iklan iwb

Banyak pertanyaan mampir kewarung IWB tentang…awet mana sih antara mesin Yamaha dan Honda (selalu kedua merek ini, apa tidak ada yang lain?? :mrgreen: ). Entahlah hanya sekedar pertanyaan pancingan atau memang serius bertanya…namun yang pasti rasa ingin tahu tersebut menggelitik untuk kita bahas…

Susah untuk menjawab secara tepat karena keawetan sebuah mesin sebenarnya tergantung dari perawatan siempu. Jadi dalam opini pribadi…apapun mereknya jika sampeyan santai dan ogah-ogahan mengganti oli mesin, dipastikan bakal cepat ambrol. Oli sebagai pelumas dimesin 4 tak ibarat darah yang mengalir ditubuh kita. Setiap jengkal sirkulasi yang melapisi permukaan jerohan adalah pelindung bagi part yang bergesekan. Fungsinya yang vital menjadikan oli dinobatkan sebagai kunci keawetan umur engine. Lha terus…pertanyaannya, awet mana nih Yamaha melawan Honda??…..

IWB dulu adalah pemakai Honda Megapro lansiran 2002. Suka duka memiliki produk sayap mengepak selama 8 tahun menjadikan IWB hafal betul karakter sikuda besi. Percaya atau tidak?? satu tahun pertama merupakan moment menjengkelkan bagi IWB. Ada saja masalah yang mendera diluar sisi engine. Seperti tromol belakang yang oval (menurut mekanik) alhasil jika motor direm, maka tuas dikaki turun naik secara halus. Kemudian pada umur 9 bulan, suara blok silinder kasar seperti rantai keteng kendor. Setelah dicek oleh kepala mekanik Wahana Lebak Bulus bernama Erwin, doi menemukan clearance blok dan silinder terlalu renggang. Untungnya kekesalan sedikit terobati sebab semua ditanggung klaim garansi tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun….

iklan iwb

Masalah selesai?? tidak brosis. Pada umur 1,5tahun..engine ndut-ndutan jika terkena hujan deras. Parahnya seluruh mekanik yang IWB kunjungi hanya memberikan analisa ngawur tanpa mampu memberikan solusi. Ada yang bilang kompresi bocor (ini paling parah nih :mrgreen: ), serta kabel konslet. Yang terakhir lumayan pintar sayang finishing kurang greget. Motor hanya sembuh sementara. Penyakit mogok kembali terjadi kala hujan deras mengguyur Jakarta. Lelah….letih, kesal menjadi biang awal niat IWB untuk menjual tunggangan yang baru berumur 1,5 tahun. Curhat keteman IWB seorang engineering dan tidak menyangka….ternyata dialah dewa penolong. Menggunakan avometer, Soekarno ngecek satu persatu kabel lewat lampu depan. Hanya butuh 2 menit doi langsung membuka tutup casing sebelah kiri. Didekat sasis bergerombol kabel dibungkus karet. Disana terlihat soket kabel gosong berwarna hitam mengakibatkan seluruh kabel saling nempel. Tidak heran jika air masuk membuat koneksi bermasalah. Akhirnya problem solved!!. Apakah jadi dijual??….

Tidak!!. Karena setelah itu siMegy melenggang tanpa masalah. Herannya IWB merasa lari makin ngacir. Periode berganti. Pada umur 5 tahun kompresi mesin tetap padat berisi. Padahal tidak jarang IWB sering menggeber hingga gas mentok dan main selip kopling. Jeritan RPM tinggi sudah menjadi makanan sehari-hari. Maklum bro…kala itu adrenalin gampang terpompa akibat umur yang masih kepala dua. Menginjak motor usia 8 tahun, IWB tetap tidak merasa adanya penurunan power. Dipertegas ungkapan mekanik langgangan yang mengatakan bahwa kondisi sikuda besi masih prima tidak perlu servis besar. Salut tenan dengan mesin? racikan Honda. So untuk mengail speed 125km/jam??…cing cai brosis. Lari?? tidak kalah dengan sang kakak sekalipun. So pada periode 8 tahun memiliki Megy IWB hanya dua kali ganti kampas kopling serta 3 kali rantai keteng. Kesimpulan?? untuk masalah durability,? engine Honda IWB acungin jempol!!. Terus kepriye dengan Yamaha??….

