iklan iwb

Bro dan sis sekalian…waktu berputar layaknya roda. Tidak ada yang abadi didunia ini. Segalanya bisa berubah sebab itulah hukum alam. Siapa menyangka Eropa yang begitu berkibar diera 1960an tergilas oleh eksistensi Produk Asia seperti Jepang. Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki merupakan nama-nama brand yang mendominasi produk masal dewasa ini. Dan percaya atau tidak…macan industri otomotif roda dua yang saat ini dipegang oleh Jepang nampaknya mulai digerogoti India!!….

Seperti dilansir Bikeadvice, pada tahun 2011, Bajaj sukses menjual lebih dari 3,8juta unit motor keseluruh dunia. Angka tersebut sudah cukup mengokohkan posisinya sebagai best three manufacture penjual roda dua terbesar diplanet ini. Torehan prestasi bahkan mengalahkan pabrikan Jepang seperti Yamaha, Suzuki serta Kawasaki. Bajaj hanya kalah melawan Honda dan HeroMotocorps. Varian Pulsar dan Discover merupakan penyumbang terbesar sales Bajaj. Tercatat sejak awal peluncurannya…keduanya sudah terjual 5 juta unit. Discover diperkirakan juga bakal menjadi produk nomer dua terlaris dinegeri Sahru Khan. Bayangkan saja brosis…varian tersebut sukses terjual 1,5juta unit hanya pada rentang waktu 2011-2012. Selain pasar domestik, Bajaj ternyata juga kuat dipasar eksport….

iklan iwb

Pada finansial 2011-2012, eksport produk tembus 1.27juta unit. Boxer merupakan varian terlaris diAfrika. Sedang pasar Amerika latin dipegang oleh Pulsar 135LS. Disana motorsport 135cc four valve ini berani bersaing melawan Honda ACE CB125 (banderol berkisar USD600) serta beberapa brand China terkenal. Penyebaran Pulsar juga mencapai Asia Tenggara tempat dimana merk Jepang begitu kuat. Edannya…dari total market, Pulsar series sukses menjadi nomer satu di-12 negara dari 35 negara tujuan eksport mereka….

Kini Bajaj Auto semakin memantapkan posisinya dengan menguasai 10% market share global motorcycle. Target kedepan adalah meningkatkan hingga 30%. Apakah bisa? Melihat agresifnya geliat pabrikan berlambang bluetooth, kesempatan tersebut tetap terbuka lebar. Apalagi secara teknologi mereka sekarang dibantu KTM Austria yang tidak diragukan kredibilitasnya. Sayang ditanah air sendiri isu 3S masih menjadi pengganjal utama yang kudu serius dibenahi. Dan IWB pikir selama Bajaj ogah buka pabrik disini serta masih mengandalkan import dari India, penyakit akan susah disembuhkan….

Pulsar 200NS senjata Bajaj selanjutnya (courtesy Otomotif.net)

Teknologi boleh tinggi tapi kalau untuk pelayanan sparepart memble sama aja boong. Tantangan buat BAI kedepan agar serius menyikapi fakta ini. Bajaj Auto???Menjadi yang terbesar hanyalah masalah waktu. Gimana menurut brosis semua, monggo berikan opininya…..(Iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

137 COMMENTS

  1. salut salut…
    Indonesia mana aksimu…?
    padahal disini bijih besi,nikel,tembaga,emas melimpah ruah…tinggal pintar2 mengolah…

  2. ini merupakan ancaman serius buat pabrikan jepang….. karena bajaj menunjukkan bahwa teknologi baru nggk selalu mahal….. semoga pabrikan jepang mulai berbenah…..

