu nih aku kalo naik mongtor produk jepang yg kalah penjualan sama Bajaj..maluuu akkuuu…maalluuu akkkuu…maalluuu….hiiikkkssss…hiikkssss..

  25. Wah benar mas ^o^, nice info mas’,,,,,,,Selamat buat bajaj, semoga selalu memberi motor yg terbaik buat konsumen n 3sx cepat dbenahi,,,,,,,^_<

  26. 45. EISCELL – Mei 23, 2012

    jaringan after sales n sparepart paling gak kaya yamaha baru kulirik dikau
    ——————————————————————————–
    Biar kata tar sama juga ente gak bakal melirik…

    :mrgreen:

  27. Mungkin kelas motor sport mas,tapi gak tau juga deh kebenarannya,soalnya produk bajaj di jual 32 negara,berarti bajaj hebat yah dengan model indianya bisa di terima di 32 negara,sayang di sini 3Snya belum mumpuni,jadi masih di pandang sebelah mata,tapi sebagai pamakai pulsar cukup bangga lah motor yang gw pake motor global biar di kata murah.

Comments are closed.