Porsi problem secara keseluruhan lebih minim dibanding pabrikan sayap mengepak. Komparasi bisa IWB sandingkan dengan sikebo Byson. Dibuku diary IWB, paling hanya speedometer mengembun yang muncul diawal-awal memiliki sikuda besi. Inipun langsung diganti tanpa banyak ba bi bu. Mesin?? memiliki selama 1,5 tahun nyaris tiada keluhan. Yang bisa IWB ingat adalah rembesan oli tipis dipacking (klaim) serta tutup oli (ganti seal sendiri Rp. 2500). Selebihnya??…zero complaint. Nah…tapi keawetan dalam jangka panjang yang belum kelihatan brosis. Sebagai informasi, treatment IWB tidak ada perbedaan dibanding tunggangan lawas. Satu bulan sekali ganti oli dan perdua bulan sekali servis. Apakah engine Yamaha mampu tetap prima hingga 5 atau 8 tahun kedepan seperti Honda??. Maaf, IWB tidak bisa menjawab sebab baru 1,5 tahun mempunyai produk garputala (sport). Mungkin IWB serahkan ke-brosis semua untuk menjawab pertanyaan diatas. Awet mana mesin Yamaha vs. Honda?? monggo berikan testimoninya….(iwb)

407 COMMENTS

  1. Pada dasarnya semuanya sama aja awetnya, tergantung perawatannya. Tapi fenomena yg ada di Indonesia terutama org2 di daerah/pinggiran kota tetep aja menganggap mesin Honda itu yg ter…segalanya, dan itu gak bakal bisa dirubah setidaknya utk jangka wkt yg lama, ini berdasarkan kenyataan lho, sy dgr & lht sendiri.
    Kalo saya sih krn paling sering pake Yamaha jadi cuman bisa memberikan kesaksian utk mesin Yamaha. Menurut saya mesin Yamaha awet dan tahan banting, dari RX-King, RX-Z sampai Jupiter. Yg paling berasa adalah RX-Z dan Jupiter, krn RX-Z saat KM baru 275 udah saya ‘siksa’ di sirkuit Ancol (thn 1992) dan lagi sehari2 sering saya geber habis2an (maklum darah muda), pokoknya kecepatan 120-130 km/jam mah udah berasa biasa aja, makanan sehari2. Tau istilah ‘Italian Tune-Up’? Kalo gak ngerti, nanya bro IWB deh. Itu sering saya lakukan. Sedangkan Jupiter ‘disiksa’nya krn saya tinggal di daerah langganan banjir (sekitaran jl. Gang Macan, Taman Ratu dkt Indosiar, thn 2001an), dgn Jupiter saya gak pernah ragu melibas banjir walau tinggi air sdh melebihi ban, bahkan pernah saya motong bus Patas, tau sendiri dong ombak yg dihasilkan bus, bayangin sendiri aja deh, hehe… Ini gak bohong, soalnya temen saya yg pake Jupiter thn 2002 dan tinggal di daerah Ciledug jg memberikan pernyataan yg sama, tinggi air udah hampir setinggi jok tapi motornya masih hidup dan jalan terus.
    Kenapa daya tahan motor2 Yamaha saya bisa sehebat itu? Ya karena perawatannya itu, rajin service dan ganti oli serta busi, walaupun saya ngaku kalo RX-Z saya sering juga saya kasih minum oli samping hasil campuran bbrp merk oli, hahahahaha…….. jadi malu. Lagi bokek soalnya, itu dikasih temen, yg sisa2 dari jajal bbrp merk oli samping. Oli mesin juga sering gonta-ganti merk, buat jajal bagusan mana.