  3. widihhhhhh..ngalahin yamaha broooo……….ntar fby bisa ngamuk nih kalo tau bajaj penjualannya lebih banyak dari yamaha..ha..ha..
    kalo ngalahin honda ya ga mungkin lah..yoi ga bro…??..
    nomor 1 = Honda
    nomor 2 = Bajaj
    nomor 3 = Yamaha

    sekali lagi..
    nomor 1 = Honda
    nomor 2 = Bajaj
    nomor 3 = Yamaha

    tambah lagi
    nomor 1 = Honda
    nomor 2 = Bajaj
    nomor 3 = Yamaha

    terakhir deh
    nomor 1 = Honda
    nomor 2 = Bajaj
    nomor 3 = Yamaha

    wkwkwkwk..mirissssss…rriiiissss…rriiiissss…..
    masa kalah sama Bajaj??..yg bener brooo??…seriiuuussss???….
    weeewwwww…..kok bissaaa???….walllaahhh???…parahhhh niiihhh……

  4. ga percaya ane, ini ketiga terbesar di india kali. lagian media yg bikin juga media india. ga ada bukti faktual = hoax. hero motorcorps lagian produknya aja ga ada yg kesini tuh.

  5. ayooo motnas indonesia kapan bisa maju*ngenes ,, bajaj love you ahh P200NS tak tunggu di garasi q hahhah
    nih kabar bagus pulsarian info-otomania.blogspot.com/2012/05/tes-ride-extream-p200ns-di-indonesia.html

  6. semoga Indonesia bisa membangun dan punya pabrikan motor nasional yang tangguh seperti, hero, Bajaj en TVS..
    Malaysia uda mulai dan sukses, Indonesia kapan 🙁

  7. Dindia kali mas’??, tpi klo ddunia selamet buat “BAJAJ”. Mungkin itu semua dpengaruhi dgn berani bajaj memberikan motor sport seharga motor bebek dgn kualitas yg tdk jauh dari motor jepang n fitur2 serta teknologi yg laen dari para kompetitor y mas’?? N tinggal menunggu waktu ajj untuk menjadi nomer 1 seiring perbaikan 3s yg sering dkeluhkan oleh User. Jooos Selamat buat bajaj ^?<

  8. di indo yg pinter iri ma yang pinter dan maunya menjungkalkan… atau kalau yg berkuasa prinsipnya kalau ada yang mau gampang n cepet ya WANI PIRA”… itu dah bawaan lahir, coba kita tilik diri kita sendiri… esemka saja ribet yang jelas2 kalau sukses indonesia bkal dapat pendapatan bagus kedepannya, di cina saja dah lolos tu copyannya esemka, di indo ribet sampa2 pihak jepun malah ngajak kerja sama esemka sedang pemerintah terakhir bilang “kalau gagal gx mau biayain lagi tu esemka” GOKKIL… kalau roda 2, pasti lebih dipersulit…

  9. dukung bajaj ngalahin pabrikan jepanglah, biar brand jepang lebih ‘berani’ dan mau nelorin produk2 yang lebih value

  10. FYI: di colombia BAJAJ rajanya motor, seperti Honda di indonesia…. sampe ada balap GP nya sendiri, silahkan search, apalagi tar kalo p200NS dan p200 SS sudah nyebar ke mana-mana, pasti makin laris, gile bener padahal varian SPORT LAKI semua…..
    semoga makin berkembang 3S nya di indonesia
    n semoga motor2 merk jepun ngasih value 4 money seperti bajaj ini, so konsumen yang diuntungin (ngelitik R15 v2 :D)

  11. coba saja kalo d daerahku ad dealer bajaj, bsa” aku berpindh k’lain hati ato naik kelas dr vixy k p200ns ato duke.

  12. di Jakarta sudah lebih dari 30 tahun jadi nomor 1… (penyumbang asep)…sorry si oranye roda tiga….. 🙂 …. Iklannya asik sih…meskipun lebay… :

  13. kalo dimana2 bisa jadi penguasa tapi disini masalah sparepart gak kunjung tuntas,jangan salahin bajajnya.salahin orang2 BAI yg tolol kerjanya…

  14. bener bro @zuhry, bajaj cuma jual motor batangan aja bisa jadi “3th largest” , apalagi kalo juga jualan CUB & matic? 🙄

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here