iklan iwb

Ilmu tuh mahal harganya. Dan berkat ilmu pula suatu teknologi bisa diraih seperti sekarang. Nah…jika ada yang bilang pabrikan Jepun pelit ilmu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Seperti yang dilakukan AHM lewat program mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM Honda) untuk sekolah kejuruan SMK yang dirilis dari PR mereka berikut ini….

PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM Honda) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu bentuk dukungan AHM terhadap kemajuan dunia pendidikan di Tanah Air. Pengembangan KTSM Honda ini dilakukan dengan memadukan Standar Kompetensi-Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi Pelatihan Mekanik Tingkat 1 (PMT1) Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Dengan materi KTSM Honda ini, diharapkan pembelajaran tentang teknik sepeda motor terhadap siswa SMK yang menerapkan kurikulum ini akan lebih terarah sebagai mekanik yang berkualitas.

Pengembangan KTSM Honda untuk SMK ini memasuki tahun kedua dan akan dilakukan di beberapa SMK di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Pada tahun lalu, program ini diterapkan di beberapa SMK di wilayah Bukit Tinggi, Payakumbuh, Banjar Baru, Pinrang, Surabaya, dan Kuningan. Untuk tahap awal tahun ini, implementasi KTSM Honda dilakukan bekerja sama PT Wahana Makmur Sejati, selaku Main Dealer Honda wilayah Jakarta Tangerang. Seremoni Kick Off Implementasi KTSM Honda ini dilakukan di SMK Kencana 1 Jakarta yang juga menandai dimulainya implementasi di tiga sekolah lain, yaitu SMK Negeri 53 Jakarta, SMK Negeri 3 Tangsel, dan SMK Negeri 6 Kabupaten Tangerang.

iklan iwb

Head of Corporate Communication AHM Kristanto mengatakan sebagai produsen sepeda motor terbesar, pihaknya selalu berusaha untuk dapat menjadi perusahaan yang dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara, termasuk di bidang pendidikan. ?Kami mewujudkan keseriusan komitmen kami terhadap bidang pendidikan di Indonesia melalui program nasional KTSM ini. Melalui program ini, kami berharap generasi muda Indonesia dapat menunjukkan kompetensinya di dunia usaha, khususnya di industri otomotif roda dua,? ujarnya di sela-sela Kick Off KTSM Honda 2012 di SMK Kencana 1 Jakarta, Selasa (15/05).

Sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kesuksesan program ini, AHM bersama Main Dealer di wilayah terkait menyumbangkan unit sepeda motor dan perlengkapan perbengkelan sesuai standar minimal AHASS. Peralatan tersebut akan dimanfaatkan sebagai pendukung pelaksanaan praktik KTSM Honda di setiap SMK…

Nah….dari informasi diatas, sudah jelas bahwa produsen otomotif roda dua sebenarnya mendukung para kawula muda untuk mandiri dan kelak mampu menjadi para mekanik serta engineering berkualitas. So kesempatan tuh untuk mengembangkan diri dan menggali ilmu yang diberikan Honda. Sayang…masalah utama malah dari pemerintah yang tidak mendukung adanya motor nasional. Mereka lebih demen menerima uang segar dari tetek bengek pajak pabrikan ketimbang mempunyai visi jelas untuk kemajuan negara. Miris brosis….(PR AHM/iwb)

57 COMMENTS

  1. naah…ini dia, gak cuma cari duitnya doang, tapi juga perhatiin anak-anak bangsa yang bakal jadi penerus HONDA, siapa tau dari mereka bisa ciptain motor super hebat…

  2. Perlu diperbanyak nih program seperti ini, jadi kawula muda juga lebih produktif, punya skill untuk akhirnya mandiri.. Bravo Honda

  3. Ini contoh yang baik, selain bisni, anak bangsa juga harus di sharing pendidikan dan ilmu. nice.

  4. Ini salah bentuk kepedulian sosial Honda untuk kemajuan sumber daya manusia Indonesia ke depannya. Semoga program ini dapat terus dilanjutkan dan menciptakan para ahli di bidang motor roda dua,amin.

  5. Contoh bagus nih dari Honda buat perkembangan ilmu anak2 penerus bangsa..semoga dengan program ini Honda dapat mencetak ahli di bidang motor..

  6. Ayo majukan bibit2 masa depan bangsa dan rubah mindset dari pemerintah..

    Semoga program ini sustainable ya Pak HONDA

  7. TOP HONDA. Bagus, dukung SMK, lulusan siap bekerja. KErjanya di AHASS dong, bengkel resmi Honda pastinya =]

Comments are closed.