  2. Gw akui Bangeet Langkah HondaMotorCorp untuk masuk indo dengan gandengan AstraGroup dan Suntik Mati Produk 2Tak lebih awal dari pabrikan lainya adalah Keputusan TEPAT!!
    mindset masih kuat sampe sekarang
    klo smua udh injeksih pasti irit,soo Performance dan Durability is Next Point..

  3. Jadi lupa deh…
    Bertahun2 saya pake baik itu RX-Z maupun Jupiter gak pernah nyusahin saya, gak ada tuh yg namanya mogok dan rewel minta jajan, paling ganti aki doang krn selnya rusak jamuran. Yg Jupiter saya jual ke temen kantor dan sampai skrg masih bagus kondisinya, malah kata temen saya ada org bengkel yg mau bayarin si Jupiter itu, berarti kan masih bagus kan?

  4. @ IWB….treatment IWB “satu bulan sekali ganti oli dan perdua bulan sekali servis”

    yg saya tanyakan…1. bukannya setiap 3000 km harus ganti oli dan servis itu yg ane baca di buku panduan servis motor sport.
    2. emang bisa di BERES YAMAHA cuma ganti oli saja tanpa harus sekalian servis, setau saya kalau ke BERES harus sekalian servis..

    ditunggu jawabannya

  5. 2 tahun saya pake supra x 125 hampir tiap hari pake jalan bandung-sumedang bawa barang..tapi mesin dan bodi enak2 aja..
    Skarang udah 8 bulan pake vega zr ga pernah bawa brg berat..kok udah banyak yg kerasa ya..? Pas lari kadang ada tarikan yg kosong..kata adik yg krja dibengkel si ada yg mesti diganti part mesinnya..udah gtu komstir kena..yaa mungkin saja saya ga bruntung ya?? Maaf ini pgalaman aja…soalnya skrg di rumah ada yamaha,honda dan suzuki yg nongkrong..hehe piss

  6. hondaaaaaaaaaaaaa…..coba siapa yang masih liat jupiter edisi pertama????????????? sedangkan supra x yang 110 aja nyampe sekarang masih yahut buat ngojek……………hahhahah
    sik paling kondang lak yo CB …..!!!astrea prima wakakakak

    • kalo ini sih kita bicara soal populasi bro, yg mana akan berujung pada prestasi penjualan, di kala itu saya rasa memang penjualan honda sedang puncak puncaknya, jauh di atas yamaha, suzuki apalagi.
      Jadi kalau populasi supra 100 jauh lebih banyak drpd jupiter, akan terasa wajar jika supra 100 yg masih sering terlihat berlalu lalang.
      Sbg analogi misalnya kita sdg kunjung ke kota solo, di sana kita lebih sering menemui penduduk solo asli drpd pendatang dr luar kota, krn jumlah pendatangnya tdk lebih banyak jika dibanding dg penduduk asli.
      Begitu pula dg jumlah supra 100 dan jupiter di negeri ini

  7. dengan asumsi pemakaian normal tanpa melakukan modifikasi extrem, maka lebih awet yamaha. saya ambil contoh honda tiger vs yamaha scorpio milik tetangga saya degan tahun yang sama 2010 saya perhatikan tiger sudah mulai banyak perhatiannya dan perlu diganti komponen2nya

  8. kita tunggu lanjutan artikel ini 8 tahun mendatang… 🙂 *b’canda
    kalo Supra X model lama umurnya berapa tahun ya? Soalnya masih suka lihat motor itu di sekeliling 🙂

  9. kalo ditanya awet mana?jls tergantung perawatan&pemakaian.dr keempat branding yg ada alias H,Y,S,K,D sy punya semua.tp yg dl ancur S krn buat beljr utak-atik kakak,hbs itu si D krn mmg buat ciuman ama mbl.tp yg lainnya krn dipake scr normal mtr msh pd utuh.plg cm mslh velg,stang komstir dan yg ringan2 aja.jd gx usah fanatik ama branding bro,toh kt gx dbayar sm mrka,ketika kita hampir mati pun mereka jg gx ksh tunjangan(pengalaman pribadi).yg ptg keep spirit brotherhood.

  10. awet honda laahhh…..supra tahun 2000 an aja masih tangguh n banyak berkeliaran…bandingin sama vega jadul n kripton…dah jadi besia tua kali

    case closed
    .

    :mrgreen:

    • @ ipy
      Make sense. Berarti saya tidak masuk kualifikasi :mrgreen:
      @ nak muda
      Sadis kalau itu. Pernah liat Vespa tahun 65. Tapi ????????? tahu jerohannya pakai apa tuh
      @ imouto
      Walah…lebih awet lagi nih
      @ panamera
      Part-nya gimana tuh mzbro? Aman?
      @ dyno
      Kasar gimana bro
      @ kodokijo
      Wih…Mayoritas Yamaha nih
      @ Anton
      Saya sendiri klo ganti oli dibengkel umum langganan. Servis baru kedealer. Kalau oli sebulan sekali masih dibawah 3000km. Kecuali sampeyan bepergian jauh yang perbulan hingga 5000km saya sarankan dua kali ganti oli
      @ hazzu
      Setuju ?* ?????????????
      <?=))????????????
      \ ?????????
      ?,/??

  11. 49. Hen – Mei 21, 2012

    Penggemar Honda akan bilang; Awet Honda?!
    Penggemar Yamaha akan bilang; Awet Yamaha?!
    Penggemar Suzuki juga bilang; Awet Suzuki?!
    Penggemar Kawasaki;Awetan Kawasaki donk?!
    penggemar Kanzen; Diam seribu bahasa (Coz ga ada yg fanatik Kanzen) xexxexexee?.Kanzen oh kanzen?.Dimana dikau berada????
    Kalo soal tipe mesin semua pabrikan sudah pake tipe 4 stroke (Didunia) kalo di indonesia Yamaha & Suzuki baru thn 96. Kalo Kawasaki udah dari thn 80an tapi stop jualan dan baru mulai lagi thn 95.
    —————————————————————————————
    dirumah nangkring kanzen taurus rakitan 2007, mendingan mesin kanzen dari pada mocin yg laen, kelemahannya ada dikarburator aja.

  12. @.24. Dwitri Dudu Oktaria – Mei 21, 2012

    Motor2 Honda tahun 90-an masih banyak di jalan. Yamaha yg tahun 90-an seperti Force one, F1ZR, Crypton, Alfa 2R, Sigma, Vega, jarang bgt. Palingan yg masih eksis Si Raja RX King sama beberapa RX-Z. Ga bisa dijadikan patokan juga sich, tetapi memang kenyataan. Astrea Grand 91-2000, Astrea Star 1985, Supra series (1997-2004) Kharisma (2002-2007), Legenda, dll masih eksis di jalanan. CMIIW
    ——————————-
    yups…taon 95 aku pake astrea, temenku pake crypton… januari kemaren kami ketemu; setelah ngobrol sana/i akhirnya ngobrolin motor kami jaman SMA dulu… maaf crypton temen ane sekarang mesinnya ancur, udah 2x ganti ring piston…ngedongkrok di kandang. astreaku alhmd adem ayem aja tuh… pdhal dari segi pemakaian temenku yang ustadz jarang banget geber2 or pergi jauh… btw skrg dia pake mio 2009, dan rencana pengen beli vartec. oya kalo motorku sekarang xeon 125…

  13. btw….. bagiku tetep honda!!!!! yang mesinnya awet, c70 almarhum ayah masing nang neng nong dipake tetangga (AA 5919 C)…. akupun belajar naek motor; ya mongtor ini…

  14. honda (era federal motor)….no offence..semua juga tau
    yamaha (era alpha/2 tak)….F1ZR aja masih kuencengg tuh punatemen ane 😀
    motor era baru ga asikkk

  15. udah pernah make bebek suzuki rc100, satria 2t dan satria fu shogun, titan, skidrive, spin dan thunder, honda c70,grand, star, legenda tiger yamaha , fizr, jupiter . jialing model grand dan daiheiyo model suprax.. belom pernah menguji keawetannya sampai dimana, karna paling lama make sampai 3thn

  16. Kalau motor lawas jelas awet Honda…….tapi kalau motor generasi yang sekarang / baru belum tahu soalnya kan belum kelihatan awet tidaknya…..

  17. 22nya awet 🙂
    ane bekas penunggang astrea impressa dari 2000 sampe 2008 belum pernah serpis besar, kampas kopling belum ganti awet dah :)..

    setelah dijual beli jupi z 2008 sampe sekarang juga ga ada masalah sama mesin, masih enak aja sampe sekarang…
    rencana mau dipake sampe lulus kuliah dan nyari kerja 😀 …

    mudah2han sampai saat itu jupi z ane belum kejua; 😀

  18. Artikel yang sangat menarik

    setuju, Keawetan mesin sebuah motor tergantung dr cara perawatan si pemiliknya. Produsen motor juga sudah memeras kringat untuk merakit mesin agar dapat bertahan -+ 5 tahun bahkan lebih . Akan tetapi tetap saja pasti ada nilai persentase perbandingan keawetan mesin antara produsen satu dgan yg lainnya.
    pngalaman pribadi aja nih :
    Dulu punya Yamaha Alfa di rumah tahun ’90 an. tahun demi tahun dkendarai tu motor tapi tak ada masalah berarti…padahal tu motor sering sekali diajak touring dr jalan bergelombang mulus naik turun dilalui dengan baik. selama 9 thn alfa dikendarai tp tetap fine2 aja tapi sekitar tahun ’99 terjadi kecelakaan dan membuat motor tersebut harus dijual . knp dijual ??? bukan karena mesin/part lain yg bermasalah tetapi krn masalah kepercayaan(ingin membuang sial).dan ada seseorang yg ingin menerima tu alfa akhirnya pun dijual ke orng tersebut. Kabarnya hingga sekarang motor tersebut masih layak jalan.D’ tahun 2000 membeli Yamaha vega silver. 5 tahun pertama baik2 saja tapi setelah 5 tahun ke atas mulai penyakit muncul aki tekor dan cdi…hmmm.alhamdulillah saat kini motor tersebut masih ada sehat.anehnya hingga kini belum ada gelaja turun mesin. mesin masih oke dibawa touring gass pooll 90 kpj masih mentereng. Hinnga terakhir di 2012 beli NMP masalah awal sih yaa sama seperti kasus penunggang nmp lain yaitu brebet kalau di gas, terus dibagian gir blakang sering terdengar gesekan..tapi overall sih mesin masih oke tak ada masalah berarti.

    Dilihat secara umum mungkin Yamaha lebih unggul kalau bicara keawetan mesin terbukti seperti king,crypton,alfa, fiz r dll masih banyak menghiasi jalanan

  19. tiger taun 2008 punya adine nyong 1kali ganti kampas kopling,2kali ganti kabel kopling..
    tiger taun 98 duweke nyong3kali ganti kampas kopling,2kali ganti rantai keteng,1kali ganti seal klep+ring seher gara2 ngebul(tadinya dikira paking bocor ato ring seher sudah lemah,pas turun mesin ternyata ketauan kalo jalur inlet basah,sekalian ganti ring seher deh),1 kali ganti soket kabel spul gara2 gosong,kabel kopling 4kali kayaknya,selebihnya seluruh bodi(casing)ganti tiger revo,kilometer spido lama sudah reset sekali sebelum ganti spido revo sekarang(spido revo dari 2009 smpe sekarang baru40ribuan)..

  20. Hadehhhhh….ngeri judulnya Mas hehehee, sekedar share yo Mas, Aku punya Jupiter Z keluaran Agustus 2004 sampe sekarang Alhamdulillah juga ga pernah rewel [apapun merek motor klo di rawat yo awet laghhh]

  21. Kalo malas merawat, pilih h0nda. Pengalaman honda inventaris kantor olinya habis (tidak pernah diperiksa) akibatnya keluar asap putih tebal spt kebakaran. Cukup isi oli, motor kembali normal.

  22. klo mnurut saya tergantung yg pya mas iwb,

    klo yg koment bnyakan supra 2000 dripada yamaha,
    yaiyalah, lawong dulu penjualan honda ma yamaha perbandingannya jauh bget, g kaya skarang yg nempel terus.

  23. tergantung rider dan perawatan aja.
    kalo yamaha garansi 5 tahun.
    kalo honda garansi 3 taun.
    temen ane punya honda tiger langsiran 2008, taun ke 2nya 2010 jebol ganti seker sama ring seker, dia bilang nya juga awet.

  24. Sy mah ude kenyang tempur ama montir ahass
    Akhirnya yang waras ngalah nyari bengkel pinggir jalan yang bisa kita pegang omongan nya terbukti lebih tokcer daripaada montir ahass

    Montir yama juga sama diem2 kejar setoran parts yang ga masih kuat suruh ganti
    Mana ga ada ketengan biasanya perset semua
    Hadeeh

  25. @yudelaww
    jelek?saya pemakai supri lawas tahun 2002 sampe sekarang ga pernah rewel, paling2x ganti kampas rem sama shock belakang doang. nih motor bertahun2x disiksa ga pernah ngeluh jadinya sayang aja kalo mau dijual, ada unsur sentimentilnya hehehe… yg nawar mah uda brp orang tau 😀

  26. Mantan pakai vega, kakaknya pakai mx, pamannya pakai njz, kakak ane pakai win, ane sendiri pakai smash. Tanpa menyebut merk, tiga dari lima motor yg ane sebut di atas udh rembes olinya.

  27. Dirumah ada vega tahun 2000 gen awal sampe tahun 2010 knalpot belum ngasap cuman karena kompresinya sudah lemah sekalian aja turun mesin

    sampe skrng masih dipake mesin masih ok cuman handling sudah gak nyaman lg

    karena motor pertama jd gak dijual 😀

    oiya rantai kamprat dan rollernya cuman sekali ganti loh

  28. ane punya honda astrea grand thn 1997 drmh.mash kuat diajak jalan jauh 200km an jarakx.sementara motor yam*ha yg seangkatan entu kyk Crypton n alfa uda bxk yg ancur2an. tu pengalaman ane

  29. Sama gag awetnya…. Buat apa pabrikan ngeluarin model baru kalo dia pikir bisa dipakai terus…. Hehehehehe…
    Sekilas info…. Di tempat ane becak motor lebih sering pake mesin yamaha robot ato suzuky family ….. Yang astrea star mahal sih…..

  30. 34. ipy – Mei 21, 2012

    ane rasa klo bndingin produk A & produk B harusnya mnggunakan thn pmbuatan yg sama?motor jman dulu di disein untuk 10-20th pnggunaan?beda dgn motor jaman skrang yg rata2 cuma didisein 5 th?
    contoh simple dri merk yg sama : tiger 2000 vs tiger revo?.lbih awet tiger 2000, karena bahan materialnya masih bagus, sdng tirev bahan materialnya ngga sebagus prod awal?

    betul nih, tergantung tahun, =2003, terbukti pake Crypton 9tahun gak masalah, trun mesin jg gak, beda dengan tahun > 2003, kualitas bahan udah beda. makanya astrea (dkk), crypton, vega, tornado, shogun pada awet tuh

  31. Kalau motor sudah di konsumen, sudah gak bisa lagi dibandingkan degnan motor yang lain. Karena terlalu banyak variable yang mempengaruhi, misal cara pemakaian, kondisi jalan yang dilalui, cuaca dan kondisi udara (motor di gunung sama motor di pantai pasti beda keawetannya), perawatan, dll.

  32. sharing dikit mas IWB… saya masi pake tu Meggy 2005 sampe skarang… dari masa inridjen telaten saya rawat… 500 km pertama langsung ganti oli (padahal suru balik servis di 1000 km).. abis itu saya pake oli yang berkualitas bagus terus… walhasil sampe skarang masi cukup joss lahh… mesin utama bisa dibilang ga bermasalah sampe skarang… sisanya karena penggantian part kecil kaya automatic tensioner, keteng, seal, dsb..

    ganti kopling utuh 1x, karena rusaknya cuma beberapa part kecil dan tidak tersedia sparepartnya T_T daripada inden lama dan rusaknya malah merembet, mending ganti utuhan dah…

    untuk gearset saya pake yang aftermarket… cari yang heavyduty punya (ngangkut gajah mas.. tinggi 185, berat 100kg) sebelomnya uda ganti rante asli honda, tapi baru beberapa bulan kok uda kluar karatnya, padahal saya rutin kasi chainlube..

    Soket kebakar 1x (persis sama seperti kejadian yang dialami mas IWB), ganti kabel bodi 1x, aki 3x (karena yang terakhir aki tekor karena kabel uda pada tua, jadi tidak nge-charge dengan baik).. konsumsi BBM masi bagus lah menurut saya 1:39 – 1:40 an, dengan estimasi 200km an sebelom pengisian berikutnya dan kecepatan normal 60 kpj…

  33. @ 89. jokowi

    gw juga masih punya Cryptonn 97, walaupun suara mesinya bikin sakit kuping tapi gw yakin pasti unggul klo diadu kenceng sama astrea grand 97. klo grand lari seadanya tapi mesin alus, crypton lari n tarikan galak tapi suara mesin busuk! (*Factory base full standard motornya)

  34. Untuk membandingkan harus ada asumsi dahulu
    asumsi penggunaan dan pearawatan berkala sama, motor juga harus sepadan…..aku pengguna Honda, tapi untuk kwalitas bahan material kalo dilihat lebih baik yamaha, jadi kemungkinan lebih awet Yamaha.

  35. jadi kalo dikorbankan pilih yg honda apa yg yamaha mas?sampeyan sayang yg mana?
    q wez gowo martil iki…hahaha

  36. Motornya sih boleh aja thn 70an tp msh bisa dipake ampe skrg, cuma perbaikan dr thn 70an ampe skrg itu yg gak keitung lg, awet rajet, tetep jalan krn emang sering dibetulin wakakakak

  37. Saya pakai merk jepang gak pernah rewel dan sekarang pakai motor cina km sudah hampir 30000 juga awet2 aja gak pernah rewel. Intinya ya perawatan rutin..

  38. Idem ma ms IWB, megaproku dlu jg problem terus di awal-awal ampai 3 L (lelah,letih ,lesu), akirna klaim n dibenahin dikit2 lmayan awet la

  39. nasib mungkin berpengaruh ya,
    ane make King dr 98-2005, mesin ok lah, cmn skali ganti piston coz baret krn saluran olisamping macet, kotor (biasa beli oli eceran)
    trus ganti supra x 2003, wah keluhan macm2, tertama body yg patah sana sini, padahal gak pernah jatuh. mesin ok sih, 2 x ganti ring seher n 1x piston n stang piston
    yg ajib motor bpk ane, yamaha L2G 100cc 2T (1979) ampe skrg masih joss, selang bensin aja belum ganti!!!

Comments are closed.